2 Cara Share Lokasi Google Map ke WA

Photo of author

By Fathimah Narifah

KitaTekno.COM – Cara share lokasi Google Map ke WA yang mudah dan tidak ribet. Saat ini Anda kesulitan ingin melakukan serlok (Share Location) tapi tidak tahu caranya? Artikel ini akan menjelaskan cara share lokasi Google Map ke WA dengan langkah-langkah yang mudah. Simak dan baca sampai habis ya.

Cara Share Lokasi Google Map ke WA

Whatsapp kita ketahui adalah salah satu aplikasi dengan pengguna terbesar. Banyak orang yang menggunakannya dengan range umur yang berbeda-beda. Dari mulai boomers, kaum milenial, generasi XYZ, bahkan mungkin anak-anak SD juga sudah menggunakannya karena kebutuhan pembelajaran semenjak pandemi. Pandemi membuat tingkat penggunaan WA bertambah.

Selain digunakan untuk berkomunikasi, Whatsapp  atau WA ini juga bisa digunakan untuk berbagai hal lainnya. Beberapa diantaranya adalah membagikan momen-momen penting melalui status, mengambil gambar dan membagikannya langsung, termasuk membagikan lokasi kita kepada orang lain melalui Google Map yang sudah terintegrasi dengan WA. Saat ini kita akan berfokus pada cara share lokasi google Map ke WA.

Fitur bawaan aplikasi mendukung untuk berbagi lokasi di WA secara real time. Sebelumnya pastikan dulu Anda sudah menyalakan fitur GPS pada HP sebelum membagikan lokasi Google Map di WA. Sebelum menerapkan cara berbagi lokasi di WhatsApp, pastikan fitur GPS dan Izin Lokasi sudah aktif. 

Cara share lokasi Google Map ke WA dimulai dengan Anda harus mengaktifkan izin lokasi untuk WA  di pengaturan HP. Cara untuk mengaktifkannya bisa mengikuti langkah-langkah yang ada di bawah ini:

  • Buka menu Aplikasi & notifikasi. 
  • Klik Aplikasi. 
  • Masuk ke Izin aplikasi. 
  • Klik Lokasi. 
  • Geser ikon hijau ke WhatsApp. 
  • Aplikasi dan fitur GPS HP sudah mengizinkan WhatsApp untuk akses lokasi. 

Setelah berhasil diaktifkan barulah Anda bisa berbagi lokasi Anda menggunakan Google Map kepada teman atau kerabat di WA. 

Sebagai catatan cara share lokasi Google Map ke WA, Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut untuk lebih mudahnya ya. Ada dua cara dengan menggunakan fitur bawaan WA dan juga langsung menggunakan aplikasi Google Map (Maps).

Cara berbagi lokasi di WhatsApp 

  1. Cara Share Lokasi Google Map ke WA lewat fitur bawaan Aplikasi WA

Anda tentu sudah sangat akrab dengan WA dan ingin mencoba fitur share location yang ada di WA. Berikut akan dijabarkan dengan singkat caranya ya. Pertama, Anda bisa ikuti cara berbagi lokasi di WhatsApp pada fitur bawaan dalam percakapan: 

  1. Buka WhatsApp. 
  2. Buka chat pribadi atau grup. 
  3. Klik logo klip atau Lampiran. 
  4. Klik Lokasi. 
  5. Klik Berbagi lokasi terkini. 
  6. Pilih periode waktu tertentu. 
  7. Berbagi lokasi di WhatsApp berhasil sesuai periode. 

Menggunakan WA sebagai aplikasi pertama untuk membagikan lokasi di Google Maps harus sangat teliti dan memang memahami lokasi kita saat itu. Fitur ini sangat mempermudah kita, namun terkadang keakuratannya masih belum sempurna jadi ada kalanya titik lokasi kita jauh dari titik yang terbaca di WA. Lebih baik menggunakan Google Maps terlebih dahulu. 

 

  1. Cara Share Lokasi Google Map ke WA  lewat Aplikasi Maps

Bagi kamu yang ingin membagikan sebuah lokasi yang ada di Google Maps, kamu bisa menggunakan cara berikut ini. 

  1. Buka Google Maps.
  2. Tap kolom Search here, lalu ketik lokasi yang ingin Anda bagikan. Silakan menuliskannya dengan komplit dari mulai nama jalan, nomor rumah (jika ada), RT/RW, Kelurahan, Kecamatan, dan kotanya. Hal ini akan memudahkan agar lokasi yang Anda pilih sesuai real time dengan lokasi Anda saat ini.
  3. Nantinya Kamu akan melihat ringkasan singkat berupa alamat, dan beberapa foto, di bagian bawah ringkasan tersebut. Jika sudah sesuai silahkan, tap ikon bagikan/share.
  4. Dilayar akan muncul pilihan aplikasi yang bisa digunakan untuk membagikan lokasi pada aplikasi Maps. Jika ingin membagikannya menggunakan Whatsapp silahkan untuk pilih Whatsapp.
  5. Pilih kontak temanmu, secara otomatis akan muncul nama tempat, dan tautan lokasi yang ingin kamu bagikan di kolom chat.
  6. Kamu bisa menambahkan kata atau keterangan pada pesan yang ingin kamu kirimkan, tetapi jangan sampai mengubah tautan yang sudah otomatis muncul, ya. Jika sudah, tap ikon kirim.
  7. Selesai. Saat ini lokasi sudah berhasil dibagikan kepada kontak WA Anda.

Jika Anda ingin berhenti berbagi lokasi di WhatsApp, pengguna bisa klik Stop atau Berhenti share location secara real time. Sebelum berbagi lokasi di WhatsApp, pastikan titik pada maps atau peta sudah sesuai. Beberapa cara berbagi lokasi di WhatsApp bisa dilakukan dengan mudah dan praktis.

 

Leave a Comment