4 Tips Mengatasi Jaringan Internet Lemot Indosat Ooredoo Menjadi Lebih Cepat

Photo of author

By Fathimah Narifah

4 Tips Mengatasi Jaringan Internet Lemot Indosat Ooredoo Menjadi Lebih Cepat

KitaTekno.COM – Saat ini sedang frustasi karena jaringan internet lemot indosat? Anda adalah pengguna jaringan internet Indosat Ooredoo dan terkendala karena jaringan yang lambat? Mari kita intip tips apa saja yang bisa kita lakukan untuk mengatasi jaringan internet lemot indosat ini. Namun, sebelum kita menyelam lebih dalam, kita pelajari terlebih dahulu yuk mengenai jaringan indosat.

jaringan internet lemot indosat

PT Indosat Tbk (dikenal sebagai Indosat Ooredoo Hutchison), adalah salah satu perusahaan penyedia jasa telekomunikasi dan jaringan telekomunikasi di Indonesia. Perusahaan ini menawarkan saluran komunikasi untuk pengguna telepon genggam dengan pilihan prabayar maupun pascabayar dengan merek IM3 dan 3 (Tri), jasa lainnya yang disediakan adalah saluran komunikasi via suara untuk telepon tetap (fixed) termasuk sambungan langsung internasional IDD (International Direct Dialing). Indosat juga menyediakan layanan multimedia, internet dan komunikasi data (MIDI= Multimedia, Internet & Data Communication Services).

Pengguna Indosat sudah menyebar ke pelosok-pelosok daerah. Kita bisa menikmati layanannya dimanapun kita berada. Walaupun begitu, sebagaimana provider lainnya, terkadang ada kendala-kendala teknis yang membuat kita tidak nyaman menggunakannya, salah satunya adalah jaringan internet lemot indosat. Internet sudah jadi kebutuhan primer, provider yang baik akan memberikan kita kenyamanan dalam berselancar di internet, tentunya kendala teknis akan membuat kita tidak nyaman dan jengkel.

Sebelum mengutak-atik ponsel atau jaringan internet karena terkendala, pastikan sebagai pelanggan Indosat yang cerdas kita memperhatikan beberapa poin dibawah ini: 

  • Pastikan nomor Indosat yang digunakan masih aktif dan belum memasuki masa tenggang. Jika nomor Indosat memasuki masa tenggang, biasanya layanan-layanan yang tersedia tidak bisa diakses salah satunya adalah penggunaan internet.
  • Pastikan kuota internet Anda masih ada dan aktif. Segera cek menggunakan aplikasi MyIM3 atau tekan *123# di aplikasi telepon untuk mengetahui apakah kuota internet masih ada dan aktif. Biasanya kuota internet masih tersisa namun kita lupa menghitung hari aktif kuota, jadi pastikan selalu untuk cek kuota kamu ya.
  • Pastikan bahwa jaringan 3G/4G di HP aktif. 
  • Pastikan Anda berada di kawasan pelosok yang jauh dari jangkauan area jaringan Indosat.

Jika semua poin di atas sudah terpenuhi dan masih terkendala karena jaringan internet lemot indosat, kamu bisa menggunakan tips di bawah ini ya

Mengatasi Jaringan Internet Lemot Indosat

  1. Hidupkan mode airplane atau mode pesawat

Mengatasi Jaringan Internet Lemot Indosat

Cara pertama untuk mengurangi jaringan internet lemot indosat adalah dengan menghidupkan mode airplane atau mode pesawat. Jika Anda menggunakan mode airplane maka secara otomatis anda mematikan jaringan Indosat atau provider internet lainnya secara mendadak. Hal ini bisa dijadikan sebagai langkah ‘merestart’ kembali jaringan internet di HP Anda. Setelah beberapa lama silakan untuk nonaktifkan mode pesawat dan kembali menggunakan jaringan. Biasanya cara ini berhasil membuat jaringan internet lemot Indosat di HP jadi normal kembali.  

 

  1. Setting APN Indosat

Kedua untuk mengurangi jaringan internet lemot indosat Anda bisa melakukan pengaturan APN. Pengaturan APN Indosat ini biasanya menjadi cara yang paling umum untuk dilakukan saat atasi jaringan internet lemot indosat.

Silahkan untuk coba lakukan Pengaturan APN Indosat berikut sesuai dengan langkah dibawah:

  • Name: internet
  • APN: internet
  • Username: (dikosongkan saja)
  • Password: (dikosongkan saja)

 

  1. Restart HP Android

Masih terkendala jaringan internet lemot indosat setelah melakukan dua tips diatas? Yuk, Anda bisa mencoba restart HP agar sistem jaringan atau sinyal kembali terefresh.

 

  1. Cek pengaturan jaringan

Jika sudah merestart HP namun masih terkendala kembali pastikan bahwa kamu menggunakan jaringan sambung otomatis. Anda bisa lakukan cek pengaturan jaringan, nantinya Anda akan menemukan opsi seperti only 2G, only 3G, 3G/3G (sambung otomatis), dan LTE/3G/2G (sambung otomatis).

Sebaiknya Anda pilih opsi yang sambung otomatis, hal itu akan membuat HP menyesuaikan kondisi jaringan berdasarkan lokasi tertentu. Sehingga jika Anda adalah orang yang suka berpindah dari satu lokasi ke lokasi lainnya ini akan memudahkan HP untuk menyambungkan otomatis jaringan yang sudah kita atur sebelumnya.

 

Selamat mencoba tips-tips di atas ya. Pastikan untuk membagikan pengalaman kamu setelah menggunakan tips diatas. 

Berikut KitaTekno lampirkan artikel resmi dari Indosat Ooredoo perihal jaringan internet lemot indosat. Anda bisa klik langsung disini. Jika masih terkendala, tidak ada salahnya kalau Anda menghubungi pihak Indosat Ooredoo ya. Silakan kamu dapat menghubungi mereka di pusat layanan berikut:

  • Situs Web: https://im3.id/
  • WhatsApp : IM3 Official Whatsapp
  • myIM3 : Indira on myIM3
  • Twitter : @Indosatcare
  • Email : [email protected]
  • Call : 185 Untuk Pelanggan Prabayar Rp. 1000 Perpanggilan / Pascabayar (Gratis)

Leave a Comment