7 Langkah Mudah Cara Screenshot HP Vivo

Photo of author

By Fathimah Narifah

7 Langkah Mudah Cara Screenshot HP Vivo

Ingin tahu langkah mudah cara screenshot HP Vivo? Sebagai pengguna baru, tentu keingintahuan mengenai cara penggunaan HP akan menjadi hal yang menyenangkan. Bereksplorasi menggunakan aplikasi-aplikasi yang terdapat di HP, termasuk mengetahui cara mengambil gambar layar atau biasa disebut dengan screenshot. Pada artikel kali ini Kita Tekno akan menjelaskan langkah mudah cara screenshot HP Vivo.

vivo adalah perusahaan teknologi yang membuat produk hebat berdasarkan nilai yang didorong oleh desain, dengan perangkat pintar dan layanan cerdas sebagai intinya. Vivo sendiri sudah menguasai pangsa pasar elektronik khusus smartphone di indonesia. Anda juga pasti salah satu dari sekian orang yang jatuh hati dan akhirnya memilih Vivo untuk menemani keseharian Anda. 

Umumnya, tipe HP Vivo yang sudah menggunakan sistem operasi Funtouch OS 3.1 ke bawah memiliki kesamaan metode dalam menangkap layar. Jadi, Anda bisa mencoba menggunakan cara-cara dibawah ini untuk melakukan screen capture atau screenshot pada HP Vivo Anda. Pastikan bahwa sistem operasi Anda sudah memadai ya. 

Ternyata ada banyak cara screenshot HP Vivo, Kita Tekno sudah merangkumnya menjadi tujuh cara yang akan memudahkan Anda. Berikut ini adalah masing-masing uraian dari cara screenshot HP Vivo untuk semua tipe.

Cara Screenshot HP Vivo Semua Tipe

Seperti yang sudah dijelaskan, ada berbagai macam cara screenshot HP Vivo untuk semua tipe, di antaranya adalah sebagai berikut:

  1. Cara Screenshot HP Vivo dengan 3 Jari

Berikut cara melakukan tangkapan layar di ponsel Vivo menggunakan tiga jari: 

  • Tentukan bagian layar yang akan ditangkap. Misalnya, Anda akan menangkap tampilan layar pada peramban, maka pastikan jendela ponselmu sedang aktif pada tampilan peramban.
  • Kemudian, gerakkan tiga jari Anda dari bawah ke atas layar. 
  • Jika sudah, hasil tangkapan layar akan langsung tersimpan dalam galeri ponsel Anda.

 

  1. Cara Screenshot Vivo dengan Tombol Home dan Power

Cukup dengan menekan tombol ‘Home’ dan ‘Power’ secara bersamaan, maka hasil tangkapan layar akan langsung tersimpan pada galeri ponsel.

 

  1. Cara Screenshot di HP Vivo dengan Tombol Volume dan Power

Berikut melakukan tangkapan layar pada ponsel Vivo dengan menekan tombol volume turun dan power secara bersamaan:

  • Pastikan ponsel Vivo dalam kondisi aktif. Setelah itu, tentukan area layar yang akan ditangkap tampilannya. Tekan tombol volume turun dan power secara bersamaan.
  • Tunggu beberapa saat, hingga tangkapan layar berhasil dilakukan dan muncul pemberitahuan pada bar notifikasi.
  • Setelah itu, Anda bisa langsung membuka galeri pada ponsel untuk melihat hasil tangkapan layar yang telah dilakukan.

 

  1. Gunakan Fitur Super Screenshot

Berikut cara melakukan tangkapan layar pada ponsel Vivo dengan fitur default yaitu Super Screenshot:

  • Pilih area layar yang akan ditangkap tampilannya. Setelah itu, usapkan satu jari dari bawah ke atas layar hingga muncul beberapa opsi seperti ‘Record Screenshot’, ‘Rectangular’, ‘Long Screenshot’, dan ‘Funny Screenshot’.
  • Pilih salah satu opsi tangkapan layar tersebut sesuai kebutuhan. Untuk menangkap layar secara penuh, pilih opsi ‘Rectangular Screenshot’ dan sebagainya.
  • Lanjutkan dengan klik ‘Save’. Kemudian akan muncul pemberitahuan pada bar notifikasi jika hasil tangkapan layar Anda telah berhasil dilakukan. Setelah itu, Anda bisa mengecek hasil screenshot di galeri ponsel.

 

  1. Screen Capture and Recorder

Aplikasi screenshot untuk HP Vivo adalah Screen Capture and Recorder. Anda bisa mengunduhnya lewat Google Play Store. Cara menggunakannya cukup mudah dan tidak jauh berbeda dengan fitur bawaan dari HP Vivo. Selain itu, Anda dapat memotong, mengekstrak bingkai, hingga mengompres hasil tangkapan tersebut. 

cara screenshot hp vivo

Sumber: Play Store

Silakan klik disini untuk menginstall aplikasi tersebut di Google Play ya.

 

  1. Assistive Touch for Android

Aplikasi pihak ketiga selain di atas adalah Assistive Touch for Android yang memiliki cara kerja kurang lebih sama seperti fitur default di iOS, Anda bisa melakukan screenshot sekaligus screen recorder.

cara screenshot HP vivo

Sumber: Play Store

Silakan klik disini untuk menginstall aplikasi tersebut di Google Play ya

 

  1. ScreenMaster

Selanjutnya ada aplikasi yang multifungsi selain screenshot. Bahkan, saat melakukan tangkapan layar masih bisa berinternet. Aplikasi ini adalah ScreenMaster yang bisa Anda unduh di Google Play Store.

cara screenshot hp vivo

Sumber: Play Store

Silakan klik disini untuk menginstall aplikasi tersebut di Google Play ya.

Nah, sekian artikel mengenai cara screenshot HP Vivo yang sudah dirangkum oleh Kita Tekno. Semoga bermanfaat dan bagikan pengalaman kamu dalam menggunakan tips dan trik kami di kolom komentar ya.

Leave a Comment