Tips dan Trik Cara Agar Sinyal 4G Kuat

Photo of author

By Silmi Asyifa

KitaTekno.com – Cara Agar Sinyal 4G Kuat. Jaringan 4G merupakan jaringan yang masih banyak digunakan oleh masyarakat indonesia saat ini. Meskipun jaringan 5G telah resmi rilis, masih banyak masyarakat yang menggunakan jaringan 4G. Namun, sering kali jaringan 4G mengalami kendala sinyal, dan terlalu lama untuk memuat informasi.

Jika anda adalah pengguna 4G dan anda sering mengalami kendala untuk menggunakan jaringan 4G, Kali ini kitatekno akan membagikan tips dan trick untuk mempercepat sinyal pada jaringan 4G.

Berdasarkan beberapa sumber, inilah cara yang dapat anda lakukan untuk mempercepat sinyal jaringan 4G anda. Simak penjelasannya dibawah ini.

Tips dan Trik Cara Agar Sinyal 4G Kuat

  1. Mengatur melalui menu setting pada smartphone

  • Pertama tama buka menu “Settings“ pada smartphone anda, lalu pilih menu “Other Network“.
  • Selanjutnya pilih opsi menu “Mobile Network” untuk mengunci jaringan sinyal 4G anda.
  • Jika Anda menggunakan smartphone yang menggunakan dual SIM, itu akan muncul opso SIM 1 dan SIM 2. Tentukan jaringan SIM mana yang akan Anda perkuat jaringan sinyal 4G.
  • Jika Anda telah menentukan SIM Card mana yang ingin Anda atur, misalnya SIM 1, maka selanjutnya pilih “Network Mode SIM 1“.
  • Selanjutnya akan muncul pop up. Pada pop up tersebut pilihlah “LTE Only“. Setelah itu sinyal pada SIM 1 akan reload dan hanya akan menangkap sinyal 4G saja.
  • Sekarang anda dapat jaringan 4G untuk berselancar di dunia maya dengan cepat tanpa kendala.

2.    Menghindari Ruangan Tertutup

Cara selanjutnya yang dapat anda lakukan untuk memperkuat sinyal 4G adalah dengan menghindari penggunaan smartphone pada ruangan tertutup.

Ruangan tertutup terkadang menghalangi ataupun menghambat masuknya jaringan 4G ke perangkat smartphone.

Apalagi jika jangkauan sinyal 4G terbilang jauh dari posisi anda, maka dari itu anda perlu berada di ruangan terbuka untuk mendapatkan jaringan 4G yang cukup kuat.

3.    Meletakkan Ponsel pada Tempat yang Lebih Tinggi

Cara lainnya yang bisa Anda lakukan untuk memperkuat jaringan 4G adalah dengan berpindah ke tempat yang lebih tinggi, tempat yang lebih tinggi seringkali memudahkan perangkat anda untuk menangkap sinyal.

Cara ini terbukti sangat ampuh untuk menangkap sinyal. Anda dapat mencobanya jika anda dalam situasi terdesak dan membutuhkan jaringan sinyal dengan cepat.

4.    Menggunakan Kartu SIM 4G

Cara berikutnya adalah memastikan kartu yang anda gunakan adalah kartu yang mensupport jaringan 4G. Sering kali kendala terjadi jika kita tidak memperhatikan jaringan dari simcard ynag kita gunakan.

Jika anda mengalami kendala untuk menggunakan jaringan 4G pada operator anda, hubungi atau datangi counter operator terdekat anda untuk mengupgrade kartu anda agar memiliki jaringan 4G.

5.    Cara Agar Sinyal 4G Kuat dengan Aplikasi

Jika cara cara diatas sudah anda coba namun sinyal anda tidak juga kuat, anda dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk memperkuat sinyal anda.

Aplikasi-aplikasi berikut ini juga dapat anda gunakan untuk memperkuat sinyal 4G pada provider Telkomsel, memperkuat jaringan 4G pada provier Indosat, memperkuat jaringan 4G pada provier Tri, memperkuat jaringan 4G pada provier axis, XL, memperkuat jaringan pada provier By.U dan lain sebagainya.

Untuk memperkuat jaringan 4G dengan aplikasi, anda dapat menggunakan aplikasi dibawah ini :

  1. Signal Guard Free
  2. Network Signal Info
  3. Network Signal Booster
  4. Network Signal Speed Booster
  5. Network Signal Refresher Lite

Aplikasi tersebut dapat anda unduh secara gratis di Google Play Store ataupu Apple play store.

Kesimpulan

Ada 5 cara yang dapat anda gunakan untuk memperkuat sinyal 4G anda, diantaranya adalah memperkuat melalui pengaturan smartphone anda, menghindari ruangan tertutup, meletakkan ponsel pada tempat yang tinggi, menggunakan kartu sim 4G dan menggunakan batuan aplikasi pihak ketiga.

Itulah beberapa cara atau tips dan trick yang dapat anda gunakan untuk memperkuat sinyal pada jaringan 4G anda. Cara cara diatas tentunya sangat ampuh dan jitu untuk memperkuat sinyal anda.

Semoga artikel ini membantu anda untuk memperkuat sinyal 4G pada smartphone anda. Selamat mencoba.

 

Leave a Comment