Cara Paling Aman Mematikan Laptop Hang

Photo of author

By Fathimah Narifah

KitaTekno.com – Pada saat ini Laptop merupakan salah satu perangkat penting yang dimiliki oleh para pengguna, dimana Laptop dapat berfungsi sebagau sarana bekerja, belajar, hingga hiburan. Setiap laptop memiliki usia hingga kapasitas kinerja yang bergantung pada performa dari kombinasi software dan hardwarenya.

Cara Paling Aman Mematikan Laptop Hang
cara mematikan Laptop yang hang

Di beberapa kondisi, pengguna menjumpai laptop hang, yaitu kondisi dimana layar laptop yang dalam kondisi menyala mengalami freeze, anda tidak dapat melakukan apapun pada layar laptop. Kondisi ini memungkinkan performa RAM menjadi lambat. Salah satu cara mengatasi kondisi tersebut bisa dilakukan dengan cara mematikan laptop hang dengan cara yang aman.

Harus diperhatikan bahwa mematikan laptop yang hang tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Anda harus mengetahui cara mematikannya dengan benar untuk menghindari kerusakan yang lebih parah.

Faktor yang menyebabkan Laptop mengalami hang

Ada beberapa faktor yang biasanya menjadi sumber masalah yaitu adalah:

  • Spesifikasi laptop yang standard, tetapi digunakan untuk pekerjaan yang berat-berat sehingga CPU / prosesornya bekerja terlalu keras.
  • Terlalu banyak program yang di instal dan rungging didalam starup.
  • Banyak file service yang berjalan dari software-software yang terinstal di laptop (bisa dilihat dari windows task manager)
  • Ada Program yang dijalankan oleh virus, sehingga kinerja laptop jadi semakin berat
  • Terlalu banyak membuka aplikasi atau program secara bersamaan.
  • Kapasitas memory banyak yang terpakai
  • Banyak file sampah / junk yang menumpuk di harddisk dan mungkin masih banyak lagi faktor-faktor penyebab seringnya terjadi Hang ini.

Cara mengatasi Laptop yang hang

Setelah anda mengetahui beberapa faktor penyebab terjadinya laptop hang, anda bisa mengatasinya dengan beberapa metode dibawah ini;

  1. Mematikan laptop dengan tombol power

Langkah pertama yang bisa anda lakukan, adalah dengan menghentikan kerja laptop yaitu dengan menggunakan Tombol Power Jika laptop atau komputer Anda error dengan kondisi yang parah sehingga anda bisa menggunakan cara ini. Tekan tombol power selama 10 – 15 detik, dan laptop Anda akan mati dengan sendirinya. Namun cara ini tidak direkomendasikan jika laptop Anda masih dalam kondisi baik.

  1. Mematikan Laptop menggunakan shortcut Windows + U

Cara praktis dan aman lainnya yang bisa dilakukan adalah dengan menekan tombol Window dan U dua kali. Untuk menonaktifkan laptop yang sedang error, Anda tinggal menekan tombol Window + U + U dan otomatis laptop akan shutdown.

  1. Mematikan Laptop menggunakan shortcut ALT + F4

Cara ketiga yang bisa anda lakukan untuk mematikan laptop yang error adalah dengan menekan tombol ALT dan F4 di keyboard anda. Dengan menekan kombinasi ALT + F4, nantinya akan muncul pilihan untuk mematikan laptop Anda. Pilih shutdown dan laptop atau komputer Anda akan langsung nonaktif.

  1. Mematikan Laptop menggunakan shortcut CTRL + ALT + DEL

    Cara Paling Aman Mematikan Laptop HangSelain ketiga cara di atas, Anda juga bisa menggunakan tombol kombinasi dari CRTL + ALT + DEL. Ketiga tombol ini ditekan bersamaan hingga muncul logo shutdown. Lalu klik logo shutdown tersebut dan laptop atau komputer Anda akan langsung nonaktif.

  2. Mematikan Laptop menggunakan Tombol Windows

Cara ini Anda tidak perlu menekan beberapa tombol kombinasi. Sayangnya cara ini hanya bisa dilakukan bagi laptop atau komputer yang masih menggunakan Windows 7 dan Windows XP. Caranya tekan tombol Window yang berada di deretan paling bawah keyboard Anda. Lalu menggunakan tombol panah di sebelah kanan bawah keyboard Anda, klik tanda panah ke atas, lalu tanda panah ke kanan, kemudian tekan enter jika sudah, setelahnya akan berada di tombol shutdown.

  1. Mematikan Laptop menggunakan Kursor atau Mouse

Ini adalah cara simpel yang biasa digunakan banyak pengguna untuk mematikan laptop atau komputer. Caranya, arahkan kursor ke tombol Window lalu klik power dan pilih shutdown, tunggu sistem bekerja maka laptop atau komputer Anda otomatis akan mati.

Demikianlah beberapa langkah yang bisa anda lakukan untuk mematikan Laptop anda yang hang. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Leave a Comment