Ini 6 Rekomendasi Aplikasi Belajar Bahasa Melayu Malaysia

Photo of author

By Silmi Asyifa

KitaTekno.COM – Aplikasi Belajar Bahasa Melayu Malaysia. Bahasa miliki peranan penting dalam kehidupan manusia. Hal tersebut dikarenakan bahasa merupakan alat komunikasi utama manusia dalam kehidupan sehari-hari. Dengan menggunakan bahasa, seorang dapat menyampaikan ide, pikiran, perasaan kepada orang lain, baik secara lisan maupun dalam bentuk tulisan.

Malaysia menggunakan bahasa Melayu sebagai bahasa yang digunakan didalam kehidupan sehari hari. Meski demikian, bahasa melayu dikabarkan terancam punah dikarenakan masyarakatnya lebih mengutamakan menggunakan bahasa inggris dalam komunikasi sehari-hari.

Bahasa melayu yang digunakan di malaysia berbeda dengan bahasa melayu yang digunakan di Indonesia. Hal tersebut dikarenakan bahasa melayu di Indonesia masuk kategori bahasa daerah dan banyak bahasa daerah indonesia lainnya yang diserap menjadi bahasa melayu. Bahasa melayu Indonesia biasanya digunakan di daerah sumatera.

Sedangkan bahasa melayu yang ada di Malaysia memiliki logat dan kosa kata yang berbeda dengan bahasa melayu di Indonesia. Jika anda memiliki ketertarikan pada bahasa melayu, ada beberapa manfaat yang anda dapatkan dari belajar bahasa melayu. Simak penjelasannya dibawah ini!

Manfaat mempelajari bahasa Malaysia diantaranya :

  • Membantu anda untuk berkomunikasi dengan warga lokal Malaysia terutama saat anda berkunjung atau berada di Malaysia.
  • Menambah ilmu pengetahuan anda
  • Mempermudah anda untuk memperdalam pengetahuan tentang negara Malaysia anda akan dengan mudah mengetahui sejarah, sastra, dan risalah ilmiah ilmuan Malaysia.
  • Meningkatkan kecerdasan otak anda.

Menguasai bahasa Malaysia atau melayu Malaysia sangat berguna bagi anda. Terutama bagi anda yang akan mendatangi Malaysia untuk belajar melanjutkan studi atau tinggal menetap di sana.

Ada beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk meningkatkan skill anda dalam berbahasa malaysia, diantaranya adalah :

Tips meningkatkan kemampuan bahasa melayu malaysia:

– Menonton film dalam bahasa Melayu

Dengan menonton film berbahasa melayu malaysia, otak anda akan terbiasa memproses informasi dalam bahasa melayu malaysia. Hal ini tentunya mempermudah anda dalam mempelajari bahasa melayu malaysia.

– Membaca naskah film atau buku berbahasa melayu malaysia

Sama seperti menonton film dalam bahasa melayu malaysia, dengan banyak membaca referensi dalam bahasa melayu malaysia anda akan semakin terbiasa memproses informasi dalam bahasa malaysia

– Menyediakan kamus kecil dan menambah kosa kata

dengan memiliki kamus, anda dapat segera mengetahui arti dari kosa kata bahasa melayu malaysia yang tidak anda pahami. Hal ini secara tidak langsung akan menambah pengethuan anda mengenai kosa kata dalam bahasa melayu malaysia.

– Praktek langsung dengan penuturnya

Anda dapat mencari lingkungan pertemanan atau belajar langsung melalui tutor yang fasih berbicara melayu malaysia. Hal ini akan meningkatkan kemampuan berbahasa anda.

– Ikut komunitas orang malaysia

Anda dapat mengikuti komunitas online yang berisi orang Malaysia. Mulailah untuk mengobrol dengan teman komunitas anda untuk menngkatkan skill berbahasa anda

– Jalan jalan ke malaysia

Dengan belajar langsug mendatang negaranya, tentu anda akan mendapatkan pengalaman langsung mempelajari bahasa malaysia dari warga lokal.

– Belajar melalui aplikasi

Seiring dengan kemajuan teknologi, anda tidak perlu pergi ke tempat les untuk mempelajari bahasa malaysia. Cukup dengan handphone anda, anda dapat mempelajari bahasa malaysia.

Salah satu tips yang paling kami rekomendasikan dan akan kami bahas lebih dalam adalah mempelajari bahasa melayu malaysia dengan menggunakan aplikasi android.

Jika anda kebingungan untuk memilih aplikasi mana yang cocok untuk anda, kitatekno telah merangkumkan 7 aplikasi terbaik untuk mempelajari bahasa melayu malaysia. Simak penjelasannya dibawah ini.

6 Rekomendasi Aplikasi Belajar Bahasa Melayu Malaysia

  1. Master Ling – Aplikasi Belajar Bahasa Melayu Malaysia

Yang pertama adalah aplikasi Master ling. Aplikasi ini adalah sebuah aplikasi belajar bahasa Malaysia yang dikembangkan oleh simya solution LTD. Aplikasi ini merupakan wadah yang tepat bagi anda yang ingin belajar bahasa Melayu Malaysia dengan cara yang sangat menyenangkan.

