Ini Dia 9 Aplikasi Belajar Bahasa Arab Terbaik!

Photo of author

By Silmi Asyifa

KitaTekno.com – Aplikasi Belajar Bahasa Arab. Indonesia merupakan negara dengan jumlah penduduk yang beragama muslim terbesar di dunia. Al-Qur’an merupakan kitab suci umat muslim yang tertulis dalam bahasa arab. Untuk mendalami ayat ayat yang diturunkan dalam al-qur’an tentunya perlu memahami dan menguasai bahasa arab.

Selain untuk memperdalam pemahaman anda mengenai ayat Al-Qur’an, pemahaman bahasa arab tentu diperlukan bagi anda yang akan pergi ke negara arab. Negara negara yang menggunakan bahasa arab pada kehidupan sehari harinya antara lain negara Yordania, Suriah, Tunisia, Arab Saudi, Sudan, Mesir, Maroko, Al – Jazair, Irak, Libanon, Libya, Iran, Iran dan Negara-negara yang ada di Semenanjung  Arabia.

Selain itu, bahasa arab juga akan anda butuhkan jika anda melakukan wisata realigi seperti haji dan umroh, menempuh pendidikan di negara arab atau anda ingin sekedar mengunjungi negara arab untuk wisata, anda perlu mengenal bahasa arab bukan?

Ada banyak sekali aplikasi yang menawarkan pembelajaran bahasa arab. Jika anda kebingungan untuk memilihinya, kitatekno telah merangkumkan 9 aplikasi terbaik untuk belajar bahasa arab. Aplikasi yang kami pilih tentunya aplikasi yang dapat meningkatkan skill berbahasa arab anda dengan cepat dan mudah.  Simak daftarnya dibawah ini.

Daftar 9 Aplikasi terbaik untuk belajar Bahasa Arab

  1. Belajar Bahasa Arab – FunEasyLearn

Yang pertama adalah aplikasi Belajar Bahasa Arab – FunEasyLearn. Aplikasi ini membantu anda untuk dapat mempelajari bahasa arab dengan mudah.

Anda akan diajarkan untuk dapat menulis, berbicara ataupun membaca dalam bahasa arab. Aplikasi ini menyediakan ribuan koda kata dalam bahasa arab dengan lebih dari 100 topik pembelajaran yang dapat anda akses di aplikasi ini.

Kosa kata yang diajarkan merupakan kosa kata yang sering digunakan dalam kegiatan sehari hari.

Kelebihan dari aplikasi ini adalah anda dapat mereview kembali pelajaran yang sudah anda pelajari sebelumnya. Dengan demikian anda dapat meningkatkan skill bahasa arab.

  1. Learn Arabic for beginners

Selanjutnya adalah Aplikasi Learn Arabic fot beginners. Sesuai dengan namanya, aplikasi ini didesain untuk pemula. Bagi anda yang belum pernah mempelajari bahasa arab, aplikasi ini sangat cocok sekali karena aplikasi ini mengajarkan bahasa arab dari nol.

Aplikasi yang dirilis oleh Zeemish Lab pada tahun 2014 ini telah diunduh dan diinstal oleh lebih dari 1 juta pengguna di dunia.

Aplikasi ini begitu digemari karena desainnya yang simpel dan mudah digunakan. Aplikasi ini mengajarkan 4 komponen dalam berbahasa yakni membaca, menulis, mendengarkan dan melafalkan.

Aplikasi ini menyediakan ribuan kosa kata dari yang mudah hingga yang sulit. Kosa kata yang disajikan merupakan kosa kata yang sering digunakan dalam kegiatan sehari hari sehingga aplikasi ini sangat aplikatif.

Kelebihan aplikasi ini adalah tersedianya fitur translate, sehingga jika anda tidak paham suatu kosa kata ataupun kalimat dalam bahasa arab anda dapat langsung menerjemahkannya.

  1. Duolingo

Berikutnya adalah aplikasi Duolingo. Bagi anda yang gemar untuk mempelajari bahasa asing, aplikasi Duolingo ini sudah sangat tidak asing di dengar bukan? Aplikasi ini menyediakan begitu banyak materi pembelajaran bahasa asing, dari mulai inggris, korea, jepang, jerman hingga bahasa arab.

Aplikasi ini didesain begitu menarik seperti sedang bermain game. Tampilan dari aplikasi ini begitu sederhana sehingga mempermudah anda sebagai pengguna. Fitur level dari yang mudah hingga sulit akan membuat anda semakin terpacu untuk mempelajari bahasa arab.

Aplikasi ini juga sangat direkomendasikan bagi anda yang ingin mempelajari bahasa arab dari dasarnya. Dalam apliaksi ini, anda akan untuk mempelajari istilah-istilah kosakata, pengucapan dalam bentuk audio, serta games games untuk mengingat kosa kata bahasa arab.

  1. Memrise

Berikutnya adalah aplikasi Memrise, aplikasi ini tentunya tidak asing bagi anda yang sering mempelajari bahasa asing bukan? Aplikasi ini menyediakan berbagai pembelajaran dalam bahasa asing seperti inggris, korea, jerman dan juaga bahasa arab.

