6 Alasan Status WA Tidak Muncul

Photo of author

By Fathimah Narifah

KitaTekno.com – Penasaran karena status WA tidak muncul? Biasanya status berjejer penuh, namun tiba-tiba sepi dalam satu hari? Wah ada apa nih? Berikut Kita Tekno akan menulisnya dalam artikel kali ini, yaitu penyebab atau alasan status WA tidak muncul.

Whatsapp adalah aplikasi yang biasa digunakan oleh hampir seluruh golongan masyarakat. Dari mulai kaum milenial, kaumgenerasi XYZ, bahkan boomers juga sangat suka menggunakan aplikasi ini. Aplikasi ini juga termasuk aplikasi yang ramah pengguna karena kemudahan dalam mengaksesnya. Semua orang bisa menggunakannya untuk berkomunikasi. 

Status WA Tidak Muncul

Keunikan dari whatsapp adalah kita baru bisa menghubungi atau membuat chat ketika sudah memasukkannya sebagai kontak dalam HP. Jadi orang yang menghubungi kita sudah pasti tahu siapa kita dan menghubungi dengan harapan bisa berkomunikasi dengan kita entah komunikasi pribadi ataupun untuk urusan profesional seperti pekerjaan.

Kemudahan penggunaan whatsapp ini membuat whatsapp menjadi salah satu aplikasi penting untuk berbisnis dan bekerja. Selain berkomunikasi secara pribadi maupun grup chat ada fitur lainnya dalam whatsapp yang sudah digunakan oleh orang-orang, yaitu fitur Status. Status ini adalah tempat kita untuk membagikan gambar, video, maupun tulisan agar dilihat oleh orang yang berada dalam kontak kita.

Tentu sangat menyenangkan bisa melihat dan mengetahui status-status dari kontak yang ada di HP. Walaupun begitu terkadang ada permasalahan yang muncul, terkadang status WA tidak muncul dan itu sangat mengganggu. Permasalahan ini bahkan sudah dirasakan oleh para pengguna merk smartphone, seperti Android, iOS, Vivo, Samsung, Oppo dan sebagainya. Apa sebenarnya penyebab dari permasalahan tersebut ya?

Alasan Status WA Tidak Muncul

Penyebab dari status WA tidak muncul ini biasanya dari faktor internal atau dari aplikasi itu sendiri. Berikut akan Kita Tekno jabarkan apa sajakah kemungkinan-kemungkinan yang menjadi penyebab status WA tidak muncul. 

  1. Aplikasi Whatsapp galat
  2. Whatsapp tidak diupdate
  3. Data Whatsapp penuh
  4. Memori handphone penuh
  5. Pengaturan privasi
  6. Server Down

Aplikasi Whatsapp Galat

Alasan pertama status WA tidak muncul adalah karena aplikasi Whatsapp di HP mengalami galat. Hal tersebutlah yang menyebabkan status teman-teman jarang muncul di beranda. Biasanya aplikasi yang mengalami galat karena terlalu sering membuka dan menutup Whatsapp dalam 1 jamnya. Jika Anda ingin mengatasi masalah ini, maka caranya sangat mudah. Anda hanya perlu menghentikan sementara aplikasi Whatsapp selama beberapa menit. Jika sudah dihentikan, maka matikanlah smartphone Anda. Setelah itu Anda dapat menyalakan smartphone kembali, aktifkan paket data dan membuka beranda Whatsapp.

Lihat lah apakah status Whatsapp teman sudah mulai muncul atau belum.

Bagi yang tidak tahu bagaimana caranya menghentikan aplikasi, maka ketuk ikon gerigi atau ikon pengaturan. Setelah itu masuk ke dalam aplikasi terinstall. Jika sudah maka carilah aplikasi Whatsapp. Kemudian non aktifkan aplikasi tersebut dengan cara menekan “paksa berhenti”. Setelah itu masuk ke dalam aplikasi terinstall. Jika sudah maka carilah aplikasi Whatsapp. Kemudian non aktifkan aplikasi tersebut dengan cara menekan “paksa berhenti”. Setelah itu maka Whatsapp pun akan langsung berhenti beroperasi. Namun ini merupakan langkah menonaktifkan Whatsapp dalam Android, masing-masing sistem operasi smartphone tentu berbeda.

