Tips Mudah Belajar Komputer Dasar Bagi Pemula

Photo of author

By Silmi Asyifa

KitaTekno.comBelajar Komputer Dasar Bagi Pemula. Menguasai komputer adalah salah satu skill yang diperlukan di zaman sekarang. Ada banyak sekali pekerjaan yang membutuhkan skill penguasaan komputer. Baik itu skill mengetik, mengedit, mendesain dan lain sebagainya.

Belajar Komputer Dasar Bagi Pemula

Belajar Komputer Dasar Bagi Pemula

Jika anda belum bisa menguasai komputer, anda perlu segera mempelajarinya. Kali ini kitatekno akan membagikan tips tips bagaimana cara belajar komputer dasar bagi anda yang masih pemula. Simak artikelnya di bawah ini ya!

  1. Niat dan Tujuan yang jelas

Anda perlu menetapkan niat yang kuat untuk mempelajari komputer supaya anda tidak berhenti di tengah jalan. Semakin besar niat yang anda miliki maka semakin besar usaha yang akan anda berikan. Sehingga anda akan lebih cepat untuk menguasai komputer

  1. Jangan takut salah

Anda tidak boleh takut salah dan takut rusak jika niat anda sudah bulat untuk mempelajari komputer. Hal ini akan menghambat proses belajar anda. Untuk mengurangi rasa takut, anda dapat membeli buku panduan yang dapat memandu anda dalam mempelajari komputer

  1. Membeli buku panduan komputer atau belajar dari youtube

Anda perlu memahami tools tools dasar atau teori dasar sebelum mulai menggunakan komputer. Meskipun sebenarnya anda dapat langsung mempraktekkan komputer, namun ada baiknya anda memahami dan mengetahui dasar dasarnya baik melalui buku ataupun melalui tayangan youtube.

  1. Rajin dan Konsisten

Perlu ketekunan dalam mempelajar komputer. Semakin sering anda mengoperasikan komputer semakin cepat juga anda menguasainya.

  1. Memiliki komputer atau laptop sendiri

Terakhir, untuk mempercepat kemampuan anda, anda perlu memiliki komputer atau laptop sendiri. Dengan memiliki komputer sendiri, anda dapat rutin menggunakannya, dan anda tidak perlu khawatir akan ganti rugi yang mungkin anda keluarkan jika terjadi error selama masa pembelajaran komputer anda.

Komponen Komputer

Tips-tips diatas dapat anda lakukan untuk mempelajari komputer bagi pemula. Secara garis besar komponen komputer terbagi menjadi dua yakni hardware dan software, adapun bagian bagian dari hardware dan software adalah sebagai berikut :

  1. Hardware

Hardware adalah perangkat keras komputer yang bentuk fisiknya bisa dapat dilihat secara jelas. Komponen hardware terdiri dari monitor, cpu, keyboard, mouse maupun speaker. Jika anda menggunakan laptop, maka perangkat keras laptop itulah yang disebut sebagai hardware

  1. Software

Sedangkan software adalah perangkat lunak yang mendukung penggunaan komputer atau laptop. Software merupakan kumpulan kode yang membentuk sebuah program atau aplikasi dalam komputer. Contoh software adalah Sistem Operasi Windows, Microsoft Office, Paint, Movie Maker, Photoshop, Adobe, Google Chrome dan sebagainya. Rincian dari software yang menurut kami penting untuk dikuasai bagi pemula adalah sebagai berikut :

  • Sistem Operasi

Sistem operasi komputer atau laptop sering dikenal sebagai OS. Umumnya terdapat dua OS yang sering digunakan, yakni Windows dan MacOS (biasanya dioperasikan pada komputer atau laptop keluaran Apple). Selain keluaran Apple, sistem operasi yang digunakan biasanya adalah Windows. Windows juga memiliki beberapa seri, yang terbaru adalah Windows 10.

  • Microsoft Office

Microsoft office merupakan aplikasi yang dijalankan pada sistem operasi komputer. Aplikasi ini sangat populer didunia untuk menginput atau mengolah data. Aplikasi ini juga salah satu aplikasi wajib yang harus anda kuasai untuk mengolah data. Produk Microsoft office yang sering digunakan terdiri dari microsoft office word (umumnya dipakai untuk meninput data berupa kata dan kalimat), microsoft office excel (digunakan untuk mengolah data berupa data angka statistik), dan microsoft office power point (digunakan untuk membuat tampilan presentasi).

  • Aplikasi Browser (Chrome, Mozilla, dsb)

Aplikasi browser merupakan aplikasi yang digunakan untuk mencari informasi atau mengakses situs-situs yang ada di internet. Anda dapat mencari informasi apa saja yang anda inginkan melalui aplikasi browser

  • Aplikasi Media

Aplikasi ini berupa aplikasi yang anda butuhkan untuk membuka gambar, music ataupun video. Jika anda menggunakan sistem operasis windows, biasanya windows menyediakan aplikasi default Windows Media Player untuk membuka media yang ada dalam komputer atau laptop anda.

Hal hal diatas perlu anda pelajari lebih dalam jika anda ingin menguasai komputer dengan cepat. Jangan lupa untuk tidak takut salah dan konsisten untuk mempelajarinya. Semoga artikel ini membantu anda untuk mempelajari komputer dasar bagi pemula. Selamat mencoba.

Leave a Comment