Bahasa Jepang yang Sering Digunakan: Kosa Kata, Frasa, dan Ungkapan

Photo of author

By AdminTekno

Bahasa Jepang yang Sering Digunakan – Bahasa Jepang adalah bahasa resmi di Jepang dengan jumlah pengguna sekitar 127 juta jiwa. Bahasa Jepang terbagi menjadi dua bentuk, yaitu Hyoujungo (標準語), pertuturan standar, dan Kyoutsugo (共通語), pertuturan umum. Bahasa Jepang juga memiliki sejumlah besar dialek dengan dialek Tokyo yang dianggap Jepang standar.

Bahasa Jepang ditulis dengan menggunakan kombinasi aksara Kanji (かんじ / 漢字), aksara Hiragana (ひらがな / 平仮名), dan aksara Katakana (カタカナ / 片仮名). Kanji dipakai untuk menyatakan arti dasar dari kata (baik berupa kata benda, kata kerja, kata sifat, atau kata sandang). Sedangkan hiragana ditulis sesudah kanji untuk mengubah arti dasar dari kata tersebut, dan menyesuaikannya dengan peraturan tata bahasa Jepang. Katakana digunakan untuk menulis kata-kata pinjaman dari bahasa asing, nama-nama orang atau tempat, atau kata-kata yang ingin ditekankan.

Bahasa Jepang memiliki tata bahasa yang berbeda dengan bahasa Indonesia. Bahasa Jepang menggunakan pola kalimat S-O-V (Subjek-Objek-Predikat), sedangkan bahasa Indonesia menggunakan pola kalimat S-P-O (Subjek-Predikat-Objek).

Bahasa Jepang juga menggunakan partikel untuk menunjukkan fungsi dari kata-kata dalam kalimat, seperti は (wa) untuk topik, が (ga) untuk subjek, を (o) untuk objek, に (ni) untuk tujuan, で (de) untuk tempat, と (to) untuk dan, から (kara) untuk dari, まで (made) untuk sampai, dan sebagainya.

Mengapa Harus Belajar Bahasa Jepang yang Sering Digunakan?

Bahasa Jepang yang sering digunakan

Belajar bahasa Jepang yang sering digunakan bisa memberikan kamu banyak manfaat, seperti:

1. Meningkatkan kemampuan bahasa Jepang.

Dengan belajar bahasa Jepang yang sering dipakai, kamu bisa meningkatkan kosakata, tata bahasa, dan keterampilan berbicara, mendengar, membaca, dan menulis dalam bahasa Jepang. Kamu juga bisa mempelajari nuansa, intonasi, dan ekspresi yang terkait dengan Hal tersebut.

2. Memudahkan komunikasi dan interaksi.

Dengan mempelajari bahasa jepang umum, kamu bisa memudahkan komunikasi dan interaksi dengan orang Jepang yang menggunakan bahasa Jepang yang umum digunakan dalam percakapan sehari-hari. Kamu bisa berbagi informasi, pendapat, atau perasaan tentang sesuatu dengan menggunakan bahasa Jepang  umum dipakai. Kamu juga bisa menonton, mendengarkan, atau membaca berita, acara, atau media sosial yang menggunakan bahasa Jepang umum.

3. Membuka peluang dan kesempatan.

Dengan belajar bahasa Jepang yang sering digunakan, kamu bisa membuka peluang dan kesempatan untuk belajar, bekerja, atau berbisnis di bidang yang menggunakan bahasa Jepang yang sering digunakan dalam komunikasinya. Kamu bisa mengikuti kursus, seminar, atau workshop yang menggunakan bahasa Jepang yang sering digunakan. Kamu juga bisa melamar pekerjaan, magang, atau beasiswa yang menggunakan bahasa Jepang yang sering digunakan sebagai salah satu syaratnya.

Kamar Mandi Dalam bahasa Jepang dan Kosakata Peralatan dan Perlengkapanya

Bagaimana Cara Belajar Bahasa Jepang yang Sering Digunakan?

Untuk belajar bahasa Jepang yang sering digunakan, kamu bisa menggunakan beberapa cara yang menarik dan interaktif, yaitu:

Menghafal kosa kata yang berkaitan dengan bahasa Jepang yang sering digunakan.

Ini adalah cara yang paling dasar dan penting untuk belajar bahasa Jepang yang sering digunakan. Kamu bisa menghafal kosa kata yang berkaitan dengan bahasa Jepang yang sering digunakan, seperti kanji, hiragana, katakana, romaji, arti, dan level JLPT dari kosa kata tersebut.

