Begini Cara Print Area Excel Dengan Mudah

Photo of author

By Silmi Asyifa

Cara Print Area Excel. Sering kali ketika kita melakukan pencetakan atau print pada dokumen excel namun hasilnya tidak sesuai dengan apa yang kita inginkan. Karena besar area cel maupun kolomnya tidak sesuai dengan kebutuhan kita. Terkadang ada beberapa cel ataupun kolom yang terpotong pada suatu halaman, padahal kita ingin mencetaknya dihalaman yang sama. Apakah anda sering berada disituasi seperti ini?

Jika anda pernah mengalaminya, kitatekno kali ini akan membagikan tips dan langkah langkah yang dapat anda lakukan agar anda dapat mengatur area yang ingin anda print. Sehingga dokumen anda tidak akan terpotong lagi. Simak caranya dibawah ini ya!

Cara Print Area Excel

Cara mengatur area print di Microsoft Excel

  1. Pertama tama, buka dokumen yang ingin anda cetak atau print
  2. Selanjutnya, pilih menu bar view pada tampilan Microsoft Excel anda
  3. Kemudian pilih page break view, setelah itu akan muncul tampilan dokumen perhalaman, sehingga anda dapat mengaturnya sesuai kebutuhan anda. Halaman dengan tulisan page 1 berarti halaman 1, dan seterusnya
  • Tampilan yang akan anda lihat adalah tulisan Page 1, 2 dan seterusnya, garis putus putus, gasis tegas berwarna biru, wilayah berwarna putih dan wilayah berwarna abu-abu.
  • Wilayah atau area yang berwarna putih adalah dokumen yang akan dicetak
  • Sedangkan wilayah yang berwarna abu adalah wilayah yang tidak akan dicetak
  • Anda akan mendapati garis putus putus baik secara horizontal maupun vertikal. Garis putus putus tersebut berarti batasan default yang diberikan oleh excel untuk membatasi halaman. Setelah garis putus putus berarti akan dicetak oleh excel di halaman berikutnya. Jika garis putus putus ini berada ditengah tengah dokumen anda, anda perlu mengklik dan menyeret garis putus putus tersebut sampai batas dokumen yang anda tentukan.
  • Garis berwarna biru dan tidak putus putus berarti batas ujung dari dokumen.
  1. Anda dapat mengatur garis putus putus tersebut (baik secara vertikal maupun horizontal), dengan menyeretnya ke kanan atau ke kiri, ke atas maupun ke bawah sesuai dengan batas dokumen yang anda inginkan dalam suatu halaman.
  2. Jika anda telah selesai mengatur setiap cel maupun kolom sesuai halaman, selanjutnya adalah mengeprintnya
  3. Untuk melakukan tindakan print atau mencetak, langkah langkahnya adalah sebagai berikut:
  • Klik menu file di bagian kiri atas tampilan Microsoft excel
  • Kemudian pilih menu print
  • Lalu pastikan printer anda telah tersambung dan memiliki status ready
  • Selanjutnya pilih opsi print
  • Dokumen sedang diproses untuk mencetak, tunggu sebentar, dan dokumen anda telah selesai dicetak.

Cara Lain mengatur area print di Microsoft Excel

  1. Pertama tama, buka dokumen yang ingin anda atur area print nya
  2. Kemudian, pilih sel yang anda inginkan sebagai area cetak
  3. Pilih menu Page Layout pada menubar anda
  4. Kemudian pilih sub menu Print area
  5. Pilih opsi Set Print Area, dengan melakukan tindakan ini, area cetak yang anda setting telah disimpan pada WorkBook anda
  6. Untuk melihat semua area cetak dan memastikan area cetak adalah area yang Anda inginkan, klik View > Page break Preview
  7. Jika area cetak telah anda atur, anda tinggal mencetaknya dengan melakukan langkah langkah diatas.

Begitulah cara yang dapat anda lakukan untuk mengatur area yang akan anda print di microsoft excel. Cukup mudah bukan? Anda dapat melakukan dua cara diatas untuk mengatur area print yang anda inginkan. Selamat mencoba, semoga artikel ini bermanfaat dan dapat membantu pekerjaan anda.

Leave a Comment