8 Rekomendasi Aplikasi Belajar Bahasa Rusia Terbaik

Photo of author

By Silmi Asyifa

KitaTekno.com – Aplikasi Belajar Bahasa Rusia. Rusia merupakan salah satu negara yang memiliki wilayah yang luas dan alam yang indah. Tak heran jika banyak turis mancanegara yang ingin mengunjungi negara Rusia. Untuk mengunjungi negara Rusia, tentunya diperlukan kemampuan berbicara dalam bahasa rusia. Terlebih masyarakat rusia tidak fasih untuk menggunakan bahasa inggris.

Bahasa Rusia bahkan dinobatkan sebagai bahasa paling sulit dikuasai. Hal ini dikarenakan sistem penggunaan alfabet Rusia yang berbeda dari bahasa lainnya. Bahasa Rusia menggunakan alfabet Cyrillic.

Banyaknya alfabet dalam bahasa Rusia tentunya terasa begitu sulit bagi para pemula. Intonasi kata dalam bahasa Rusia juga sangat berbeda dengan bahasa lain. untuk dapat ahli dalam bahasa Rusia, anda perlu mempelajarinya selama 1.100 Jam.

Meskipun begitu, ada banyak sekali manfaat yang anda dapatkan jika anda mempelajari bahasa Rusia. Beberapa manfaat yang anda dapatkan dari belajar Rusia adalah sebagai berikut.

Manfaat mempelajari bahasa Rusia diantaranya :

  • Membantu anda untuk berkomunikasi dengan warga lokal Rusia terutama saat anda berkunjung atau berada di Rusia.
  • Menambah ilmu pengetahuan anda
  • Mempermudah anda untuk berkomunikasi dengan orang asing (terutama jika berada di negara pecahan uni soviet lainnya)
  • Mempermudah anda untuk memperdalam pengetahuan tentang negara Rusiam anda akan dengan mudah mengetahui sejarah, sastra klasik, dan risalah ilmiah ilmuan Rusia.
  • Meningkatkan kecerdasan otak anda.

Bahasa Rusia merupakan rumpun bahasa Slavia yang digunakan tidak hanya di negara Rusia, melainkan oleh negara-negara pecahan Uni Soviet misalnya Rusia, Ukraina, Moldova, Armenia, Kazakhstan, Kirgizstan, Belarusia, Estonia, Azerbaijan, Georgia, Latvia, Lithuania, Turkmenistan, Uzbekistan, dan Tajikistan.

Itulah beberapa manfaat yang akan anda dapatkan jika anda mempelajari bahasa Rusia.

Jika anda tertarik dan berminat untuk mempelajari bahasa Rusia, anda tidak perlu repot mencari tempat bimbel ataupun privat untuk mempelajarinya. Hanya dengan menggunakan handphone dan kuota anda dapat menginstall aplikasi pembelajaran bahasa rusia.

Ada banyak sekali aplikasi yang dapat anda gunakan untuk mempelajari bahasa Rusia. Kitatekno telah merangkumkan 9 Aplikasi terbaik untuk anda mempelajari bahasa Rusia. Simak penjelasannya dibawah ini!

8 Aplikasi Belajar Bahasa Rusia

  1. Learn Russian Free (Offline) – Speak Russian

Yang pertama adalah aplikasi Learn Russian Free (Offline) – Speak Rusian. Sesuai dengan namanya, aplikasi ini dapat anda akses secara offline meskipun anda tidak memiliki kuota atau jaringan internet.

Untuk mempelajari bahasa Rusia, aplikasi ini menyediakan banyak tema materi yang ingin dipelajari dengan baik sesuai tingkatannya.

Aplikasi ini memiliki pada kalimat dan kosa kata yang digunakan dalam percakapan sehari hari di Rusia. Sehingga aplikasi ini sangat aplikatif bagi anda yang ingin mempelajari bahasa Rusia dengan cepat.

Salah satu fitur pada aplikasi ini adalah fitur kuis yang membantu anda untuk meningkatkan kemampuan dalam menguasai bahasa Rusia.

Instruksi yang diberikan dalam aplikasinya sangat mudah untuk dipahami. Terlebih materi pembelajaran yang disajikan disertai dengan gambar, sehingga anda dapat lebih mudah untuk mengingat kosa kata bahasa Rusia.

2.    Clozemaster – Aplikasi Belajar Bahasa Rusia

Aplikasi Belajar Bahasa Rusia

Clozemsater adalah aplikasi berikutnya yang dapat anda coba untuk mempelajari bahasa Rusia. Jika dibandingkan dengan aplikasi lainnya, aplikasi ini memberikan materi yang lebih sedikt.

Namun, materi yang disajikan lebih sulit. Meskipun begitu, aplikasi ini tetap dapat digunakan oleh siapa saja yang ingin mempelajari bahasa Rusia.  Aplikasi ini dapat anda unduh secara gratis di Google Play Store ataupun Apple Store.

