Cara Mengatasi Aplikasi Keluar Sendiri

Photo of author

By Mufa Fauziah

KitaTekno.comCara Mengatasi Aplikasi Keluar Sendiri. Para pengguna handphone terutama android mungkin pernah mengalami aplikasi yang sedang dibuka tiba-tiba keluar sendiri. Jika hal ini sering terjadi, anda tidak boleh berdiam diri. Lakukan cara-cara berikut ini.

Cara Mengatasi Aplikasi Keluar Sendiri
Forced stopped

Aplikasi yang keluar sendiri atau forced closed bisa disebabkan karena beberapa hal. Penyebabnya bisa jadi karena RAM yang bekerja terlalu keras atau penuh, sehingga aplikasi terhenti mendadak dan akhirnya keluar.

Penyebab lainnya bisa disebabkan karena file cache yant terlalu penuh atau aplikasinya yang memang bermasalah misalnya aplikasi sudah kadaluwarsa atau aplikasi tersebut tidak didukung oleh sistem operasi handphone android anda.

Jika anda mengalami aplikasi keluar sendiri, anda dapat mengatasi hal tersebut dengan cara-cara berikut ini:

1. Hapus Cache Aplikasi

Cache aplikasi semakin lama akan semakin bertumpuk. Cache yang banyak dan bertumpuk akan membuat kerja handphone anda menjadi semakin berat. Hal inilah yang bisa menjadi salah satu penyebab terjadinya forced closed atau keluar sendiri.

Maka dari itu pula banyak aplikasi penghapus cache yang ditawarkan di Play Store. Dengan menghapus cache, handphone android anda akan lebih ringan dan dapat bekerja lebih optimal.

Menghapus cache tidak akan menghapus data penting di dalam aplikasi anda, jadi anda tidak perlu khawatir.

Menggunakan aplikasi mungkin tidak praktis dan malah menambah kerja dari handphone android anda. Sebenarnya anda dapat menghapus cache aplikasi tanpa menggunakan aplikasi tambahan apapun.

Lakukanlah hapus cache tanpa aplikasi tambahan dengan langkah-langkah sebagai berikut:

Cara Mengatasi Aplikasi Keluar Sendiri
Cara Hapus Cache
  1. Masuk ke Setting atau Pengaturan di Hp android anda
  2. Pilih kelola aplikasi
  3. Setelah muncul tampilan daftar aplikasi, pilih aplikasi yang ingin dibersihkan cache-nya
  4. Pilih Clear Cache atau Hapus Cache
  5. Selesai

Untuk membuat handphone android anda lebih ringan dan bekerja lebih optimal, anda juga bisa sekalian hapus data aplikasi yang pilihannya berada di atas hapus cache.

Perlu anda ketahui, hapus data aplikasi akan membuat aplikasi menjadi seperti baru diinstal. Data anda sangat dimungkinkan akan tereset. Jadi hapus data aplikasi dari aplikasi-aplikasi yang memang tidak memiliki data penting yang perlu anda simpan di handphone android saja.

2. Update Aplikasi

Cara Mengatasi Aplikasi Keluar Sendiri
Update Aplikasi

Penyebab aplikasi keluar sendiri bukan hanya karena RAM, cache, atau handphone android yang penuh tetapi juga bisa dikarenakan penyebab berasal dari aplikasi.

Aplikasi bisa saja sudah kadaluwarsa atau versi yang anda unduh tidak kompatibel dengan handphoe android anda.

Untuk itu anda bisa mengupdate aplikasi anda agar mencapai versi terbaiknya. Anda juga bisa mengunduh aplikasi di Play Store agar terjamin keamanannya dan terlihat kompatibel atau tidaknya dengan handphone android anda.

Jika anda sudah terlanjur menginstall aplikasi bukan dari Play Store, mungkin anda perlu mengecek apakah aplikasi tersebut ada di Play Store sehingga anda bisa menginstall ulang aplikasi dari Play Store.

3. Restart Handphone Android

Cara Mengatasi Aplikasi Keluar Sendiri
Restart Handphone

Jikalau anda telah meringankan kerja handphone android dengan menghapus cache dan data tetapi masih belum berhasil. Mungkin cara ini yang sangat banyak dilakukan oleh orang-orang yaitu merestart handphone android.

Cara ini banyak dipilih karena dengan merestart handphone android, handphone akan kembali segar dan kinerjanya akan lebih baik.

4. Upgrade OS

Cara Mengatasi Aplikasi Keluar Sendiri
Memperbarui OS Handphone

Jika anda masih menggunakan OS android yang lama, hal tersebut tentunya dapat menjadi alasan aplikasi tidak kompatibel dengan sistem operasi Android yang kamu gunakan.

Pasalnya aplikasi pun selalu melakukan upgrade untuk memperbaharui sistem atau pun tampilannya.

Cobalah untuk meng-upgrade OS anda. Hal ini bukan hanya bermanfaat bagi 1 aplikasi tetapi bagi handphone anda secara keseluruhan. Lakukan langkah-langkah berikut ini untuk meng-upgrade OS handphone android anda;

  1. Buka Setting atau Pengaturan di handphone android anda
  2. Pilih About Phone
  3. Kemudian pilih Check System Update
  4. Jika tersedia upgrade, plih upgrade dan Download OS terbaru
  5. Tunggu hingga proses download upgrade selesai
  6. Setelah selesai, muncul tombol konfirmasi untuk proses re-boot
  7. Restart handphone android anda dan handphone akan memulai sistem dengan OS yang baru

5. Factory Reset

Jika cara-cara sebelumnya sudah anda lakukan tetapi  tetap tidak berhasil mengatasi aplikasi yang sering keluar sendiri secara tiba-tiba, anda bisa melakukan factory reset.

Sebelum melakukan factory reset, disarankan agar anda melakukan back up data terlebih dahulu, karena setelah dilakukan factory reset berarti semua data di ponsel juga akan hilang seperti layaknya ponsel baru.

Berikut ini langkah-langkah untuk melakukan factory reset:

  1. Buka Setting atau Pengaturan di handphone android anda
  2. Pilih Back-Up & Reset
  3. Pilih Factory Data Reset dan Reset Phone (atau All files on the phone)
  4. Tunggu prosesnya selesai dan ponselmu pun sudah kembali baru

Nah, itulah cara-cara yang bisa anda lakukan untuk mengatasi aplikasi yang keluar sendiri. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment