Cara Mengatasi Layar Mati Saat Menelepon Whatsapp

Photo of author

By Mufa Fauziah

KitaTekno.com – Cara Mengatasi Layar Mati Saat Menelepon Whatsapp. Layar hp akan otomatis mati Ketika kita menelepon, hal ini karena sensor hp yang otomatis. Adapun jika kita ingin menelepon sambil menggunakan hp, tentu kita ingin layarnya tetap menyala. Cara-cara berikut ini efektif untuk mengatasi layar mati saat menelepon whatsapp.

Cara Mengatasi Layar Mati Saat Menelepon Whatsapp
Seorang anak menelepon lewat whatsapp

Sensor hp anda didesain akan mendeteksi kehadiran bagian tubuh kita yang mendekat. Saat menelepon sensor ini akan mendeteksi dan kemudian membuat layar mati. Baik itu saat kita mendekatkan ke telinga atau bahkan saat tangan kita mendekati hp.

Hal ini dikarenakan beberapa hal diantaranya yaitu agar tidak tertekan, menghemat baterai, dan mengurangi panasnya hp. Hal ini ditujukan untuk melindungi pengguna dan mengoptimalkan kinerja dari hp itu sendiri.

Alasan Mengapa Layar Mati Saat Menelepon Whatsapp

1. Agar Tidak Tertekan

Saat kita mendekatkan hp ke telinga, layar hp akan mati. Jika layar tidak otomatis mati, sangat memungkinkan telinga kita menyentuh hp.

Mungkin akan ada aplikasi yang tidak sengaja terbuka, tidak sengaja mematikan telepon yang sedang berjalan, atau bahkan hal-hal yang tidak anda inginkan. Untuk itulah fungsi adanya sensor untuk mematikan layar hp.

2. Menghemat Baterai

Selain itu, dengan layar mati otomatis saat menelepon akan menghemat baterai hp. Jika anda menelepon lebih dari 30 menit tentu hal ini akan sangat menguras baterai jika terus menyala.

Padahal banyak orang yang menggunakan telepon lebih dari 30 menit dan lebih dari 1 jam dalam sekali telepon. Apalagi jika anda menelepon kekasih anda, keluarga, atau teman dekat yang sudah lama tidak berjumpa. Akan banyak bahan obrolan yang akan dibicarakan.

3. Agar Hp Tidak Panas

Senso jarak yang mematikan layar hp saat menelepon juga mengurangi panas hp karena bekerja lebih ringan dengan layar yang mati.

Bayangkan saja jika anda sedang menelepon dan hp menempel di telinga lalu tiba-tiba hp anda menjadi panas. Tentu anda tidak akan nyaman menelepon dalam waktu yang lama.

Akan tetapi, kadang kala kita membutuhkan agar layar hp tetap menyala sambil kita menelepon. Misalnya kita masih harus menggunakan hp untuk keperluan lain selagi kita menelepon.

Jangan khawatir, karena disini anda akan mengetahui cara mengatasi layar mati saat menelepon.

Cara Mengatasi Layar Mati Saat Menelepon Whatsapp

Berikut ini cara-cara yang dapat anda lakukan untuk mengatasi layar mati saat menelepon whatsapp. Hal ini juga berlaku untuk telepon biasa atau pun lainnya yang membuat layar hp anda mati.

1. Gunakan Headset

Cara Mengatasi Layar Mati Saat Menelepon Whatsapp
Earphone yang menyambung pada hp

Anda dapat menggunakan headset atau earphone saat menelepon sehingga sensor yang akan mematikan layar hp anda akan nonaktif.

Hal ini karena hp anda mengetahui bahwa anda tidak akan mendekatkan hp ke telinga jika anda menggunakan headset atau earphone karena keluarnya suara ada di alat tersebut dan bukan pada speaker hp.

Menggunakan headset atau earphone ini sangat efektif untuk mengatasi layar mati saat menelepon whatsapp atau pun telepon lainnya. Anda bisa menelepon dan tetap bisa menjalankan aktivitas anda di hp.

2. Setting Sensor di Hp

Menggunakan headset atau earphone mungkin tidak membuat semua orang menjadi nyaman atau anda memiliki masalah pada headset atau earphone anda sehingga tidak dapat menggunakannya secara maksimal.

