Cara Mengecilkan Ukuran Video Di HP Tanpa Mengurangi Kualitasnya

Photo of author

By Fathimah Narifah

KitaTekno.comCara Mengecilkan Ukuran Video Di HP. Seiring berkembangnya kecanggihan teknologi, memunculkan beragam kualitas kamera yang ditawarkan pada pengguna smartphone. Tentunya sebagai pengguna smartphone kita menginginkan kamera dengan resolusi yang tinggi untuk menghasilkan kualitas yang baik dengan gambar yang jernih.

Namun kamera dengan resolusi yang tinggi membuat ukuran rekaman video semakin besar. Hanya dengan merekam video selama 3 menit saja dapat memenuhi ruang penyimpanan puluhan MB, sehingga dapat membuat memori HP semakin cepat penuh.

Cara Mengecilkan Ukuran Video Di HP
cara mengecilkan ukuran video di hp

Terlebih lagi banyak dari pengguna smartphone yang kesusahan untuk mengirimkan berkas rekaman video dari kamera smartphone dengan ukuran besar melalui aplikasi komunikasi seperti WhatsApp dan Gmail. Aplikasi komunikasi ini dapat mengirimkan banyak file dengan beragam jenis bentuknya, akan tetapi membatasi pengiriman file yang berukuran besar salah satunya tidak mendukung pengiriman video yang berukuran 30MB keatas.

Sekalipun bisa dikirimkan, kemungkinan besar berkas video tersebut terkompres secara otomatis dari bawaan aplikasinya sehingga membuat kualitas video yang dikirimkan jauh lebih buruk dari kualitas video aslinya

Cara Mengecilkan Ukuran Video Di HP

Mengkompres atau mengecilkan ukuran biasanya dilakukan untuk mengurangi penggunaan memori smartphone kita, tetapi banyak pengguna khawatir apabila mengecilkan ukuran video akan menurunkan kualitas dari video tersebut. Padahal teknologi software saat ini semakin maju, kita bisa mengecilkan ukuran video tanpa mengurangi kualitasnya.

Berikut adalah cara-cara yang bisa Anda lakukan untuk mengecilkan ukuran video tanpa mengurangi kualitasnya, sehingga tidak memenuhi penyimpanan dan aman ketika dikirim melalui platform lain.

Cara mengecilkan ukuran video di hp android

  1. Pertama-tama Unduh aplikasi kompres video yaitu Panda Video Compressor terlebih dahulu di PlayStore.
  2. Kemudian silahkan pilih dan tentukan ukuran video yang diinginkan. Bahkan di aplikasi ini, Anda bisa memilih sendiri kualitas dan ukuran video yang ingin Anda kompres
  3. Selanjutnya anda tinggal memilih kualitas video yang diinginkan, maka video akan siap dikecilkan ukurannya. Tunggu proses kompresinya selesai, tenang ini tidak memakan waktu yang kama, setelah itu anda bisa klik simpan, dan selesai! Video anda sudah terkompres
  4. Dari aplikasi Panda Video Compressor anda juga dapat mengetahui before dan after hasil video yang telah di kompres.

Cara Mengecilkan Ukuran Video di iPhone

  1. Unduh dan install terlebih dahulu aplikasi VidCompress di AppStore.
  2. Buka aplikasi VidCompress, kemudian pilih menu Compress. Pilih video dari galeri yang ingin kamu kompres. Jika sudah menentukan, pilih “OK” yang berada di pojok kanan atas aplikasi ini.
  3. Di aplikasi VidCompress kamu tidak diberikan pilihan ukuran piksel atau kualitas video yang ingin kamu kompres. Aplikasi ini secara otomatis akan mengecilkan video kamu sekitar 80% dari video asli.
  4. Tunggu beberapa saat hingga proses memperkecil ukuran video ini selesai.
  5. Jika proses kompresi sudah selesai, maka video baru yang telah kamu kompres akan otomatis masuk ke galeri kamu tanpa perlu memilih menu apapun.

Cara Mengecilkan Ukuran Video Tanpa Aplikasi

  1. Silahkan anda buka situs videosmaller (http://www.videosmaller.com/) bisa melalui HP atau pun PC/laptop anda (tenang saja, situs yang satu ini bisa diakses dengan gratis dan tidak banyak iklan)
  2. Kemudian upload video yang ingin anda kompres di kolom Browse. Terdapat pilihan low compression yang disediakan dan disarankan oleh situs ini. Jika Anda tidak ingin menggunakan kompresi dengan low compression, silakan sesuaikan ukuran dan kualitas video yang Anda inginkan.
  3. Pilih Upload Video setelah Anda memilih setting-an dan ukuran video yang Anda ingin kecilkan ukurannya.
  4. Silakan lihat di kolom Anda upload video tadi. Anda akan menemukan video yang telah dikecilkan ukurannya, lengkap bersama informasi seberapa besar kompresi yang dilakukan.
  5. Download dan selesai! Sekarang Anda bisa mendapatkan video yang telah dikecilkan ukurannya sesuai dengan kemauan Anda.

Cara Mengecilkan Ukuran Video Menggunakan Aplikasi Movie Maker

Aplikasi ini merupakan aplikasi bawaan pada komputer dengan OS (Operating System) Microsoft. Kegunaannya selain dapat mengecilkan ukuran file video, ada tambahan fitur lainnya yang bisa anda gunakan seperti memotong video, memasukkan musik tambahan, hingga memberikan efek-efek sesuai yang kamu inginkan. Berikut cara memperkecil ukuran file video menggunakan aplikasi ini :

  1. Buka aplikasi Movie Maker. – Pilih menu “Add Video”, kemudian pilih video yang ingin kamu kecilkan ukurannya.
  2. Pilih menu “File”, kemudian klik “Save Movie”.
  3. Beri nama pada video baru, lalu klik “Simpan Video”.
  4. Tunggu sampai proses penyimpanannya selesai.

Jika sudah, ukuran video akan berkurang secara otomatis tanpa mengurangi kualitas video yang sudah dikecilkan.

Selamat mencoba

Leave a Comment