Cara Screenshot iPhone, Ternyata ada berbagai cara

Photo of author

By AdminTekno

Kita Tekno – Apakah kamu pengguna iPhone yang ingin tahu cara screenshot iPhone? Jika ya, maka anda berada di artikel yang tepat. Screenshot adalah salah satu fituyang sangat berguna di iPhone, karena bisa membantu kalian ketika ingin mengabadikan apa yang ada di layar ponsel. Dalam hal ini Maka bisa menggunakan screenshot untuk berbagai keperluan, misalnya untuk menyimpan informasi penting, berbagi momen lucu, atau membuat tutorial.

Namun, tidak semua orang tahu cara screenshot iPhone dengan mudah dan cepat. Ada beberapa langkah yang harus dilakukan untuk bisa screenshot iPhone, tergantung dari model dan versi iPhone kalian. Jika salah melakukan langkah, jelas bisa gagal screenshot atau bahkan merusak iPhone.

Oleh karena itu, di artikel ini, saya akan memberikan panduan lengkap dan mudah untuk cara screenshot iPhone. Saya akan menjelaskan cara screenshot iPhone untuk berbagai model dan versi iPhone, mulai dari iPhone X, iPhone 11, iPhone 12, hingga iPhone 13. Saya juga akan memberikan tips dan trik untuk mengedit, menyimpan, dan berbagi screenshot iPhone anda.

Yuk, simak artikel ini sampai habis, dan jangan lupa untuk mencoba cara screenshot iPhone yang saya berikan. Saya yakin anda akan bisa screenshot iPhone dengan mudah dan cepat setelah membaca artikel ini.

Cara Screenshot iPhone X, iPhone 11, iPhone 12, dan iPhone 13

iPhone X, iPhone 11, iPhone 12, dan iPhone 13 adalah model iPhone terbaru yang tidak memiliki tombol home. Oleh karena itu, cara screenshot iPhone untuk model ini berbeda dengan cara screenshot iPhone untuk model sebelumnya. Berikut adalah cara screenshot iPhone untuk model ini:

  • Buka aplikasi atau halaman web yang ingin di screenshot.
  • Tekan dan tahan tombol power yang ada di sisi kanan, lalu tekan tombol volume up yang ada di sisi kiri iPhone secara bersamaan. Jangan tekan terlalu lama, cukup sebentar saja.
  • Lepaskan kedua tombol secara bersamaan, dan akan melihat layar iPhone berkedip dan mendengar suara klik. Ini menandakan bahwa berhasil screenshot iPhone.
  • Kalian akan melihat thumbnail screenshot muncul di sudut kiri bawah layar perangkat. Kalian bisa mengabaikan thumbnail ini jika tidak ingin mengedit atau berbagi screenshot. Thumbnail ini akan hilang setelah beberapa detik.
  • Sebaliknya apabila ingin mengedit atau berbagi capture layar, maka bisa mengetuk thumbnail screenshot . Kamu akan dibawa ke halaman edit screenshot, di mana anda bisa memotong, menambahkan teks, gambar, atau bentuk, dan mengatur warna atau opasitas capture layar tersebut
  • Jika sudah selesai mengedit screenshot silahkan mengetuk tombol done yang ada di pojok kiri atas halaman edit screenshot. Kamu akan diminta untuk memilih apakah ingin menyimpan screenshot di foto atau menghapusnya.
  • Ketika ingin berbagi hasil capture layar maka bisa mengetuk tombol share yang ada di pojok kanan atas halaman edit screenshot. Kamu akan melihat berbagai pilihan untuk berbagi screenshot , misalnya melalui pesan, email, sosial media, atau aplikasi lainnya. Pilih pilihan yang diinginkan, dan ikuti langkah-langkah yang muncul.