Kamu bisa menggunakan kartu kata, aplikasi, atau buku untuk menghafal kosa kata yang berkaitan dengan bahasa Jepang yang sering digunakan.

Membuat contoh kalimat yang berkaitan dengan bahasa Jepang yang sering digunakan.

Ini adalah cara yang paling efektif dan praktis untuk belajar bahasa Jepang yang sering digunakan. Kamu bisa membuat contoh kalimat yang berkaitan dengan bahasa Jepang yang sering digunakan, seperti memperkenalkan bahasa Jepang yang sering digunakan, menggunakan bahasa Jepang yang sering digunakan, atau memberi komentar tentang bahasa Jepang yang sering digunakan. Kamu bisa menggunakan tata bahasa, pola kalimat, atau ungkapan yang sesuai dengan situasi dan konteks bahasa Jepang yang sering digunakan.

Menonton, mendengarkan, atau membaca sumber-sumber yang berkaitan dengan bahasa Jepang yang sering digunakan.

Ini adalah cara yang paling menyenangkan dan bermanfaat untuk belajar bahasa Jepang yang sering digunakan. Kamu bisa menonton, mendengarkan, atau membaca sumber-sumber yang berkaitan dengan bahasa Jepang yang sering digunakan, seperti video, podcast, artikel, atau buku. Kamu bisa memilih sumber-sumber yang sesuai dengan minat, level, atau tujuan kamu dalam belajar bahasa Jepang yang sering digunakan.

Untuk lebih jelasnya, mari kita simak daftar kosa kata, contoh kalimat, dan sumber-sumber yang berkaitan dengan bahasa Jepang yang sering digunakan berikut ini.

Ucapan Pernikahan Bahasa Jepang, Cara Mengungkapkan Rasa Bahagia dan Doa Terbaik

Daftar Kosa Kata Bahasa Jepang yang Sering Digunakan

Berikut ini adalah beberapa contoh kosa kata bahasa Jepang yang sering digunakan yang tergolong level dasar bahasa Jepang. Kosa kata ini dibagi menjadi beberapa kategori, yaitu kosa kata tentang sapaan, kosa kata tentang pekerjaan, kosa kata tentang sekolah, kosa kata tentang keluarga, kosa kata tentang binatang, dan kosa kata tentang makanan.

Kosa Kata tentang Sapaan

Kosa kata tentang sapaan adalah kosa kata yang digunakan untuk menyapa orang lain dalam bahasa Jepang. Kosa kata ini biasanya digunakan ketika berbicara, menulis, atau membaca tentang sapaan dalam bahasa Jepang. Berikut adalah tabel kosa kata tentang sapaan dalam bahasa Jepang.

Bahasa JepangBahasa IndonesiaHiragana/KatakanaKanjiJLPT
こんにちはSelamat siangこんにちは今日はN5
こんばんはSelamat malamこんばんは晩はN5
おはようございますSelamat pagiおはようございますお早うございますN5
おはようSelamat pagiおはようお早うN5
さようならSelamat tinggalさようなら再見N5
ありがとうTerima kasihありがとう有難うN5
すみませんMaafすみません済みませんN5
ごめんなさいMaafごめんなさい御免なさいN5
おつかれさまSelamat bekerja kerasお疲れ様お疲れ様N5
いただきますTerima kasih atas makananいただきます頂きますN5

Catatan: JLPT adalah akronim untuk Japanese Language Proficiency Test, dan level N5 adalah level paling dasar dalam ujian tersebut.

Kosa Kata tentang Pekerjaan

Kosa kata tentang pekerjaan adalah kosa kata yang digunakan untuk menyebut pekerjaan atau profesi dalam bahasa Jepang. Kosa kata ini biasanya digunakan ketika berbicara, menulis, atau membaca tentang pekerjaan dalam bahasa Jepang. Berikut adalah tabel kosa kata tentang pekerjaan dalam bahasa Jepang.

