Cara Mengunci Aplikasi Instagram

Photo of author

By Iqbal

Cara Mengunci Aplikasi Instagram – Media sosial memang sudah menjadi kebutuhan hidup sehari-hari. Salah satunya Instagram. Siapa yang tidak tahu Instagram? Tidak dapat dipungkiri aplikasi yang memiliki beragam fitur di dalamnya ini telah menarik banyak pengguna di dunia, salah satunya Indonesia.

Untuk menjaga keamanan foto, video, serta pesan pribadi yang terdapat di dalam aplikasi Instagram agar tidak disalahgunakan oleh sembarang orang. Maka, menjaga privasi dengan cara mengunci aplikasi Instagram dapat anda lakukan.

4 Aplikasi Yang Dapat Membantu Anda Untuk Mengunci Aplikasi Instagram

Semakin banyak orang yang bergabung dengan platform media sosial Instagram, privasi kita menjadi semakin penting. Terkadang, Anda mungkin ingin menjaga beberapa aspek kehidupan digital Anda agar tetap pribadi. Dalam artikel ini, kami akan membahas cara mengunci aplikasi Instagram langkah demi langkah. Dengan mengikuti panduan ini, Anda dapat merasa lebih aman dan nyaman saat menggunakan Instagram.

1. Ultra AppLock

cara mengunci aplikasi instagram

Cara mengunci aplikasi instagram yang pertama adalah Ultra Applock. Applock ini biasa digunakan untuk mengunci aplikasi yang ada pada ponsel android agar orang lain tidak dapat membuka atau mengakses aplikasi anda. Salah satu keunggulan Ultra Applock adalah mampu membuat aplikasi yang dikunci terlihat seperti kalkulator, lho!

Selain didukung dengan fitur hemat baterai, ultra applock juga dapat mengambil foto wajah jika ada yang akan membobol aplikasimu. Bahkan pola kunci juga akan berubah menjadi pesan error saat ada yang ingin membobol aplikasi di handphone anda.

Gak perlu lagi deh khawatir informasi anda dapat diakses oleh sembarang orang. Menarik bukan? Anda bisa download aplikasi Ultra applock di Play Store.

Cara mengunci aplikasi instagram menggunakan Ultra Applock:

  1. Buka Google Play Store, dan cari Ultra Applock
  2. Klik “Instal” atau “Unduh”
  3. Jika sudah selesai diunduh, ikuti petunjuk agar mampu membuat pola atau memasukkan PIN yang digunakan untuk membuka kunci aplikasi
  4. Selanjutnya klik “Add Apps” atau tombol (+) untuk memilih aplikasi yang akan dikunci
  5. Setelah memilih aplikasi mana yang ingin dikunci, silakan pilih opsi penguncian (PIN, pola, sidik jari) yang ingin digunakan
  6. Aktifkan tombol “ON” atau geser ke posisi “ON” untuk mengaktifkan kunci aplikasi untuk Instagram

2. Norton Applock

cara mengunci aplikasi instagram

Cara mengunci aplikasi instagram selanjutnya adalah aplikasi yang sudah tidak asing lagi di kalangan pengguna android ini bisa jadi pilihan anda untuk menjaga privasi aplikasi Instagram dengan mengunci aplikasi menggunakan pola PIN, sidik jari, atau kata sandi.

Tidak hanya berfungsi sebagai proteksi aplikasi seperti Instagram, tetapi aplikasi ini juga mampu melindungi folder serta berkas penting lainnya yang ada di ponsel anda.

Cara mengunci aplikasi instagram menggunakan Norton Applock:

  1. Buka Google Play Store dan cari Norton applock
  2. Unduh Norton applock dengan cara klik Install
  3. Buka aplikasi, kemudian lihat License Agreement, Term of Use, and the Privacy Policy, lalu klik Agree & Launch
  4. Ketika dimintai izin pada aplikasi, pilih OK
  5. Pilih pola atau pin yang akan digunakan untuk membuka kunci aplikasi yang kamu pilih
  6. Dalam Norton applock, anda akan melihat daftar aplikasi yang terinstal di perangkat kamu
  7. Cari aplikasi Instagran dan klik “Instagram” dari daftar aplikasi
  8. Aktifkan tombol ON atau geser ke posisi ON di sebelah “Instagram” untuk mengaktifkan kunci aplikasi untuk Instagram
  9. Keluar dari Norton App Lock dan coba buka aplikasi Instagram. Anda akan diminta untuk memasukkan pola atau PIN yang sudah anda atur sebelumnya.

