Lakukan Cara Ini Untuk Mengatasi Keyboard HP Tidak Muncul

Photo of author

By Fathimah Narifah

KitaTekno.comCara Mengatasi Keyboard HP Tidak Muncul. Seperti yang kita tahu keyboard merupakan komponen yang sangat penting bagi pengguna HP, terutama dengan kecanggihan HP saat ini yang menggunakan layar sentuh atau touch screen sehingga dengan adanya fitur keyboard dalam bentuk aplikasi dapat memudahkan penggua dalam mengetik di HP.

Lalu bagaimana jadinya apabila keyboard HP anda tidak muncul saat akan digunakan? Tentu saja hal ini akan sangat merepotkan dan mengganggu keperluan anda.

Tidak adanya aplikasi keyboard di HP, membuat anda tidak bisa melakukan banyak hal, mulai dari mengirim SMS, mengirim pesan melalui WhatsApp, update status di platform media sosial (Facebook, Instagram, Twitter, dsb), bahkan untuk mengecek pulsa dan kuota pun juga sangat membutuhkan keyboard untuk mengetik nomornya.

Oleh karena itu, jika aplikasi keyboard di perangkat anda bermasalah, maka akan sangat menyulitkan anda pada saat  menggunakan perangkat tersebut.

Sebagai salah satu perangkat yang setiap harinya sering digunakan, bukan tidak mungkin jika terdapat gangguan atau kerusakan. Biasanya masalah ini terjadi ketika pengguna sedang menggunakan aplikasi keyboard, kemudian tiba-tiba keyboard hilang sendiri. Atau ketika  menyentuh kolom untuk isian, aplikasi keyboard justru tidak muncul.

Meskipun begitu, anda tidak perlu panik, khawatir. apalagi sampai takut apabila HP anda tidak bisa digunakan lagi. Keyboard yang tiba-tiba hilang atau tidak muncul inilah menjadi salah satu kerusakan yang sering terjadi.

Cara Mengatasi Keyboard HP Tidak Muncul

Gangguan atau kerusakan ini bisa anda atasi dengan berbagai cara yang mudah. Berikut adalah cara anda mengatasi keyboard yang tidak muncul di HP;

  1. Restart HP

Cara pertama yang paling praktis bisa anda lakukan adalah dengan me-restart HP. Siapa tahu, cukup dengan me-restart HP, keyboard anda yang tidak muncul dapat kembali seperti semula. Penting juga untuk anda pahami, bahwa tujuan dilakukan restart HP untuk mereset kondisi HP agar error atau bug yang tersimpan bisa hilang.

Bila kondisi HP tidak parah setelah restart, terkadang keyboard yang hilang akan kembali lagi seperti semula. Tidak ada salahnya anda mencoba cara ini terlebih dahulu untuk mengatasi keyboard HP tidak muncul, sebelum menggunakan cara yang lebih rumit.

  1. Menghapus Cache Aplikasi Keyboard

Cara kedua yang dapat anda lakukan adalah dengan menghapus cache aplikasi keyboard. Aplikasi keyboard HP yang error atau bermasalah, terkadang karena hal-hal yang kita tidak sadari. Salah satunya adalah karena cache yang sudah menumpuk dalam waktu lama.

Berikut ini adalah langkah untuk menghapus cache pada aplikasi HP.

  • Pada tampilan awal Android, buka daftar aplikasi
  • Pilih “Pengaturan”, “Settings”, atau “Setelan”
  • Pilih “Aplikasi” atau “Apps” Cari nama aplikasi keyboard yang Anda gunakan. Contohnya GBoard atau LG Keyboard.
  • Setelah ketemu, pilih aplikasi keyboard yang Anda gunakan. Lalu sentuh tombol “Hapus cache”.
  • Untuk menguji keberhasilan langkah di atas, coba buka aplikasi chatting dan masuk ruang obrolan. Jika berhasil, aplikasi keyboard yang awalnya tidak muncul kini sudah bisa digunakan kembali.
  1. Menghentikan dan Hapus Data Keyboard

Selanjutnya apabila kedua cara diatas belum bisa memunculkan Keyboard di HP, maka cara berikutnya tak kalah mudah yaitu dengan menghentikan dan menghapus data keyboard. Pada dasarnya, cara ini akan menghapus pengaturan serta cache aplikasi keyboard bawaan tersebut.

Jangan khawatir, cara ini tidak hanya mudah, tetapi juga terbilang ampuh untuk mengatasi keyboard HP tidak muncul atau hilang. Setelah anda selesai menghapus data keyboard HP, seluruh pengaturan keyboard akan kembali pada posisi default.

Untuk memudahkan anda, berikut ini langkah-langkahnya yang bisa anda gunakan:

  • Pada tampilan awal Android, buka daftar aplikasi
  • Pilih “Pengaturan”, “Settings”, atau “Setelan”
  • Pilih “Aplikasi” atau “Apps”
  • Cari nama aplikasi keyboard yang Anda gunakan. Contohnya LG Keyboard atau GBoard.
  • Setelah ketemu, pilih aplikasi keyboard yang Anda gunakan. Lalu sentuh tombol “Hapus data”.
  • Untuk menguji keberhasilan langkah di atas, coba buka aplikasi chatting dan masuk ruang obrolan. Jika berhasil, aplikasi keyboard yang sebelumnya tidak muncul kini sudah bisa digunakan kembali.

Itulah beberapa langkah yang bisa anda lakukan untuk mengatasi keyboard HP yang tidak muncul. Semoga bermanfaat untuk dapat dipraktekan.

Leave a Comment