Bahasa JepangBahasa IndonesiaHiragana / KatakanaKanjiJLPT
いしゃdokterいしゃ / イシャ医者N5
かんごしperawatかんごし / カンゴシ看護師N4
せんせいguruせんせい / センセイ先生N5
がくせいsiswa / mahasiswaがくせい / ガクセイ学生N5
しゅふibu rumah tanggaしゅふ / シュフ主婦N4
かいしゃいんpegawaiかいしゃいん / カイシャイン会社員N4
しょうぼうしpemadam kebakaranしょうぼうし / ショウボウシ消防士N4
けいさつかんpolisiけいさつかん / ケイサツカン警察官N4
べんごしpengacaraべんごし / ベンゴシ弁護士N4
かしゅpenyanyiかしゅ / カシュ歌手N4

Kosa Kata tentang Sekolah

Kosa kata tentang sekolah adalah kosa kata yang digunakan untuk menyebut hal-hal yang berkaitan dengan sekolah dalam bahasa Jepang. Kosa kata ini biasanya digunakan ketika berbicara, menulis, atau membaca tentang sekolah dalam bahasa Jepang. Berikut adalah tabel kosa kata tentang sekolah dalam bahasa Jepang.

Bahasa JepangBahasa IndonesiaHiragana / KatakanaKanjiJLPT
がっこうsekolahがっこう / ガッコウ学校N5
きょうしつkelasきょうしつ / キョウシツ教室N5
せんせいguruせんせい / センセイ先生N5
がくせいsiswa / mahasiswaがくせい / ガクセイ学生N5
ともだちtemanともだち / トモダチ友達N5
しゅくだいpekerjaan rumahしゅくだい / シュクダイ宿題N5
しけんujianしけん / シケン試験N5
てんすうnilaiてんすう / テンスウ点数N4
きょうかしょbuku pelajaranきょうかしょ / キョウカショ教科書N4
ぶんかさいfestival budayaぶんかさい / ブンカサイ文化祭N4

Kosa Kata tentang Keluarga

Kosa kata tentang keluarga adalah kosa kata yang digunakan untuk menyebut anggota keluarga dalam bahasa Jepang. Kosa kata ini biasanya digunakan ketika berbicara, menulis, atau membaca tentang keluarga dalam bahasa Jepang. Berikut adalah tabel kosa kata tentang keluarga dalam bahasa Jepang.

Bahasa JepangBahasa IndonesiaHiragana / KatakanaKanjiJLPT
かぞくkeluargaかぞく / カゾク家族N5
おとうさんayahおとうさん / オトウサンお父さんN5
おかあさんibuおかあさん / オカアサンお母さんN5
おにいさんkakak laki-lakiおにいさん / オニイサンお兄さんN5
おねえさんkakak perempuanおねえさん / オネエサンお姉さんN5
おとうとadik laki-lakiおとうと / オトウトN5
いもうとadik perempuanいもうと / イモウトN5
そふkakekそふ / ソフ祖父N4
そぼnenekそぼ / ソボ祖母N4
おじpamanおじ / オジ伯父 / 叔父N4

Kosa Kata tentang Binatang

Kosa kata tentang binatang adalah kosa kata yang digunakan untuk menyebut binatang dalam bahasa Jepang. Kosa kata ini biasanya digunakan ketika berbicara, menulis, atau membaca tentang binatang dalam bahasa Jepang. Berikut adalah tabel kosa kata tentang binatang dalam bahasa Jepang.

Bahasa JepangBahasa IndonesiaHiragana / KatakanaKanjiJLPT
どうぶつbinatangどうぶつ / ドウブツ動物N5
いぬanjingいぬ / イヌN5
ねこkucingねこ / ネコN5
うさぎkelinciうさぎ / ウサギN4
さるmonyetさる / サルN4
とりburungとり / トリN5
さかなikanさかな / サカナN5
くじらpausくじら / クジラN4
ぞうgajahぞう / ゾウN4
きりんjerapahきりん / キリン麒麟N4

Kosa Kata tentang Makanan

Kosa kata tentang makanan adalah kosa kata yang digunakan untuk menyebut makanan dalam bahasa Jepang. Kosa kata ini biasanya digunakan ketika berbicara, menulis, atau membaca tentang makanan dalam bahasa Jepang. Berikut adalah tabel kosa kata tentang makanan dalam bahasa Jepang.

