Cara Merawat Laptop Agar Awet

Photo of author

By Mufa Fauziah

KitaTekno.comCara Merawat Laptop Agar Awet. Laptop perlu dirawat dan diperhatikan penggunaan atau pun cara menyimpannya. Hal ini perlu dilakukan agar laptop awet, tidak error, atau bahkan mati tiba-tiba. Baca dan perhatikan hal-hal berikut ini.

Cara Merawat Laptop Agar Awet
Laptop digunakan seseorang untuk bekerja

Kini laptop semakin banyak digunakan oleh masyarakat. Untuk bekerja, berbisnis, atau pun sekolah.

Laptop yang multifungsi dan mudah untuk dibawa kemana-mana membuatnya semakin dipilih untuk dibeli. Selain itu, kehidupan yang serba digital membuat laptop banyak dibutuhkan.

Cara Merawat Laptop Agar Awet

Walaupun kini harga laptop sudah lebih murah dibandingkan dahulu. Harga terjangkau tetap saja akan lebih mahal dibanding barang lain jika barang itu elektronik seperti laptop. Maka sangat sayang jika laptop anda tidak awet bahkan rusak begitu saja.

Perhatikanlah hal-hal berikut ini agar membuat laptop anda awet

1. Simpan Laptop di Meja

Cara Merawat Laptop Agar Awet
Laptop disimpan di meja

Laptop memang bisa anda posisikan dimana saja. Sebaiknya simpan laptop dengan alas yang rata dan tidak menyerap panas seperti meja. Apalagi saat laptop menyala, gunakan alas yang rata karena hal ini penting.

Saat laptop menyala piranti di dalamnya otomatis menyala dan akan berputar. Hal ini kan menjadi kurang optimal jika posisi laptop anda miring. dan  perhatikan tempat-tempat terlarang di bawah ini:

  1. Lantai

Lantai biasanya akan memiliki banyak debu. Jangan sering menyimpan laptop di lantai karena debu pada lantai bisa masuk ke laptop anda. Di dalam laptop anda memiliki banyak sekali part kecil-kecil dan ada kipas angin kecil yang bisa menurun kinerjanya jika kotor.

  1. Kasur
Cara Merawat Laptop Agar Awet
Laptop yang disimpan di kasur

Bermain laptop di kasur memang nyaman, anda bisa sambil menyandar atau bahkan tidur sejenak saat menggunakan laptop. Akan tetapi, kasur memiliki permukaan yang empuk dan menyerap panas.

Hal ini tidak bagus untuk laptop karena akan terlalu panas bahkan hingga mengalami overheat. Hal ini juga berlaku untuk tempat-tempat yang mirip dengan kasur seperti bantal dan lain sebagainya.

Jika anda ingin menggunakan laptop di kasur, gunakanlah alas terlebih dahulu untuk menyimpan laptop misalnya anda bisa menggunakan meja lipat atau membawa papan kecil.

2. Hindarkan Laptop dari Air dan Makanan

Cara Merawat Laptop Agar Awet
Ilustrasi Minuman yang disimpan dekat dengan laptop

Menonton film di laptop sambil makan tentu akan sangat nikmat atau bekerja sambil ngemil. Tetapi, mohon perhatikan air dan makanan yang anda bawa agar tidak terkena laptop anda. Remah-remah makanan bisa saja masuk ke laptop anda.

Simpanlah makanan dan minuman agak jauh dari laptop untuk berjaga-jaga agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

3. Bawa Laptop dengan Baik

Ketika anda membawa laptop, tentu anda harus memperhatikan dan mengingatnya. Jika anda membawa laptop dengan tas, gunakan tas yang memiliki tempat khusus untuk laptop. Hal ini agar laptop tidak terlalu terguncang ketika anda bawa.

Anda juga perlu mengingat bahwa anda membawa laptop di tas anda, sehingga anda tidak membanting, melempar, atau menindih tas anda.

4. Bersihkan Laptop secara Berkala

Seperti yang sebelumnya disebutkan, laptop anda berisi part kecil yang bisa menurun kinerjanya bila kotor. Membiarkan laptop dalam keadaan kotor itu berarti memperpendek umur laptop. Usahakan secara rutin bersihkan layar dan keyboard laptop anda.

Bersihkan juga optical drive laptop atau tempat DVD karena disana sering sekali debu banyak menempel.

Hal yang Perlu Diperhatikan Ketika Menggunakan Laptop

1. Matikan laptop dengan benar

Cara Merawat Laptop Agar Awet
Laptop yang mati

Matikan laptop dengan benar. Hal ini mungkin tidak terlalu berpengaruh terhadap laptop secara fisik, tetapi sangat berpengaruh dengan software dan sistem operasi di dalam laptop anda.

Tutup terlebih dahulu semua aplikasi yang berjalan pada laptop, kemudian shut down dan tunggu hingga benar-benar mati baru menutup laptop.

2. Hindari menggunakan laptop secara berlebihan

Jangan gunakan laptop hingga baterai sangat habis 0% Baterai laptop anda perlu anda jaga juga agar tidak mudah rusak. Menggunakan terlalu berlebihan akan membuat daya baterai anda menurun.

3. Hindari aplikasi dan game yang berat

Hindari aplikasi atau game yang berat di laptop anda. Hal ini akan membuat kerja prosessor laptop terlalu berat dan laptop anda panas atau overheat. Setiap aplikasi atau game biasanya memiliki spec yang ia tentukan sendiri.

Aplikasi atau game yang berat juga ditandai dengan lemotnya laptop anda setelah membuka aplikasi tersebut, atau ketika membuka aplikasi, laptop anda tampak lambat atau loading yang lama.

Nah, itulah hal-hal yang perlu anda perhatikan agar menjaga laptop anda awet. Jika anda menemukan laptop anda mengalami masalah, segeralah ke tempat service laptop. Jika anda menemukan laptop anda mati tiba-tiba, carilah alasan laptop tiba-tiba mati dan cari solusi.

Leave a Comment