Cara Membuat Subtitle Film Sendiri Secara Praktis

Photo of author

By Mufa Fauziah

KitaTekno.com – Cara Membuat Subtitle Film Sendiri. Subtitle yang tidak pas akan mengganggu anda saat menonton film. Perbaiki subtitle film anda atau buat sendiri subtitle film yang belum ada dan jadilah penerjemah profesional dengan cara berikut.

Cara Membuat Subtitle Film
Contoh subtitle pada film

Cara Membuat Subtitle Film

Membuat subtitle sendiri bisa anda lakukan dengan bantuan aplikasi. Aplikasi berikut ini ada 2 jenis sehingga anda bisa memilihnya sesuai dengan kebutuhan.

Aplikasi pertama adalah aplikasi sederhana sehingga tidak berat dan bahkan mungkin anda tidak perlu mengunduhnya.Akan tetapi, tentu saja aplikasi sederhana membuatnya menjadi terbatas.

Aplikasi yang kedua lebih lengkap dan banyak dilengkapi fitur menarik. Akan tetapi, tentu saja anda perlu mengeluarkan usaha lebih untuk mendapatkannya.

Cara Membuat Subtitle Film dengan Notepad

Cara Membuat Subtitle Film
Membuat subtitle dengan notepad

Cara membuat subtitle film sendiri yang pertama adalah menggunakan notepad. Iya, aplikasi bawaan yang biasanya sudah terinstall pada pc. Cara membuat subtitle film dengan notepad adalah cara paling sederhana karena tidak perlu mengunduh aplikasi tambahan lagi.

Ikuti langkah-langkah berikut ini untuk membuat subtitle film dengan notepad:

  1. Buka notepad lalu ketikkan angka 1 di baris pertama.
  2. Tekan Enter untuk membuat baris baru.
  3. Dibawahnya masukkan waktu subtitle tersebut dimulai dan berakhir dalam format jam:menit:detik,milidetik. Contohnya 00:00:30,000
  4. Tekan Enter untuk baris baru dan masukkan subtitle tepat di bawah format waktu.
  5. Ulangi secara berurutan untuk melanjutkan subtitle yang berikutnya
  6. Jika sudah selesai, simpan file tersebut dalam bentuk .srt dan encoding UTF-8
  7. Selesai

Nah, subtitle dari notepad anda bisa langsung anda gunakan pada film. Cara ini benar-benar sederhana dan praktis.

Cara Membuat Subtitle Film dengan Aegisub

Cara Membuat Subtitle Film
Membuat subtitle dengan Aegisub

Cara membuat subtitle film sendiri kali ini akan menggunakan aplikasi Bernama Aegisub. Aplikasi ini merupakan salah satu aplikasi yang digunakan untuk membuat subtitle pada film.

Aplikasi Aegisub memungkinkan anda untuk membuat subtitle dan membuatnya lebih akurat dan nyaman dilihat.

Pasalnya di aplikasi ini anda bisa mengedit font atau tulisan yang akan tampil sebagai subtitle nanti. Mulai dari letak subtitle, warna, dan ukurannya. Sehingga subtitle buatan anda sendiri menjadi sangat nyaman untuk dilihat seperti buatan profesional.

Aplikasi ini juga dilengkapi preview sehingga anda bisa melihat terlebih dahulu subtitle buatan anda sebelum disave. Sehingga anda bisa memperbaiki kesalahan yang ada dan membuat subtitle yang akurat.

Aplikasi ini dapat mengenali dan mendukung semua format subtitle umum seperti SSA, SRT, SUB, TXT, ASS, MKV, MKS, dan MKA sehingga memungkinkan anda untuk mengedit juga subtitle yang telah ada tetapi kurang akurat.

Yang paling disukai oleh orang-orang, pada Aefisub tersedia fitur sinkronisasi untuk memindahkan semua teks maupun hanya beberapa bagian agar muncul di saat yang tepat, tentu saja hal ini akan sangat membantu anda.

Tampilannya pun diurut baris per baris, membuat anda lebih nyaman.

Untuk membuat subtitle dengan menggunakan Aegisub tentu saja sebelumnya anda perlu mengunduh dan menginstall aplikasinya terlebih dahulu. Kemudian ikutilah langkah-langkah berikut ini:

  1. Buka aplikasi Aegisub pada pc anda
  2. Klik menu Video > Open Video kemudian pilih video film yang ingin anda buat subtitlenya
  3. Klik menu Audio > Open Audio from Video untuk mengambil audio dari film anda
  4. klik menu subtitle > Styles Manager dan aturlah tampilan subtitle sesuai keinginan anda. Buatlah warna, ukuran, dan jenis font yang membuat pembaca akan nyaman
  5. Masuk ke menu Audio Box dan ketik subtitle buatan anda
  6. Jika sudah selesai membuat subtitle, klik menu File > Save Subtitle atau Ctrl+S pada keyboard untuk menyimpan subtitle anda
  7. Selesai, subtitle film buatan sendiri telah berhasil dibuat

Nah, itulah cara membuat subtitle film sendiri menggunakan aplikasi Aegisub. Aplikasi ini memang sangat memudahkan dan membuat subtitle anda memiliki tampilan yang bagus.

Kesimpulan

Untuk membuat subtitle film sendiri anda bisa menggunakan 2 cara yaitu menggunakan aplikasi notepad dan aegisub. Setiap aplikasi memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Anda bisa memilih yang paling sesuai dengan kebutuhan anda.

Selamat berkarya dan anda bisa menambahkan nama anda diakhir subtitle agar orang-orang mengetahui karya anda.

Leave a Comment