Bahasa JepangBahasa IndonesiaHiragana/KatakanaKanjiJLPT
ごはんNasiごはん御飯N5
やさいSayurやさい野菜N5
にくDagingにくN5
さかなIkanさかなN5
パンRotiパンN5
ピザPizzaピザ
スシSushiスシ寿司N5
ラーメンRamenラーメン
おにぎりOnigiriおにぎり
みそしるSup misoみそしる味噌汁N5
てんぷらTempuraてんぷら天ぷらN5

Bahasa Jepang Besok dan Contoh penggunaannya

Contoh Kalimat Bahasa Jepang yang Sering Digunakan

Berikut ini adalah beberapa contoh kalimat bahasa Jepang yang sering digunakan yang tergolong level dasar bahasa Jepang. Contoh kalimat ini dibagi menjadi tiga bagian, yaitu contoh kalimat memperkenalkan bahasa Jepang yang sering digunakan, contoh kalimat menggunakan bahasa Jepang yang sering digunakan, dan contoh kalimat memberi komentar tentang bahasa Jepang yang sering digunakan.

Contoh Kalimat Memperkenalkan Bahasa Jepang yang Sering Digunakan

Contoh kalimat memperkenalkan bahasa Jepang yang sering digunakan adalah contoh kalimat yang digunakan untuk memperkenalkan bahasa Jepang yang sering digunakan kepada orang ketiga secara formal atau sopan. Contoh kalimat ini biasanya digunakan ketika berada di situasi resmi, seperti sekolah, kantor, atau pertemuan. Berikut adalah contoh kalimat memperkenalkan bahasa Jepang yang sering digunakan.

  • Nihongo wa nihon no koumoku go desu. Nihon ni wa yaku 1oku 2sen 7hyaku man nin no nihongo o hanasu hito ga imasu. | Bahasa Jepang adalah bahasa resmi di Jepang. Di Jepang ada sekitar 127 juta orang yang berbicara bahasa Jepang. | にほんごはにほんのこうもくごです。にほんにはやく1おく2せん7ひゃくまんにんのにほんごをはなすひとがいます。 | 日本語は日本の公用語です。日本には約1億2千7百万人の日本語を話す人がいます。 | N4 |
  • Nihongo wa kanji to hiragana to katakana o tsukatte kakimasu. Kanji wa imi o arawasu kotoba desu. Hiragana wa kanji no ato ni tsukatte tango no imi o kaeru kotoba desu. Katakana wa gaikoku kara karita kotoba o kakimasu. | Bahasa Jepang ditulis dengan menggunakan kombinasi aksara Kanji, Hiragana, dan Katakana. Kanji dipakai untuk menyatakan arti dasar dari kata. Hiragana ditulis sesudah kanji untuk mengubah arti dasar dari kata tersebut. Katakana digunakan untuk menulis kata-kata pinjaman dari bahasa asing. | にほんごはかんじとひらがなとカタカナをつかってかきます。かんじはいみをあらわすことばです。ひらがなはかんじのあとにつかってたんごのいみをかえることばです。カタカナはがいこくからかりたことばをかきます。 | 日本語は漢字と平仮名とカタカナを使って書きます。漢字は意味を表す言葉です。平仮名は漢字の後に使って単語の意味を変える言葉です。カタカナは外国から借りた言葉を書きます。 | N4 |
  • Nihongo wa S-O-V no bunpou o tsukaimasu. S wa shugo, O wa mokuteki, V wa doushi desu. Nihongo wa joshi o tsukatte kotoba no kinou o shimesu. Joshi wa wa, ga, o, ni, de, to, kara, made nado desu. | Bahasa Jepang menggunakan pola kalimat S-O-V. S adalah subjek, O adalah objek, V adalah predikat. Bahasa Jepang menggunakan partikel untuk menunjukkan fungsi dari kata-kata dalam kalimat. Partikel adalah wa, ga, o, ni, de, to, kara, made, dan sebagainya. | にほんごはS-O-Vのぶんぽうをつかいます。Sはしゅご、Oはもくてき、Vはどうしです。にほんごはじょしをつかってことばのきのうをしめす。じょしはは、が、を、に、で、と、から、までなどです。 | 日本語はS-O-Vの文法を使います。Sは主語、Oは目的、Vは動詞です。日本語は助詞を使って言葉の機能を示す。助詞はは、が、を、に、で、と、から、までなどです。 | N4 |

Contoh Kalimat Menggunakan Bahasa Jepang yang Sering Digunakan

Contoh kalimat menggunakan bahasa Jepang yang sering digunakan adalah contoh kalimat yang digunakan untuk menggunakan bahasa Jepang yang sering digunakan dalam percakapan sehari-hari secara informal atau akrab. Contoh kalimat ini biasanya digunakan ketika berada di situasi santai, seperti di rumah, di sekolah, atau di tempat hiburan. Berikut adalah contoh kalimat menggunakan bahasa Jepang yang sering digunakan.

