Cara Membuat Daftar Isi Word dengan Cepat

Photo of author

By Mufa Fauziah

KitaTekno.comCara Membuat Daftar Isi Word. Membuat daftar isi di microsoft word bisa otomatis dan cepat. Anda tidak perlu lagi menulis manual dan bolak-balik melihat halaman berapa yang akan anda cantumkan. Lakukan dengan cara di bawah ini.

Cara Membuat Daftar Isi Word

Microsoft word adalah salah satu software untuk membuat dokumen yang sangat banyak digunakan. Keunggulan dan kemudahannya ketika digunakan menjadikan orang-orang semakin betah dan merasa terbantu dengan adanya microsoft word.

Salah satu fitur canggih yang sangat membantu di microsoft word adalah dapat membuat daftar isi secara otomatis sehingga anda bisa mempercepat pekerjaan atau pengerjaan tugas anda. Cara ini bisa dilakukan di word 2007, 2010, 2013, bahkan 2016

Mungkin dahulu anda mengetik satu-satu judul dan subjudul yang dimasukkan ke daftar isi. Atau bahkan anda bolak-balik melihat halaman berapa di judul A dan halaman berapa judul B. Bayangkan jika dokumen anda berisi ribuan halaman, tentu membuat daftar isi akan sangat menguras tenaga anda!

Cara Membuat Daftar Isi Word Otomatis

Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk menggunakan fitur membuat daftar isi word dengan otomatis dan cepat. Anda akan menghemat waktu dan tenaga anda.

  1. Buka dokumen microsoft word andaCara Membuat Daftar Isi Word
  2. Setiap anda membuat judul atau subjudul, gunakan styles dengan Heading 1, 2, atau 3 sesuai dengan keinginanCara Membuat Daftar Isi Word
  3. Jika dokumen anda telah selesai, ubahlah styles setiap judul atau subjudul yang akan dimasukkan ke daftar isi
  4. Letakkan kursos pada halaman yang akan dijadikan daftar isi
  5. Pilih References dan pilih Table of Contents untuk membuat daftar isiCara Membuat Daftar Isi Word
  6. Pilih automatic table 1 dan daftar isi anda akan muncul secara otomatis. Setiap judul dan subjudul yang style-nya menggunakan Heading akan muncul beserta nomor halamannya.Cara Membuat Daftar Isi Word
  7. Blok daftar isi dan sesuaikan font serta ukurannyaCara Membuat Daftar Isi Word
  8. Tambahkan judul Daftar Isi
  9. Selesai

Hore….Daftar Isi dokumen anda telah dibuat dengan otomatis dan dalam waktu yang cepat. Anda tidak perlu lagi mengetik ulang atau pun bolak-balik melihat halaman.

Update Daftar Isi Word Otomatis

Jika anda menambah tulisan atau terus menambah halaman anda, jangan khawatir dengan daftar isi ini. Karena daftar isi ini bisa otomatis menyesuaikan juga dengan perubahan anda.

Dengan kata lain, anda dapat membuat daftar isi dari awal anda membuat dokumen kemudian mengupdatenya diakhir.

Jika anda telah selesai membuat dan melakukan perubahan dokumen, ikutilah langkah-langkah berikut ini:

  1. Klik Update table yang muncul ketika anda meng-klik daftar isi atau bisa anda akses di toolbar.Cara Membuat Daftar Isi Word
  2. Setelah anda klik update table akan muncul kotak seperti di bawah ini.Cara Membuat Daftar Isi Word
  3. Pilihan Update page number only berarti anda akan mengupdate nomor halaman pada daftar isi sehingga nomor halaman akan disesuaikan dengan halaman anda yang baru.
  4. Pilihan Update entire table berarti anda bukan hanya mengupdate nomor halaman pada daftar isi, tetapi juga mengupdate judul atau subjudul yang tertera pada daftar isi agar sesuai dengan yang terbaru.
  5. Pilihlah salah satu pilihan dan klik ok
  6. Daftar isi anda telah berhasil diperbarui

Nah, itulah cara meng-update cara membuat daftar isi otomatis anda di word. Jangan khawatir dengan setiap perubahan yang anda lakukan pada dokumen. Anda bisa membuat daftar isi secara otomatis dan cepat serta mengupdate-nya secara cepat.

Gunakan cara ini setiap anda membuat dokumen, terutama dokumen dengan halaman yang banyak. Membuat daftar isi secara cepat dan otomatis juga membantu anda menyelesaikan skripsi, tugas, atau pun pekerjaan anda.

Leave a Comment