Begini Cara Mengatasi Baterai HP Kembung

Photo of author

By Silmi Asyifa

KitaTekno.comCara Mengatasi Baterai HP Kembung. Pernah kah anda mengalami baterai HP yang mengembung? Tentu saja merepotkan bukan? Belum lagi casing HP anda lama lama menjadi patah karna baterai mengembung semakin besar. Kinerja HP juga jadi tidak optimal karna baterai cepat drop dan bermasalah.

Cara Mengatasi Baterai HP Kembung

Sebenarnya penyebab baterai mengembung atau kembung adalah karena proses pengisian daya yang tidak sempurna. Selain itu, baterai yang kembung bisa diakibatkan karena terlalu lama bermain game hingga HP menjadipanas berlebihan (over heat), melakukan panggilan sambil mengecas HP, menggunakan charger dari brand lain, mengisi daya terlalu lama (hingga semalaman misalnya), charger yang anda digunakan KW, menggunakan aplikasi yang berat sambil HP di cas

Dalam kondisi baterai HP yang kembung, HP anda memang masih bisa digunakan. Namun hal ini tidak direkomendasikan, karena jika terus menerus digunakan akan berisiko fatal hingga HP meledak dan dapat melukai pengguna.

Cara Mengatasi Baterai HP Kembung

Ada baiknya anda tidak mengecas full hingga 100% untuk menghindari overheat pada HP. Banyak orang yang salah paham tentang pengisian baterai sampai penuh. Beberapa mengatakan bahwa baterai tak terisi penuh dan langsung dicabut, maka hal tersebut akan menurunkan kinerja baterai. Padahal ngecas HP yang paling baik dan ideal justru bukan diisi hingga penuh atau 100% tetapi cukup sekitar 80% saja.

Jika baterai anda sudah terlanjur mengembung atau kembung, lakukan beberapa cara dibawah untuk mengatasi baterai yang kembung

  1. Lepaskan Baterai dari Perangkat.

Tentunya hal pertama yang harus anda lakukan adalah melepasnya dari perangkat terlebih dahulu. Jika anda menggunakan HP dengan baterai yang di tanam, pergilah ke konter HP terdekat untuk melepas baterai HP anda.

  1. Jika Baterai anda panas, maka dinginkan lah terlebih dahulu.

Pada beberapa kasus, jika baru saja terjadi pengembungan pada baterai, mencabutnya dan membiarkannya dingin menjadi salah satu cara yang efektif untuk mengembalikan baterai kebentuk semula

  1. Masukkan baterai kedalam kulkas

Jika baterai tak kunjung mengempis, anda dapat mencoba cara ini, yakni dengan memasukkannya kedalam kulkas. Ini dilakukan untuk menurunkan suhu baterai.

  1. Tusuk baterai dengan jarum

Jika baterai anda memungkinkan untuk di tusuk, maka tusuk lah dengan jarum. Tusuk bagian baterai agar udara yang terjebak dalam baterai keluar, jangan ditusuk hingga merusak baterai.

  1. Datangi Konter HP

Jika cara cara diatas tidak dapat anda lakukan, maka anda perlu ke konter HP untuk mengonsultasikan cara terbaik untuk mengatasi baterai HP anda. Jika baterai HP anda tidak dapat diselamatkan, anda perlu menggantinya dengan yang baru.

Itulah cara cara yang dapat anda lakukan jika baterai HP anda mengembung.

Perlu diketahui bahwa jika anda memutuskan untuk mengganti baterai Jangan membuang baterai sembarangan. Beberapa baterai memiliki kandungan merkuri dan mangan, dimana hal tersebut merupakan racun dan berbahaya bagi kesehatan orang-orang maupun lingkungan. Anda harus membawanya ke bank baterai khusus yang memang dikhususkanuntuk membuang barang-barang jenis ini

Anda dapat membawa baterai ke pusat pengolahan limbah elektronik terdekat. Atau anda dapat mencari pusat pengolahan limbah elektronik di internet.

Selain cara cara yang dilakukan untuk mengatasi baterai kembung, anda juga harus melakukan pencegahan agar baterai HP tidak kembung. Anda dapat melakukan tips tips dibawah untuk menghindari baterai yang kembung.

Tips yang dapat anda lakukan untuk Mencegah Baterai Kembung :

  1. Hindari Overheat atau Suhu yang terlalu panas pada HP
  2. Jangan mainkan HP ketika sedang di cas
  3. Jangan sering membiarkan HP anda kehabisan baterai (hingga kosong)
  4. Jangan dicas sampai semalaman
  5. Gunakanlah charger original dari HP
  6. Hindarkan dari tempat yang bersuhu panas
  7. Jangan di cas sampai 100 %, isilah sampai 80 % atau 90 % saja. Ini akan membuat baterai anda awet dan tahan lama.

Demikian lah cara cara yang dapat anda lakukan untuk mengatasi dan mencegah agar baterai pada HP anda tidak mengembung. Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu anda untuk mengatasi baterai HP yang kembung ya. Selamat mecoba tips-tips yang kami berikan. Semoga berhasil !

Leave a Comment