  • Kyou wa nani o tabemashita ka? | Hari ini kamu makan apa? | きょうはなにをたべましたか? | 今日は何を食べましたか? | N5 |
  • Watashi wa sushi o tabemashita. Oishikatta desu. | Saya makan sushi. Enak sekali. | わたしはすしをたべました。おいしかったです。 | 私は寿司を食べました。美味しかったです。 | N5 |
  • Anata wa sushi ga suki desu ka? | Kamu suka sushi? | あなたはすしがすきですか? | あなたは寿司が好きですか? | N5 |
  • Hai, suki desu. Demo, takai desu ne. | Ya, suka. Tapi, mahal ya. | はい、すきです。でも、たかいですね。 | はい、好きです。でも、高いですね。 | N5 |
  • Sore wa sou desu ne. Demo, tokidoki wa ii desu yo. | Itu memang begitu ya. Tapi, kadang-kadang boleh kok. | それはそうですね。でも、ときどきはいいですよ。 | それはそうですね。でも、時々はいいですよ。 | N5 |

Contoh Kalimat Memberi Komentar tentang Bahasa Jepang yang Sering Digunakan

Contoh kalimat memberi komentar tentang bahasa Jepang yang sering digunakan adalah contoh kalimat yang digunakan untuk memberi komentar, pujian, atau kritik tentang bahasa Jepang yang sering digunakan secara informal atau akrab. Contoh kalimat ini biasanya digunakan ketika berada di situasi santai, seperti obrolan, gosip, atau curhat. Berikut adalah contoh kalimat memberi komentar tentang bahasa Jepang yang sering digunakan.

  • Anata wa nihongo ga jouzu desu ne. Donna benkyou houhou ga arimasu ka? | Kamu jago bahasa Jepang ya. Ada metode belajar apa saja? | あなたはにほんごがじょうずですね。どんなべんきょうほうほうがありますか? | あなたは日本語が上手ですね。どんな勉強方法がありますか? | N4 |
  • Arigatou gozaimasu. Watashi wa mainichi nihongo o renshuu shimasu. Eiga ya dorama ya anime o mimasu. | Terima kasih. Saya latihan bahasa Jepang setiap hari. Saya menonton film, drama, dan anime. | ありがとうございます。わたしはまいにちにほんごをれんしゅうします。えいがやどらま

Rajin dalam Bahasa Jepang dan Contoh Penggunaannya

Kesimpulan

Dari artikel ini, kamu bisa belajar tentang:

  • Apa itu bahasa Jepang, yaitu bahasa resmi di Jepang dengan jumlah pengguna sekitar 127 juta jiwa, yang terbagi menjadi dua bentuk, yaitu Hyoujungo (標準語), pertuturan standar, dan Kyoutsugo (共通語), pertuturan umum, dan memiliki sejumlah besar dialek dengan dialek Tokyo yang dianggap Jepang standar.
  • Mengapa kamu harus belajar bahasa Jepang yang sering pakai dalam sehari hari, yaitu untuk meningkatkan kemampuan bahasa Jepang, memudahkan komunikasi dan interaksi, dan membuka peluang dan kesempatan.
  • Bagaimana cara belajar bahasa Jepang yang sering digunakan, yaitu dengan menghafal kosa kata yang berkaitan dengan bahasa Jepang yang sering digunakan, membuat contoh kalimat yang berkaitan dengan bahasa Jepang yang sering digunakan, dan menonton, mendengarkan, atau membaca sumber-sumber yang berkaitan dengan bahasa Jepang yang sering digunakan.
  • Daftar kosa kata bahasa Jepang yang sering dipakai, yaitu kosa kata tentang sapaan, kosa kata tentang pekerjaan, kosa kata tentang sekolah, kosa kata tentang keluarga, kosa kata tentang binatang, dan kosa kata tentang makanan.
  • Contoh kalimat bahasa Jepang yang sering digunakan, yaitu contoh kalimat memperkenalkan bahasa Jepang yang sering digunakan, contoh kalimat menggunakan bahasa Jepang yang sering digunakan, dan contoh kalimat memberi komentar tentang bahasa Jepang yang sering digunakan.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu yang ingin belajar bahasa Jepang yang sering digunakan. Jika kamu memiliki pertanyaan, saran, atau kritik, silakan beri tahu saya. Saya selalu terbuka untuk belajar dan meningkatkan kualitas tulisan saya.

Terima kasih telah membaca artikel saya.

Leave a Comment