3.    Learn Russian – Russian Translator Free

Berikutnya adalah aplikasi Learn Russian – Russian Translator Free. Aplikasi ini dapat dikatakan sebagai sealah satu aplikasi yang sangat menyenangkan untuk mempelajari bahasa Rusia.

Aplikasi ini memberikan fitur level sesuai dengan tingkat kemampuan anda dalam mempelajari bahasa Rusia.

Materi yang disajikan dalam aplikasi ini meliputi kosa kata, penyusunan kalimat dan tata bahasanya, pengucapan dalam berbicara, disertai dengan perekaman suara yang jelas untuk setiap tugas yang diberikannya.

Aplikasi ini dapat juga difungsikan sebagai kamus terjemah dari bahasa lain ke bahasa Rusia ataupun dari Rusia ke bahasa lainnya.

Aplikasi ini juga dapat diakses secara offline atau tanpa jaringan, sehingga jika anda dalam situasi terdesak untuk menerjemahkan bahasa ke bahasa Rusia, aplikasi ini dapat dijadikan alternatif.

4.    Learn Russian – Listening And Speaking

Berikutnya adalah aplikasi Learn Russian – Listening and Speaking. Aplikasi ini lebih berfokus untuk meningkatkan kemampuan mendengarkan dan berbicara dalam Bahasa Rusia.

Karna fokus pada meningkatkan kemampuan berbicara dalam bahasa Rusia, aplikasi ini sering digunakan untuk belajar cepat dan langsung berfokus pada percakapan sehari-hari.

Fitur audio yang disajikan direkan langsung oleh penutur asli Rusia. Sehingga anda dapat mempelajari cara pengucapan dan dialognya secara langsung.

5.    Drops – Learn Russian, Speak Russian.

Berikutnya adalah Aplikasi Drops – Learn Russian, Speak Russian. Aplikasi ini berfokus pada meningkatkan kemampuan berbicara bahasa Rusia.

Materi yang disajikan dalam aplikasi ini adalah materi yang sering digunakan dalam kegiatan sehari. Anda akan diajarkan bagaimana cara berbicara dalam bahasa Rusia yang baik dan benar.

Selain itu, anda juga akan diajarkan struktur tata bahasa dalam bahasa Rusia. Jika anda tertarik menggunakan aplikasi ini, anda dapat menginstallnya di Google Play Store.

7.    Russian Alphabet for Students

Selanjutnya adalah aplikasi Russian Alphabet for Students. Sesuai dengan namanya aplikasi berfokus pada alpabet yang digunakan dalam Bahasa Rusia, mulai dari penulisan, pengucapan sampai dengan penggunaannya.

Aplikasi ini disertai dengan visualisasi dan audio yang baik sehingga anda dapat meningkatkan kemampuan bahasa Rusia dengan mudah.

Aplikasi ini sangat direkomendasikan untuk anda yang baru mempelajari bahasa Rusia atau yang sama sekali belum mengenal Bahasa Rusia, karna aplikasi ini didesain khusus untuk pemula

8.    Busuu – Aplikasi Belajar Bahasa Rusia

Aplikasi Busuu mendukung anda belajar bahasa Inggris, Spanyol, Jerman, Perancis, Jepang, Rusia, dan masih banyak yang lainnya.

Untuk Anda yang ingin mempelajari bahasa Rusia, aplikasi ini juga sangat cocok digunakan. Pelajaran yang disajikan oleh Busuu mencakup kosakata, dialog, kuis, praktis percakapan, dan lainnya.

Jika anda ingin menggunakan aplikasi ini dalam mempelajari bahasa Rusia, anda dapat mengunduh Busuu di Google Play Store secara gratis.

9. Duolingo

Selanjutnya adalah aplikasi Duolingo. Aplkasi ini menawarkan untuk belajar berbagai bahasa termasuk Rusia. Aplikasi ini cukup sistematis dalam mempelajari bahasa Rusia. Dengan gaya mobile game, anda akan sangat mudah dalam belajar bahasa Rusia.

Materi yang di sajikan sangat berurutan dari yang termudah hingga yang tersulit. Karena didesain seperti game, Anda bisa memperoleh mata uang virtual, yakni Lingots dan Germ untuk membeli karakter burung yang disukai.

Jika anda rutin belajar menggunakan aplikasi ini, Anda akan mendapatkan reward dan sistem akan menaikkan anda ke level XP (experience point) dan badges (lencana). Level inimenunjukkan tingkat keahlian Anda. Fitur fitur ini disefiakan agar Anda termotivasi untuk belajar bahasa Rusia setiap harinya. Aplikasi ini sangat direkomendasikan bagi Anda yang ingin belajar bahasa Rusia dengan seru seperti sefang bermain game.

Demikianlah 8 aplikasi yang dapat anda gunakan untuk mempelajari bahasa Rusia. Semoga artikel ini bermanfaat dan berguna bagi anda. Selamat mencoba.

Leave a Comment