3. Applock Pro – App Lock & Guard by Eywin Apps

cara mengunci aplikasi instagram

Cara mengunci aplikasi instagram yang terakhir yakni dapat menjadi pilihan anda untuk melindungi atau mengunci aplikasi Instagram adalah Applock Pro. Aplikasi milik Eyewin Apps ini menjadi aplikasi dengan rating cukup tinggi di Google Play Store.

Bagaimana tidak, fiturnya yang lengkap, serta bukan hanya aplikasi sosial media seperti Instagram saja yang dapat dikunci, melainkan aplikasi chatting juga dapat dikunci. Si pembobol juga akan tertangkap kamera saat mencoba membuka aplikasi anda yang terkunci, serta menyimpannya.

So, gak perlu khawatir lagi dengan fitur yang canggih, anda jadi bisa tahu siapa yang mencoba membuka aplikasi tersebut, sehingga aplikasimu terlindungi dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Anda juga bisa temukan aplikasi Applock Pro di Google Play Store dan App Store, ya!

Cara mengunci aplikasi instagram menggunakan Applock Pro:

  1. Buka Google Play Store atau App Store
  2. Cari “Applock Pro” lalu unduh atau install aplikasi ini
  3. Buka Applock Pro dari layar beranda atau menu aplikasi anda
  4. Pilih opsi untuk membuat pola, PIN, kata sandi, fingerprint, atau kode ketukan yang akan digunakan untuk membuka kunci aplikasi
  5. Pilih opsi untuk menambahkan aplikasi atau aplikasi yang ingin anda kunci
  6. Pilih “Instagram”
  7. Pilih pengaturan keamanan (pola, PIN, atau kata sandi) yang akan digunakan untuk mengunci Instagram.
  8. Aktifkan tombol atau geser ke posisi ON untuk mengaktifkan penguncian aplikasi untuk Instagram.

Simpulan

Itulah 3 cara mengunci aplikasi Instagram dengan langkah-langkah yang cukup mudah untuk menggunakannya jadi anda tak perlu lagi khawatir informasi tersebut akan disalah gunakan oleh orang lain. Karena dengan menggunakan aplikasi pihak ketigas seperti Ultra Applock, Norton applock, dan Applock pro, jadi Instagram anda akan aman dari pembobol.

 

FAQ (Pertanyaan yang sering diajukan)

  1. Apakah Bisa Menggunakan Pola atau PIN untuk Mengunci Instagram? Instagram tidak memiliki fitur untuk mengunci akun menggunakan pola atau PIN. Instagram lebih cenderung menggunakan kata sandi. Namun, kamu bisa menggunakan aplikasi ketiga untuk dapat mengunci aplikasi Instagram kamu menggunakan pola atau PIN.
  1. Apakah Ada Aplikasi Pihak Ketiga untuk Mengunci Instagram? Ya, terdapat beberapa aplikasi ketiga yang memungkinkan pengguna untuk mengunci atau mengamankan Instagram kamu. Misalnya Keeplock, Ultra Applock, Applock pro, dan lain-lain.
  1. Apakah Mengunci Aplikasi Instagram Dapat Melindungi Data Pribadi? Mengunci aplikasi Instagram menggunakan fitur keamanan yang disediakan oleh aplikasi Instagram itu sendiri atau pun aplikasi pihak ketiga dapat melindungi data pribadi, meskipun tidak sepenuhnya melindungi data pribadi secara keseluruhan.
  2. Apa yang harus saya lakukan jika saya lupa kata sandi untuk aplikasi Instagram yang terkunci? Jika Anda lupa kata sandi, Anda dapat mengikuti petunjuk pemulihan kata sandi di aplikasi Instagram.
  3. Apakah autentikasi dua faktor wajib untuk mengunci aplikasi Instagram? Autentikasi dua faktor tidak wajib, tetapi sangat dianjurkan untuk meningkatkan keamanan akun Anda.

Leave a Comment