Fitur yang disediakan dalam aplikasi memrise sengat menarik dan unik. Aplikasi ini memfasilitasi anda untuk mempelajari bahasa arab dari penutur asli yang telah profesional dalam bahasa arab.

Anda juga dapat mengakses aplikasi ini secara offline, artinya anda dapat tetap mempelajari bahasa arab meskipun tidak terhubung dengan jaringan internet. Anda hanya perlu mengunduhnya kemudian anda dapat mempelajari bahasa arab tanpa koneksi internet.

Aplikasi Memrise menyediakan fitur berbayar dan tidak berbayar. Jika anda ingin mengakses semua fitur pembelajaran, anda dapat membayar biaya berlangganan. Namun jika tidak, anda dapat menggunakan aplikasi ini secara gratis.

Aplikasi ini menggunakan metode review dan pengulangan agar anda dapat mengingat kosa kata yang penting dalam bahasa arab. Aplikasi ini juga menawarkan belajar sambil bermain, sehingga anda akan mempelajari bahasa arab dengan menyenangkan.

  1. AlifBee

Selanjutnya adalah aplikasi AlifBee. Aplikasi ini juga salah satu aplikasi terbaik dalam mempelajari bahasa arab. Aplikasi ini telah diunduh lebih dari 400.000 kali oleh penggunanya.

Ada banyak sekali materi pembelajaran bahasa arab yang dapat anda pelajari pada aplikasi ini. Anda akan berlatih membaca, menulis dan melafalkan bahasa arab.

Dalam aplikasi ini, materi dibagi menjadi 100 sesi dengan 10 level tingkat pembelajaran. Anda akan memulai pada level yang termudah kemudian naik hingga yang tersulit.

Anda tidak akan merasa bosan karna aplikasi ini didesain dengan menarik dan disediakan juga kuis kuis latihan soal untuk menambah skill berbahasa anda.

  1. Bahasa Arab A1 untuk Pemula

Berikutnya adalah aplikasi Bahasa Arab A1 untuk pemula. Sesuai dengan namanya aplikasi ini disesain untuk pemula. Aplikasi ini sangat cocok bagi anda ang ingin mempelajari bahasa arab dari awal.

Aplikasi ini menyediakan berbagai materi berupa audio yang bersi percakapan bahasa arab. Percakapan ini dapat langsung anda pelajari dan praktikkan dalam kehidupan sehari hari.

Berbagai materi yang diajarkan misalnya tentang kosa kata yang ada di dalam rumah, transportasi, cuaca, profesi, pendidikan, dan masih banyak lagi.

Aplikasi ini akan mendorong anda untuk belajar setidaknya selama 5 hingga 20 menit setiap harinya. Sehingga skill berbahasa anda akan meningkat setiap harinya.

  1. Percakapan Bahasa Arab Lengkap

Selanjutnya adalah aplikasi Percakapan Bahasa Arab Lengkap. Seperti namanya, aplikasi ini cukup lengkap untuk menyediakan berbagai percakapan dalam bahasa arab. Tema percakapan yang disajikan beraneka ragam, sangat cocok bagi anda yang masih pemula dalam mempelajari bahasa arab.

Selain percakapan, aplikasi ini juga menyediakan pembelajaran mengenai tata bahasa atau grammar dalam bahasa arab. Pembelajaran juga didesain dengan berbagai level dari mulai yang termudah hingga tersulit.

  1. Mondly

Berikutnya adalah aplikasi Mondly. Aplikasi ini juga sama dengan aplikasi Duolingo maupun Memrise yang menyediakan berbagai materi pembelajaran bahasa asing, termasuk bahasa arab.

Aplikasi Mondly memiliki fokus mempelajari bahasa arab melalui percakapan, menambah kosa kata dan mempelajari grammar dalam bahasa arab.

Salah satu kelebihan dari aplikasi Mondly adalah fitur yang menunjukkan tingkat kemampuan anda dalam mempelajari bahasa arab sehingga anda akan termotivasi untuk mempelajari bahasa arab setiap harinya.

Aplikasi ini juga menyediakan layanan langganan berbayar dan gratis. Jika anda ingin mengakses keseluruhan fitur, anda perlu membayar biaya berlangganan.

  1. Belajar Bahasa Arab Praktis

Selanjutnya adalah aplikasi Belajar Bahasa Praktis. Sesuai dengan namanya, untuk menggunakan aplikasi ini sangat mudah dan praktid. Anda akan mempelajari berbagai kosa kata bahasa arab yang sering dipakai dalam kegiatan sehari hari.

Kosa kata yang disediakan dalam aplikasi in dilengkapi dengan gambar sehingga anda akan dengan mudah dalam mempelajari bahasa arab.  Aplikasi Belajar Bahasa Arab Praktis cocok bagi anda sebagai pemula yang ingin mengetahui dasar dasar dalam berbahasa Arab.

Itulah 9 aplikasi terbaik yang kitatekno rekomendasikan untuk mempelajari bahasa arab. Semoga artikel ini membantu anda untuk mempelajari bahasa arab. Selamat mencoba.

 

Leave a Comment