Cara Paling Ampuh Memperbaiki Windows Error Recovery

Photo of author

By Fathimah Narifah

Cara Paling Ampuh Memperbaiki Windows Error Recovery

Kitatekno.com – Sebagai pengguna komputer atau laptop tentu anda pernah mengalami masalah error selama menggunakan perangkat Windows.

Salah satunya adalah ketika laptop anda mengalami error windows ketika pertama kali dinyalakan. Error yang bisa terjadi ini bermacam-macam, ada yang muncul halaman boot manager, disk read error occured, inaccessible boot device, dan masih banyak lagi. Dari sekian banyaknya masalah error pada pc laptop windows salah satunya adalah mengalami masalah windows error recovery.

Memperbaiki Windows Error Recovery
cara mengatasi windows error recovery.

Windows Error Recovery umumnya terjadi pada perangkat komputer maupun laptop yang usianya sudah cukup lama. Selain hal itu, permasalahan ini dapat muncul karena adanya kesalahan dalam startup pada sistem operasi yang anda gunakan.

Perlu anda ketahui bahwa masalah ini sebenarnya bisa dialami oleh siapa saja. Meskipun sebelumya kondisi komputer atau laptop anda baik-baik saja. Tapi tiba-tiba ketika anda menyalakan komputer, lalu kemudian dihadapkan dengan permasalahan seperti ini. Bahkan terkadang pada saat di restart pun halaman ini muncul sehingga tidak bisa masuk desktop windows.

Penyebab Windows Error Recovery

Penyebab munculnya halaman ini bisa bermacam-macam, di antaranya:

  • Data sistem corrupt: Artinya data mengalami kerusakan, sehingga tidak terbaca oleh komputer. Hal ini bisa menyebabkan masalah booting.
  • Komputer/laptop suka mati tiba-tiba: Saat komputer tidak shutdowndengan benar, biasanya Windows Error Recovery akan muncul setelah komputer dinyalakan kembali.
  • Virus: Virus bisa mempengaruhi banyak data. Tak terkecuali data sistem, yang akhirnya berdampak pada proses booting.
  • Dan sebab lainnya: Masih ada lagi penyebab lainnya. Dari sini anda bisa menyimpulkan bahwa ada cukup banyak penyebabnya.

Sehingga untuk mengatasinya, anda bisa melakukan beberapa langkah di bawah ini;

Cara Memperbaiki Windows Error Recovery

  1. Melakukan Startup Repair

Memperbaiki Windows Error Recovery

Metode pertama yang bisa anda lakukan adalah dengan melakukan startup repair. Program ini bisa digunakan untuk memperbaiki sistem yang error yang mengganggu proses booting. Berikut adalah langkah-langkahnya;

  1. Restart komputer atau laptop anda..
  2. Kemudian setelah muncul windows error recovery, pilih Repair Your Computer..
  3. Setelah itu jika muncul menu metode input, silahkan pilih USdan klik
  4. Anda akan menemui halaman Recovery Options, silahkan anda lanjut dengan klik Startup Repair.
  5. Kemudian tunggu sampai proses recovery selesai.

Setelahnya windows akan secara otomatis melakukan pencarian penyebab masalah dan memperbaiki masalah tersebut.

Proses ini kadang berlangsung lama dan kadang cepat, tergantung dari kapasitas hardware dan banyak data yang ada di dalamnya.

Setelah proses selesai, silahkan restart komputer anda. Jika berhasil maka komputer akan booting dengan normal.

  1. Menggunakan System Restore

Memperbaiki Windows Error Recovery

Anda bisa melakukan cara kedua ini, jika anda cara pertama tidak berhasil anda lakukan. System restore adalah fitur windows yang memungkinkan sistem error bisa dikembalikan ke waktu tertentu. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Sama seperti sebelumnya, silahkan anda ikut langkah-langkah masuk ke menu Recovery Options.
  2. Kemudian setelah itu, silahkan pilih System Restorepada menu yang tersedia, dan pilih Next untuk melanjutkan.
  3. Kemudian silahkan kembalikan sistem menggunakan restore point yang ada.
  4. Silahkan tunggu sampai proses selesai dan klik Finish.

Setelah semua proses sudah dilakukan tinggal anda restart. Loading pertama kali biasanya akan memakan waktu sedikit lembih lama, namun besar kemungkinan masalah error di boot ini akan menghilang.

  1. Menggunakan Aplikasi CMD

CMD atau Command Prompt ini digunakan user untuk menjalankan perintah tertentu, contohnya untuk memperbaiki sistem. Sehingga anda bisa menggunakan CMD, bukan untuk memperbaiki, melainkan untuk menonaktifkan fungsi recovery tadi jadi windows error recovery ini tidak muncul lagi. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Pertama-tama silahkan anda masuk terlebih dahulu ke halaman Recovery Options seperti sebelumnya.
  2. Kemudian pilih Command Prompt.
  3. Silahkan ketikkan perintah bcdedit /set {current} bootstatuspolicy ignoreallfailureskemudian tekan Enter.
  4. Jika sudah silahkan

Silahkan anda cek, nantinya komputer atau laptop anda akan langsung melakukan booting paksa.

  1. Reinstall Windows

Cara terakhir yang bisa anda lakukan untuk memperbaiki windows error recovery adalah dengan melakukan instalasi ulang pc laptop windows anda.

Akan tetapi dengan catatan anda sudah mencoba ketiga cara sebelumnya. Dengan instal ulang ini masalah windows error recovery akan sepenuhnya hilang. Terlebih lagi jika hal ini disebabkan karena data yang rusak.

Harus adan ketahui juga bahwa adanya masalah ini karena kerusakan di sistemnya, bukan hardware seperti hardisk dan sebagainya ya.

 

Kesimpulan

Itulah beberapa cara praktis yang bisa anda lakukan untuk mengatasi windows error recovery. Dengan cara di atas anda bisa mengatasi atau memperbaiki komputer dan laptop anda yang mengalami masalah pada saat booting, selamat mencoba. Semoga bermanfaat!

Leave a Comment