Begini Cara Menulis Arab di Word

Photo of author

By Mufa Fauziah

KitaTekno.com – Cara Menulis Arab di Word. Microsoft word yang diinstall biasanya sudah otomatis menjadi bahasa inggris. Jika kita menulis dengan tulisan abjad tentu tidak akan menjadi masalah. Namun, akan menjadi masalah jika kita ingin menulis tulisan arab.

Cara Menulis Arab di Word

Anda dapat memasukkan tulisan arab dengan insert symbol karena di dalamnya juga terdapat tulisan arab yang lengkap beserta harakatnya.

Jadi, jikalau anda ingin menulis tulisan arab hanya beberapa kata saja cara ini sangat praktis karena anda tidak perlu merubah pengaturan apapun.

Akan tetapi, berbeda halnya dengan orang-orang yang ingin menulis tulisan arab dalam jumlah arab. Tentu saja meng-klik satu persatu simbol akan membuat pekerjaan lama selesai. Apalagi jika anda memerlukannya tidak sekali dua kali.

Cara Menulis Arab di Word

Tenang saja, disini anda akan dapat mempelajari cara menulis arab dengan insert symbol untuk beberapa kata dan merubah keyboard menjadi keyboard arab untuk tulisan yang banyak.

1. Cara Menulis Arab di Word dengan Insert Symbol

Cara ini bisa membantu anda jika hanya sesekali saja membutuhkan tulisan arab. Karena anda perlu mengklik huruf satu persatu. Ikutilah langkah-langkah menulis arab di bawah ini:

  1. Buka dokumen word anda
  2. Masuk ke menu Insert>Symbol>More Symbol sehingga muncul kotak berisi banyak simbolCara Menulis Arab di Word
  3. Pada Subset di bagian kanan atas, ganti menjadi ArabicCara Menulis Arab di Word
  4. Pilihlah satu huruf kemudian klik Insert sehingga membuat huruf yang dipilih terketik di lembar kerja word anda
  5. Lakukan hal yang sama dengan huruf-huruf lainnya hingga selesai

Nah, anda telah berhasil menulis arab di word. Untuk menulis arab yang sedikit atau hanya beberapa kata saja, anda juga bisa memanfaatkan fitur copy paste lho. Tentu saja akan sangat cepat menyalin tulisan dari web atau dokumen lain dan paste di dokumen anda.

2. Cara Menulis Arab di Word

Untuk menulis arab yang banyak dan berkepanjangan karena anda seringkali membutuhkannya, cara insert symbol atau copy paste tentu akan membuat anda lelah. Cara itu juga akan membuat pekerjaan anda selesai dalam waktu yang lama.

Berikut ini cara agar anda bisa lebih cepat menulis arab yaitu dengan mengubah keyboard anda menjadi keyboard arab. Mungkin letak huruf-hurufnya akan perlu pengenalan terlebih dahulu. Pasalnya berbeda dengan huruf abjad di keyboard qwerty.

Bagi orang-orang yang akan sering menulis arab, menghafal letaknya akan menjadi sangat berguna.

Oh ya, sebelum dapat menggunakan keyboard arab. Pastikan anda telah menambahkan huruf arab di laptop atau pc. Jika belum, ikutilah langkah untuk menambahkan huruf arab di laptop atau pc berikut ini:

  1. Klik windows pada pojok kiri bawah atau keyboardCara Menulis Arab di Word
  2. Pilih Setting yang biasanya memiliki ikon roda bergigi
  3. Pada menu setting, pilihlah Time & LanguageCara Menulis Arab di Word
  4. Kemudian pilih Language dan Add LanguageCara Menulis Arab di Word
  5. Pilih Bahasa Arab sehingga bahasa arab akan masuk ke salah satu bahasa di laptop atau pc anda

Setelah bahasa arab telah ada di laptop atau pc anda, anda dapat mengikuti langkah-langkah untuk menulis arab di word berikut ini:

  1. Masuk ke dokumen word anda
  2. Pilih pilihan bahasa laptop atau pc yang terdapat di pojok kanan bawah. Biasanya terletak di sebelah tanggalCara Menulis Arab di Word
  3. Kemudian ganti bahasa menjadi bahasa arab
  4. Ketika bahasa telah diganti, keyboard anda akan otomatis berubah menjadi tulisan arabCara Menulis Arab di Word
  5. Jika anda belum terbiasa dengan letak huruf-hurufnya, anda bisa menggunakan on-screen keyboard terlebih dahulu
  6. Selamat menulis

Nah, cara menulis arab di word akan lebih mudah dan cepat jika huruf-huruf di keyboard anda sudah menjadi huruf arab. Di keyboard juga terdapat harakat ya, jadi anda tidak perlu khawatir.

Beberapa orang mengubah keyboardnya menjadi keyboard dengan tulisan arab atau menambah stiker huruf-huruf arab sehingga memudahkan dalam mengetik. Anda juga bisa mencobanya!

Kini menulis arab tidak sulit lagi. Bahkan anda dapat menulis arab yang banyak dan bisa menggunakannya kapan pun anda mau.

Selamat mencoba dan semoga cara ini bermanfaat.

Leave a Comment