Jangan khawatir, anda dapat mengatasi layar mati saat menelepon whatsapp dengan cara yang lain yaitu dengan mengatur setting sensor di hp anda. Ikuti langkah-langkahnya di bawah ini:

  1. Buka menu setelan di hp anda yang biasanya berupa ikon dengan roda bergigi
  2. Pilih menu Aplikasi . Pada beberapa hp perlu memilih lagi opsi Setelan Aplikasi Sistem
  3. Cari aplikasi Setelan Panggilan
  4. Pilih Setelan Panggilan Masuk dan anda akan melihat berbagai setelan untuk panggilan masuk yang bisa anda atur.Cara Mengatasi Layar Mati Saat Menelepon Whatsapp
  5. Carilah opsi Sensor Jarak dan anda dapat menonaktifkannyaCara Mengatasi Layar Mati Saat Menelepon Whatsapp
  6. Selesai

Nah, anda telah membuat setelan baru untuk mengatasi layar mati saat panggilan whatsapp di hp. Cara ini sangat mudah dan efektif. Anda dapat mengaktifkannya kembali dengan cara yang sama jika ingin kembali mengaktifkan sensor agar layar mati.

Jika anda tidak dapat menemukan setelan panggilan masuk seperti cara di atas, mungkin pengaturan di hp anda agak berbeda saja letaknya. Lakukan cara alternatif di bawah ini dengan menggunakan kolom pencarian agar mudah.

  1. Buka menu setelan di hp
  2. Ketik Setelan panggilan atau Setelan panggilan masuk atau Pengaturan panggilan di kolom pencarian
  3. Maka menu tersebut akan langsung bisa anda temukan

Nah, kini anda dapat menggunakan hp saat menelepon whatsapp atau pun telepon lainnya tanpa terganggu dengan layar mati. Anda dapat dengan mudah mengaktifkan sensor kembali dengan cara yang sama.

3. Menggunakan Kode Rahasia

Jika hp anda tidak memiliki setelan panggilan masuk atau anda sulit menemukannya walaupun sudah mencari, ada 1 cara lagi yang bisa anda lakukan yaitu menggunakan kode rahasia.

Kode rahasia ini akan membantu anda untuk menonaktifkan sensor jarak yang membuat layar mati saat anda menelepon whatsapp atau telepon lainnya. Berikut ini adalah kode rahasia yang dapat anda lakukan sebagai cara alternatif : *#*#64663#*#* dan *#*#6484#*#*.

Adapun cara melakukannya, anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Telepon kode rahasia di atas dengan telepon biasa
  2. Lalu pilih opsi Proximity.
  3. Kemudian, segera tutup bagian sensor yang ada di samping kamera depan karena Anda akan diarahkan ke tahap kalibrasi.
  4. Tahan hingga empat detik, lalu buka kembali dan tutup kembali selama empat detik. Ulangi terus langkah ini sebanyak tiga kali.
  5. Jika sudah, klik tombol Pass
  6. Selesai

Nah, anda telah berhasil menonaktifkan sensor jarak di hp anda dengan kode rahasia.

Jika anda telah mengatur agar sensor jarak nonaktif tetapi layar masih tetap mati saat anda menelepon whatsapp. Bisa jadi ada masalah di sensor jarak anda.

Anda dapat mencoba untuk membersihkan sensor hp anda terlebih dahulu. Biasanya terletak di atas layar hp. Titik hitam kecil tetapi bukan kamera. Jika masih belum berhasil, anda dapat merestart hp dan coba untuk mengeceknya kembali.

Akan tetapi, jika masih belum berhasil mungkin memang terdapat masalah pada sensor hp anda. Anda bisa mengecek keadaan sensor hp dan memperbaiki hp anda ke service center.

Kesimpulan

Layar mati saat menelepon whatsapp atau pun telepon lainnya karena terdapat sensor jarak di hp. Dimana sensor jarak ini berfungsi untuk menjaga agar tidak ada tombol yang tidak sengaja tertekan, menghemat baterai, dan menjaga suhu hp agar tidak cepat panas.

Cara untuk mengatasi layar mati saat menelepon whatsapp dapat dilakukan dengan 2 cara. Pertama, dengan menggunakan alat tambahan seperti headset dan earphone. Kedua, dengan mematikan sensor jarak pada pengaturan hp.

Leave a Comment