Whatsapp Tidak Update

Penyebab lainnya status WA tidak muncul adalah karena aplikasi Whatsapp belum diupdate. Banyak orang yang sering kali lupa mengupdate Whatsapp ke versi terbaru. Padahal Whatsapp merupakan aplikasi chatting yang cukup sering melakukan pembaharuan. Apabila lupa mengupdate, maka otomatis status Whatsapp teman tidak muncul. Namun saat ini aplikasi Whatsapp sudah semakin simple dilakukan. Pasalnya tidak perlu mengupdate, Whatsapp akan langsung melakukan pembaruan secara otomatis. Sehingga Anda pun akan selalu mendapatkan Whatsapp dengan versi terbaru.

Data Whatsapp penuh

Penyebab lain kenapa status wa tidak muncul semua yaitu, karena data Whatsapp penuh. Jika di Whatsapp Anda terdapat banyak chat yang berupa gambar dan juga video, maka segeralah untuk menghapusnya. Pasalnya chat yang berisikan banyak gambar dan video tersebut akan menyebabkan data Whatsapp penuh. Ketika itu terjadi maka Whatsapp semakin lambat dalam bekerja dan bahkan membuat status Whatsapp teman tidak muncul secara keseluruhan. Solusi yang dapat dilakukan oleh Anda hanya dengan menghapus data terlebih dahulu. namun apabila isi chatnya terlalu penting, Anda dapat membackupnya dahulu, barulah menghapus data.

Memori Handphone Penuh

Penyebab selanjutnya dari status WA tidak muncul adalah karena memori internal smartphone sudah sangat penuh. Ini disebabkan karena di dalam smartphone Anda telah menyimpan begitu banyak foto, dokumen, video dan sebagainya. Untuk mengatasi hal ini, maka Anda harus mengurangi isi memori dengan cara memindahkan file ke laptop, harddisk, flashdisk, komputer dan sebagainya. Dengan begitu status Whatsapp pun akan muncul secara sempurna.

Pengaturan Privasi

Status WA yang tidak muncul dapat disebabkan karena pengaturan privasi. Ini sering terjadi di kalangan muda, karena terkadang mereka ingin menyembunyikan sesuatu dari teman-temannya. Pengaturan privasi ini dilakukan dengan sangat mudah. Hanya dengan masuk ke pengaturan privasi, maka Anda dapat memilih siapa saja kontak yang tidak dapat melihat status. Bagaimana untuk mengatasinya? Tidak ada cara lain dalam mengatasi masalah ini. Anda hanya perlu meminta teman untuk mengubah pengaturan privasi tersebut.

Server Down

Alasan status WA tidak muncul yang jarang terjadi adalah Server Down. Biasanya terjadi secara tiba-tiba. Kadangkala whatsapp mengalami server down yang membuat penggunanya tidak bisa apa-apa, salah satunya tidak bisa melihat status wa teman. Untuk mengecek apakah server whatsapp down bisa dilihat: cek whatsapp down. Jika di negara Indonesia ada tanda merah itu artinya whatsapp telah down. Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi status wa teman tidak muncul. Harap dicatat bahwa cara ini hanya diperuntukan untuk teman/orang lain yang tidak bisa melihat status kita. Jika yang dimaksud adalah status whatsapp kita tidak bisa dilihat teman maka coba ikuti: cara mengatasi status wa kita tidak bisa dilihat teman dan orang lain.

Jika seluruhnya sudah diperbaiki dan masih terkendala status WA tidak muncul, pastikan bahwa kontak Anda tidak diblokir oleh si doi.

Leave a Comment