2 Faktor Kenapa Kamera HP Tidak Bisa Digunakan

Photo of author

By Fathimah Narifah

KitaTekno.Com – Terkendala dan bingung kenapa Kamera HP tidak bisa digunakan? Saat sedang membutuhkan kamera HP tapi ternyata malah eror tidak bisa digunakan? Yuk kita bahas alasan kenapa kamera HP tidak bisa digunakan. 

kenapa kamera hp tidak bisa digunakan

Saat ini teknologi sudah sangat maju. Setiap orang kita lihat dimanapun Anda berada di kereta, bis, maupun angkot asik bersama dengan ponsel atau HP mereka. Kebanyakan orang menggunaan Hp untuk berkomunikasi menggunakan sosial media. Sosial media adalah tempat untuk berbagi informasi secara tertulis maupun dalam bentuk gambar dan video. Karena itu banyak yang memulai hobi dengan berbagi jepretan kamera HP di sosial media.

Penggunaan kamera HP pun sudah beragam saat ini. Ada yang menggunakannya karena hobi mengambil gambar atau foto untuk dibagikan kepada orang-orang atau sekedar untuk membaca barcode yang ada disekitar Anda. Kamera HP sudah menjadi salah satu aplikasi penting yang ada di ponsel dan hampir seluruh ponsel saat ini sudah dipasang dengan kamera yang canggih tidak kalah dengan kamera-kamera digital lainnya. Lalu bagaimana jika kamera HP yang sangat penting itu eror? Kenapa kamera HP tidak bisa digunakan? Tentu akan menjadi tanda tanya yang sangat besar sekali.

Normalnya saat aplikasi kamera dalam HP kita buka maka akan muncul preview gambar tangkapan kamera tersebut. Namun ada situasi dimana terdapat error pada kamera yang membuat kamera tidak bisa digunakan sebagaimana mestinya. Contoh errornya berupa aplikasi kamera yang tidak bisa dibuka, muncul pesan bahwa aplikasi kamera sedang tidak bisa digunakan, bahkan membuat HP nge-hang dan nge-lag sehingga membuat kita kesulitan dalam mengakses aplikasi lainnya yang ada di HP. 

Saat ini KitaTekno akan menjelaskan alasan-alasan kenapa kamera HP tidak bisa digunakan. Alasan kenapa kamera HP tidak bisa digunakan terbagi menjadi dua, karena faktor internal HP dan karena faktor external HP tersebut. Berikut akan dijabarkan lebih lanjut ya:

Kenapa Kamera HP Tidak Bisa Digunakan

Error pada sistem internal

  1. Adanya Bug pada Sistem

Bug artinya adalah serangga yang dimaksudkan dalam sistem HP berarti masalah dalam proses sistem berjalan. Salah satu yang bisa menjadi alasan kenapa kamera hp tidak bisa digunakan adalah kegagalan dalam update sistem yang dikarenakan adanya bug dalam sistem. 

  1. Sistem pada HP tidak stabil

Aplikasi dalam HP tidak bisa berjalan dengan baik apabila sistem di dalam HP tidak stabil. Ketidakstabilan ini bisa dikarenakan banyaknya file-file sampah ataupun ruang dalam RAM sudah penuh. Maka pastikan untuk selalu cek file-file sampah dan membuangnya serta tidak banyak menggunakan aplikasi yang bisa memberatkan RAM agar sistem terpelihara dengan baik dan terjaga kestabilannya ya.

  1. Cache Aplikasi Kamera Penuh

Sama seperti aplikasi lainnya, aplikasi kamera juga menyimpan banyak cache seperti basis data, pengaturan, dan history dari kamera. Menghapus cache aplikasi dapat mengembalikan kamera kamu kembali normal. Pertama buku menu “Setting”, kemudian Setelan Tambahan > Manajemen Aplikasi > klik Pilih Semua > Aplikasi Kamera > Paksa Berhenti > Hapus Data.

  1. Kamera Android Error

Salah satu penyebab kamera HP tidak bisa digunakan adalah kamera Android yang sedang error. Lakukan reboot ponsel terlebih dahulu supaya HP tidak mendapatkan sumber daya untuk sementara waktu.

Error karena faktor External: Adanya Virus

Keberadaan virus dapat merusak sistem HP yang juga dapat menimbulkan masalah pada perangkat hardware smartphone, seperti kamera. Untuk antivirus untuk mengatasi masalah virus yang menyerang smartphone.

Solusi dari permasalahan diatas secara umum bisa coba Anda ikuti sesuai dengan langkah-langkah dibawah ini ya:

  1. Silahkan untuk lakukan restart HP Anda terlebih dahulu. Langkah pertama yang paling sederhana untuk mengatasinya adalah dengan melakukan restart HP.
  2. Force stop aplikasi kamera HP Anda. Silakan untuk mengakses pengaturan aplikasi dan memilih aplikasi kamera untuk kemudian melakukan force stop pada aplikasi. Cara ini sangat efektif untuk mengatasi berbagai bentuk error, seperti: kamera tidak merespon sama sekali (hang atau tiba-tiba berhenti), kamera tidak menampilkan gambar apapun yaitu hanya menampilkan layar hitam (gelap) saja, dan menu yang ada pada kamera tidak bisa dibuka (hang).
  3. Clear cache dan clear data aplikasi kamera. 
  4. Lakukan scanning Antivirus di HP Anda.
  5. Pastikan untuk selalu update OS pada HP Anda ya.

Semoga informasi diatas bisa membantu menyelesaikan permasalahan kenapa kamera Hp tidak bisa digunakan.

Leave a Comment