Cara Masuk Bios Acer Tanpa Gagal

Photo of author

By Mufa Fauziah

KitaTekno.com – Cara Masuk Bios Acer. Setiap merek laptop biasanya memiliki cara yang berbeda untuk masuk ke bios. Beberapa orang perlu masuk ke bios untuk memperbaiki atau mengkonfigurasi. Jika anda salah satunya, berikut ini cara masuk bios acer yang mudah tanpa gagal.

Masuk Bios Acer
Laptop Acer

Bios setiap laptop mungkin berbeda untuk masuk dan mengkonfigurasinya. Karena yang digunakan adalah bahasa sistem, maka mungkin akan menyulitkan bagi para pemula. Namun, dengan artikel ini anda akan mengetahuinya dengan mudah.

Fungsi Bios

Masuk Bios Acer
Bios pada hardware

Bios merupakan singkatan dari basic input output system. Bios ini adalah sistem dasar komputer yang disimpan dalam bentuk chip pada RAM sebuah motherboard di laptop yang berguna untuk mengatur booting system.

Bios juga mengatur fungsi dasar dari hardware yang digunakan pada laptop. Selain itu, bios juga memiliki kegunaan yang sangat penting untuk melakukan identifikasi pada setiap komponen perangkat terutama ketika proses booting.

Jika anda menyalakan device laptop Acer, maka bios akan berjalan melalui proses Power-On Self-Test atau POST, dan akan menentukan apakah unit laptop tersebut sudah beroperasi dengan benar atau belum.

Berikut ini beberapa fungsi bios:

  1. Memberikan informasi dasar sistem komputer

Salah satu fungsi yang sangat penting dari adanya bios adalah untukmemberikan informasi dasar sistem komputer. Sehingga anda sebagai pengguna laptop bisa melihat detail spesifikasi device yang anda gunakan.

Ditambah lagi bios memberikan anda informasi tentang tahapan interaksi hardware anda.

  1. Mengatur konfigurasi dasar sistem komputer

Fungsi bios lainnya yaitu untuk mengatur konfigurasi dasar sistem komputer, contohnya mengaktifkan atau menonaktifkan perangkat yang terpasang pada komputer. Anda juga dapat mengatur tanggal dan waktunya.

Hal ini membantu anda agar bisa menyesuaikan kebutuhan. Dengan melihat hal ini juga anda bisa mengetahui jika ada perangkat yang nonaktif jika anda tidak merasa menonaktfikannya. Pada fungsi ini juga biasanya proses booting diatur.

  1. Menjalankan perintah Power On Self-Test

Power On Self-Test atau POST yang tadi pun sempat disinggung adalah salah satu fungsi dari bios. Perintah ini digunakan dengan tujuan membantu pengguna untuk mengetahui tingkat compatibility dari sistem operasi yang nantinya akan digunakan untuk menjalankan laptop.

  1. Memuat dan menjalankan sistem operasi

Ketika laptop dinyalakan, maka program pertama yang akan berjalan adalah bios. Setelah berjalan, bios nantinya akan mengecek kesiapan dari sistem operasi yang tersimpan. Dengan demikian, sistem tersimpan akan dimuat dan selanjutnya akan dijalankan

Cara Masuk Bios Acer

Masuk Bios Acer
Bios pada laptop

Untuk anda para pengguna bios acer berikut ini cara yang bisa dilakukan untuk masuk ke bios acer:

  1. Tekan power pada laptop acer untuk dinyalakan
  2. Tekan tombol F2 pada keyboard dengan cepat ketika laptop menyala beberapa kali atau sebelum muncul logo windows
  3. Tampilan layar laptop Acer Anda akan langsung beralih ke tampilan bios

Untuk anda para pengguna windows 10, tentu agak sulit untuk menekan F2 sebelum logo windows muncul. Mungkin beberapa kali anda terlambat menekan F2 sehingga gagal beralih ke tampilan bios.

Jangan khawatir, ada cara alternatif yang bisa anda lakukan berikut ini:

  1. Pilih menu start kemudian buka setting yang biasanya berbentuk ikon roda gigi
  2. Pilihlah opsi Update & Security sehingga anda berpindah ke menu update
  3. Pilih opsi troubleshoot
  4. Pilih opsi advanced options dan kemudian klik UEFI firmware settings
  5. Klik restart, tuggu dan kemudian tampilan bios akan muncul di layar laptop Anda

Nah, itulah cara masuk bios dengan mudah dan tanpa gagal karena terdapat pula cara alternatif yang membuat anda tidak gagal masuk bios.

Leave a Comment