Cara Scan Kode QR iPhone dengan Mudah dan Cepat

Cara Screenshot iPhone 8, iPhone 7, iPhone 6, dan iPhone SE

iPhone 8, iPhone 7, iPhone 6, dan iPhone SE adalah model iPhone yang masih memiliki tombol home. Oleh karena itu, cara screenshot iPhone untuk model ini sama dengan cara screenshot iPhone untuk model sebelumnya. Berikut adalah cara screenshot iPhone untuk model ini:

  • Buka aplikasi atau halaman web yang ingin di screenshot.
  • Tekan dan tahan tombol power yang ada di sisi kanan atau kiri iPhone, lalu tekan tombol home yang ada di bagian bawah secara bersamaan. Jangan tekan terlalu lama, cukup sebentar saja.
  • Lepaskan kedua tombol secara bersamaan, maka akan melihat layar berkedip dan mendengar suara klik. Ini menandakan berhasil screenshot.
  • Biasanya muncul thumbnail screenshot di sudut kiri bawah layar . Dan akan hilang setelah beberapa detik.
  • Jika ingin mengedit atau berbagi screenshot,silahkan ketuk thumbnail screenshot . Maka akan diarahkan ke halaman edit screenshot, di mana kalian bisa memotong, menambahkan teks, gambar, atau bentuk, dan mengatur warna atau opasitas screenshot anda.
  • Jika sudah selesai mengedit ,tap tombol done yang ada di pojok kiri atas halaman edit screenshot. Kalian akan diminta untuk memilih apakah ingin menyimpan gambar di foto atau menghapusnya.
  • Dan Apabila ingin dibagikanb, klikl share yang ada di pojok kanan atas halaman edit screenshot. Maka kamu akan dihadapkan berbagai pilihan untuk berbagi screenshot anda, misalnya melalui pesan, email, sosial media, atau aplikasi lainnya. Pilih pilihan yang diinginkan, dan ikuti langkah-langkah yang muncul.

Tips dan Trik untuk Screenshot iPhone

Selain cara screenshot iPhone yang sudah saya jelaskan di atas, ada beberapa tips dan trik yang bisa digunakan untuk screenshot iPhone dengan lebih mudah dan cepat. Berikut adalah beberapa tips dan trik yang bisa dicoba:

  • Jika kalian ingin screenshot iPhone tanpa suara, maka bisa menyalakan mode diam atau silent di iPhone kalian. Caranya adalah dengan menekan tombol silent yang ada di sisi kiri iPhone. Maka akan melihat ikon lonceng dengan garis merah muncul di layar iPhone. Ini menandakan bahwa perangkat sudah dalam mode diam atau silent.
  • Jika ingin screenshot iPhone tanpa thumbnail, maka bisa menggeser thumbnail screenshot ke kiri. Caranya adalah dengan mengetuk dan menahan thumbnail screenshot, lalu menggesernya ke kiri. Thumbnail akan hilang, dan proses screenshot akan langsung tersimpan di foto.
  • Dan apabila proses capture layar  iPhone secara otomatis, maka  bisa menggunakan fitur back tap di iPhone kamu. Fitur back tap adalah fitur yang bisa membuat iPhone anda melakukan aksi tertentu dengan mengetuk bagian belakang iPhone. Kalian bisa mengatur fitur back tap untuk screenshot iPhone dengan cara berikut:
    • Buka menu settings atau pengaturan di iPhone kalian.
    • Pilih menu accessibility atau aksesibilitas.
    • Pilih menu touch atau sentuh.
    • Gulir ke bawah dan pilih menu back tap atau ketuk belakang.
    • Pilih double tap atau triple tap, tergantung dari berapa kali ingin mengetuk belakang iPhon untuk screenshot.
    • Pilih screenshot dari daftar aksi yang tersedia.
    • Selesai. Sekarang kalian  bisa screenshot iPhone dengan mengetuk belakang iPhone anda dua kali atau tiga kali, tergantung dari pilihan kamu.

Cara Membuat Akun iCloud dan Menautkannya ke iPhone, iPad, iPod, dan Perangkat Apple Lainnya

Kesimpulan

Itulah tadi tentang cara screenshot iPhone . Saya harap artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan tentang iPhone. Jika memiliki pertanyaan, saran, atau kritik, silahkan tulis di kolom komentar di bawah. Terima kasih telah membaca artikel ini sampai habis. Sampai jumpa di artikel selanjutnya!

Leave a Comment