LingMaster Aplikasi Belajar Bahasa Melayu Malaysia

Dengan menggunakan aplikasi ini, anda dapat belajar sambil bermain. Tentunya anda tidak akan merasa bosan, karna aplikasi ini didesain dengan sangat menarik. Fitur dalam aplikasi ini berupa game dan kuis yang bisa anda ikuti. Kuis kuis tersebut mencakup kuis mencocokkan kata, mengatur kalimat, melatih menulis dan sebagainya.

Baik pemula maupun ahli, anda tetap dapatmenggunakan aplikasi ini. Jika anda menggunakannya secara rutin, maka dapat dipastika kemampuan anda dalam berbahasa Melayu akan meningkat.

Aplikasi dapat anda didownload DISINI.

  1. Indonesia Malay Translator

Aplikasi selanjutnya adalah Indonesia Malay Trandlator. Aplikasi ini berupa kamus online Indonesia dan Malaysia ataupun sebaliknya. Aplikasi ini juga dapat anda gunakan secara instan untuk menerjemahkan kosa kata maupun kalimat.

Indonesian Malay Translator Aplikasi Belajar Bahasa Melayu Malaysia

Kecepatan aplikasi ini untuk menerjemahkan bahasa dari malaysia ke indonesia ataupun sebaliknya pun terbilang cukup cepat. Aplikasi ini memiliki tampilan yang simpel dan mudah digunakan. Jika anda tertarik untuk menggunakan aplikasi ini, anda dapat mengunduhnya di google play store.

Aplikasi dapat anda didownload DISINI.

  1. Kamus Dewan – Aplikasi Belajar Bahasa Melayu Malaysia

Selanjutnya adalah aplikasi kamus dewan. Aplikasi ini mirip dengan aplikasi kamus KBBI jika di indonesia. Berbeda dengan aplikasi Indonesia Malay Translator, aplikasi ini dapan anda akses secara offline tanpa menggunakan data seluler.

Kamus Dewan Aplikasi Belajar Bahasa Melayu Malaysia

Aplikasi ini memiliki fitur penanda yang berguna apabila anda ingin mempelajari mengenai kata sebelumnya. Aplikasi ini juga memiliki ukuran yang ringan yaitu sebesar 9,4 MB saja. Aplikasi ini dapat anda gunakan dengan mudah. Jika anda tertarik, anda dapat mengunduhnya di Google Play Store.

Aplikasi dapat anda didownload DISINI.

  1. Malaysia Language Course

Aplikasi belajar bahasa Malaysia selanjutnya adalah Malaysia language course. Seperti namanya, aplikasi ini dikembangkan oleh language course. Terdapat lebih dari 10000 kata dan frasa yang bisa dipelajari pada aplikasi ini. Tentu saja ini akan menambah kekayaan kosakata dalam bahasa Malaysia.

Aplikasi ini dapat dipakai pada perangkat apa saja. Selain itu, ini juga tidak membutuhkan koneksi internet sehingga bisa digunakan dengan cukup mudah. Anda bisa belajar bahasa Malaysia dengan sangat cepat di sini.\

Aplikasi dapat anda didownload DISINI.

  1. Meta Language – Aplikasi Belajar Bahasa Melayu Malaysia

Aplikasi berikutnya untuk mempelajari bahasa melayu malaysia adalah meta language. Aplikasi meta language merupakan salah satu aplikasi belajar bahasa yang dikembangkan oleh LTD. Dengan menggunakan aplikasi ini, anda akan dapat mempelajari banyak kosa kata baru beserta pelafalannya.

Ada banyak materi bahasa melayu malaysia yang dapat anda pelajari dari alphabet, sambutan, kosa kata dan materi lainnya.

Aplikasi ini juga sangat mudah digunakan dengan tampilan layar yang sederhana, sehingga anda dapat dengan mudah menggunakannya. Aplikasi ini juga dapat anda akses meskipun anda tidak memiliki kuota internet.

Aplikasi ini cocok bagi anda yang ingin memelajari bahasa melayu malaysia dari awal atau dasar.

Aplikasi dapat anda didownload DISINI.

  1. GlobalLang – Aplikasi Belajar Bahasa Melayu Malaysia

Aplikasi terakhir adalah aplikasi GlobalLanf. Aplikasi ini memiliki lebih dari 6000 frasa umum bahasa melayu malaysia yang dapat anda pelajari.

GlobalLang Aplikasi Belajar Bahasa Melayu Malaysia

Aplikasi ini juga memiliki desain seperti games yang sangat menarik, sehingga anda tidak akan merasa bosan saat belajar menggunakan aplikasi ini.

Aplikasi ini juga mendukung penerjemahan kata dari Melayu Malaysua ke berbagai bahasa sekaligus (hingga 39 bahasa). Sangat menarik bukan?

Aplikasi dapat anda didownload DISINI.

Itulah 6 aplikasi yang kitatekno rekomendasikan bagi anda yang ingin belajar bahasa malaysia. Semoga artikel ini membantu anda ya. Selamat mencoba.

Leave a Comment