3 Tombol Refresh Laptop Yang dapat Digunakan Ketika Laptop Lemot

Photo of author

By Fathimah Narifah

Ketika laptop anda nge-lag tiba-tiba, anda bisa langsung menekan tombol refresh laptop agar laptop anda kembali bekerja normal seperti sebelumnya. Fungsi dari refresh laptop adalah untuk memperbarui kondisi laptop dengan sederhana ketika laptop mengalami bug atau lemot.

Umumnya, refresh laptop dilakukan dengan mengklik kanan touchpad laptop ataupun mouse. Namun, apa yang harus dilakukan apabila anda tidak bisa menggunakan touchpad ataupun mouse?

Dalam beberapa kasus, laptop dapat mengalami lag berat hingga tidak memungkinan pengguna untuk menggunakan touchpad maupun mouse. Sehingga pengguna perlu mencari cara refresh laptop dengan keyboard pada laptop.

Cara refresh laptop tidak hanya dapat dilakukan dengan menyentuh touchpad, namun juga dapat dilakukan dengan menekan tombol refresh laptop pada keyboard. Anda tidak perlu khawatir akan mengalami kesusahan ketika menggunakan bantuan tombol ini karena caranya mudah sekali.

Namun, sebelum melakukan cara refresh laptop, anda perlu mengetahui bahwa setiap sistem operasi Windows atau pun macOS sudah secara otomatis melakukan perubahan. Jadi, tak ada alasan untuk melakukan refresh secara berulang-ulang.

Anda cukup melakukan sekali saja kegiatan refresh laptop ini karena apabila dilakukan berulang-ulang dapat memengaruhi kinerja mesin laptop. Apabila anda melakukan kegiatan refresh berulang-ulang, laptop dan suhu prosesor laptop akan lebih cepat panas akibat dari grafik CPU Usage yang mengalami peningkatan kerja.

Apakah Anda masih ingin melakukan refresh berulang kali? Hilangkanlah kebiasaan refresh laptop atau komputer berulang kali. Cukup satu kali dan laptop Anda sudah mengerti apa yang harus dilakukan.

Jadi, simak cara refresh laptop dengan keyboard secara praktis di bawah ini.

3 Tombol Refresh Laptop Ketika Laptop Lemot

Refresh laptop dengan menggunakan tombol refresh laptop di keyboard

  1. Tombol refresh laptop dengan F5

3 Tombol Refresh Laptop Ketika Laptop Lemot

Tombol F5 pada Windows adalah salah satu tombol refresh laptop atau komputer yang digunakan untuk membuat kinerja menjadi lebih cepat ketika performa laptop mulai terasa lambat.

Dengan menggunakan tombol fungsi F5 di keyboard, maka anda sudah bisa merefresh laptop yang anda gunakan. Ingat, anda hanya perlu melakukan refresh satu kali saja.

  1. Tombol refresh laptop dengan CTRL + R

Kombinasi tombol CTRL + R juga dapat digunakan sebagai refresh laptop yang lag. Selain bisa me-refresh desktop, cara ini juga biasa digunakan untuk memuat ulang konten terbaru atau situs berita terkini di halaman website.

CTRL + R sering kali digunakan untuk memuat ulang website macet atau memperbarui situs di halaman website seperti Firefox, Edge, Chrome, dan sebagainya.

  1. Tombol refresh laptop dengan Command + R

Pintasan yang sebelumnya disebutkan merupakan pintasan yang dapar digunakan pada perngkat berbasis Windows. Jika kamu salah satu pengguna laptop dengan sistem operasi macOS, maka bisa menekan kombinasi tombol Command + R untuk memuat ulang desktop.

Selain menggunakan pintasan ini berfungsi untuk menyegarkan banyak aplikasi Mac, salah satunya Mac App Store. Tak jarang, pengguna menekan tombol ini untuk memuat ulang situs web yang mereka baca.

Berbeda dengan Windows, tombol F5 pada Mac biasanya menurunkan kecerahan keyboard. Kamu biasanya hanya akan melihat cara ini pada versi MacBook Air dan MacBook Pro yang kompatibel.

Itulah beberapa cara refresh laptop dengan tombol refresh laptop keyboard yang bisa anda coba di masing-masing perangkat. Hanya dengan memanfaatkan shortcut keyboard, anda sudah bisa melakukan pembaruan sederhana.

Selain itu, terdapat beberapa hal yang perlu menjadi perhatian Anda juga mengenai penyebab laptop Anda harus di-refresh. Alangkah baiknya jika Anda memahami dengan benar penyebab terjadinya karena bisa menyebabkan banyak hal merugikan terhadap laptop Anda sendiri.

Penyebab laptop lemot adalah ketika anda membuka terlalu banyak aplikasi, laptop berkemungkinan mengalami lag karena kinerja perangkat menjadi lemot. Penyimpanan yang terlal penuh juga dapat membuat performa laptop menurun, diakibatkan cache atau sampah yang menumpuk.

Sebaiknya anda membuka aplikasi secara berkala agar sebagai cara membuat laptop tidak lemot. Anda pun disarankan untuk menghapus file yang tidak diperlukan dalam laptop, serta membersihkan cache atau sampah agar performa laptop tetap maksimal.

Semoga laptop anda dapat bekerja dengan maksimal lagi setelah Anda mengetahui tombol refresh laptop dan penyebab laptop bisa lag lemot.

Leave a Comment