Ditelfon oleh Greater Jakarta? Apa itu Greater Jakarta?

Photo of author

By Silmi Asyifa

KitaTekno.comApa itu Greater Jakarta? Ada banyak sekali kasus penipuan yang menggunakan media telekomunikasi sebagai perantara untuk menipu. Hal ini tentunya membuat anda was was bukan?. Biasanya, nomor yang digunakan untuk menelfon cukup asing dan tidak dikenal.

Banyak orang yang mengabaikan telfon dari orang yang tidak dikenal, karna dikhawatirkan nomor tersebut berasal nomor dari penipu. Namun banyak juga orang yang tetap mengangkat telfon, meskipun nomor yang memanggil tidak dikenal. Diantara nomor yang tidak dikenal itu, biasanya ada beberapa yang memunculkan ID Greater Jakarta pada layar ponsel anda. Apakah anda pernah mengalaminya?

Lalu apa itu Greater Jakarta ?

Apa itu Greater Jakarta

Anda pernah mengalami ditelfon oleh penelfon yang tidak dikenal, namun memunculkan nama Greater Jakarta?. Dan hal tersebut membuat anda bingung bukan? Tenang, anda tidak perlu panik. Greater Jakarta menunjukkan lokasi penelpon dan belum tentu telfon dari penipu.

ID atau tulisan Greater Jakarta di layar smartphone anda ternyata merupakan petunjuk lokasi atau wilayah dimana penelepon berada. Ini bisa diketahui lewat kode nomor penelepon, biasanya +6221 atau 021 yang berarti wilayah Jakarta ataupun wilayah Jabodetabek ( Jakarta, Bogor, Depok, Tanggerang dan Bekasi ).

Penelpon yang memiliki kode awal +6221 atau 021 merupakan telfon dari telfon berkabel atau telfon rumah. Bisa jadi seseorang yang menelpon anda adalah sales marketing, telpon dari kantor ataupun orang lain yang berdomisili di jakarta dan sekitarnya. Bisa jadi penelpon ingin menawarkan produk dari perusahaan ataupun mengonfirmasi tagihan yang belum anda bayar.

Kendati demikian, anda perlu tetap waspada jika anda mendapatkan telpon dari nomor yang tidak dikenal. Jangan sampai anda membocorkan informasi pribadi anda seperti alamat rumah, nomor rekening ataupun nomor identitas seperti ktp ataupun password pada penelfon yang tidak dikenal.

Untuk mengatasi panggilan yang tidak dikenal, anda dapat mengunduh aplikasi pengenal nomor telfon seperti get contact. Aplikasi ini dapat membantu anda untuk mengetahui nama dari seseorang yang menelfon anda. Ketika anda menginstallnya, anda akan mengetahui bagaimana orang lain menamai nomor yang menelfon anda. Aplikasi ini dangat berguna untuk menghindari telpond dari penipu.

Jika anda mendapati bahwa penelfon adalah penipu, anda harus segera memasukkan nomor tersebut kedalam spam ataupun memblokirnya. Untuk mencegah nomor tersebut menghubungi anda kembali. Untuk memblokir atau memasukkannya kedalam spam cukup mudah. Caranya adalah sebagai berikut :

  1. Pertama tama buka aplikasi Telepon pada ponsel anda
  2. Kemudian pilih menu panggilan terbaru
  3. Selanjutnya cari nomor yang ingin anda blokir, setelah mendapatkannya, tekan sedikit lebih lama sampai memunculkan opsi blokir atau spam
  4. Pilih menu blokir atau spam sesuai dengan keinginan Anda

Jika anda memilih untuk memblokirnya, nomor tersebut tidak akan bisa menelfon anda kembali. jika anda memilih spam, nomor tersebut akan dapat mengubungi anda lagi suatu saat nanti, namun anda akan mendapat pemberitahuan bahwa nomor tersebut telah dimasukkan kedalam daftar spam dan berbahaya bagi anda.

Itulah arti kata dari Greater Jakarta. Anda tidak perlu panik jika anda mendapatkan telfon dengan ID Greater Jakarta karna hal tersebut berarti lokasi dari penelfon. Jika anda ingin mengetahui siapa penelfonnya, anda dapat menggunakan bantuan aplikasi pihak ketiga. Terakhir, jika penelfon adalah penipu, anda dapat langsung memblokirnya.

Semoga artikel ini membantu anda untuk mengetahui arti dari Greater Jakarta.

Leave a Comment