3 Cara Mengatasi Wifi Lemot di HP

Photo of author

By Fathimah Narifah

KitaTekno.COM – Urgent dan butuh internet tapi Wifi lemot di hp? Saat ini internet sudah jadi hal penting dalam kehidupan sehari-hari. Banyak kegiatan sehari-hari yang biasa kita lakukan dengan internet, contohnya adalah melakukan transfer uang melalui m-banking, berbelanja di e-commerce atau membeli makanan melalui aplikasi, membayar tagihan, bersosial media, bahkan sekolah atau kuliah secara online karena dampak dari pandemi. Saat ini paling mudah mengakses internet dengan menggunakan hp. Salah satu cara untuk mengakses internet adalah dengan menggunakan jaringan WiFi pada hp Anda. Alasan itulah yang menyebabkan wifi lemot di hp akan berdampak pada kehidupan sehari-hari dan akan menyebabkan permasalahan-permasalahan lainnya.

wifi lemot di hp

Jadi, bagaimana caranya untuk mengatasi wifi lemot di hp? Sebelumnya kita harus tahu terlebih dahulu apa sih yang menyebabkan wifi lemot di hp? Penyebab Wifi jadi lemot itu ada dua kategori, yakni internal dan eksternal. Internal adalah gangguan sinyal Wifi yang berasal dari dalam perangkat. Contohnya internal, ada kerusakan di Router, pembatasan limit pemakaian, pemilihan paket, dan kabel LAN yang menghubungkan pancaran sinyal. Serta, router terputus, laptop sedang mengupdate, dan masih banyak lagi. Sedangkan untuk permasalahan eksternal adalah gangguan yang berasal dari luar perangkat atau kendali manusia. Misalnya, sedang hujan lebat, sekitar rumah banyak pohon besar, bangunan tinggi, atau sudah banyak Wifi yang memasang. Lalu, ada benda yang mengganggu aliran sinyal dan lainnya.

Tetapi, tenang saja karena kali ini KitaTekno akan membahas cara untuk mengatasi Wifi lemot di hp android dengan cara yang mudah dan cocok untuk pemula. Jika Anda sering mengalami lemot pada saat menggunakan jaringan Wifi di hp android Anda, maka kamu bisa menyimak artikel ini supaya Anda tahu cara untuk mengatasi WiFi lemot di hp android.

Mengatasi Jaringan Wifi Lemot di HP

  1. Menghentikan Aplikasi Berjalan

Pertama untuk mengatasi Wifi yang lemot di hp adalah dengan menghentikan aplikasi yang sedang berjalan di background sistem hp Anda. Alasannya, jika terlalu banyak aplikasi yang sedang berjalan di background hp Anda, maka biasanya aplikasi tersebut akan terus menggunakan jaringan Wifi yang kamu gunakan meski kamu sedang tidak menggunakan aplikasi tersebut. Jadi, kamu perlu menghentikan aplikasi tersebut agar penggunaan jaringan Wifi tidak digunakan aplikasi tersebut dan bisa mengatasi wifi lemot di hp Anda.

Cara menghentikan aplikasi yang berjalan di background bisa dilakukan dengan masuk ke menu pengaturan atau setting yang ada di hp Anda. Lalu pilih opsi memori. Setelah itu, silahkan pilih aplikasi yang perlu dihentikan dan tekan [force stop] untuk mulai menghentikannya. Tak butuh waktu lama, aplikasi tersebut akan terhenti dan tidak akan mengkonsumsi wifi lagi selagi Anda tidak membukanya.

  1. Cek Router

Cara kedua agar wifi tidak lemot di hp adalah dengan memeriksa router yang kamu gunakan di hp Anda. Mungkin saja jaringan Wifi yang lemot karena ada masalah pada router Anda atau posisi router yang tidak cocok. Pastikan untuk meletakan router Anda di tempat yang terbuka agar koneksi lebih stabil saat digunakan.

  1. Restart HP

Cara ketiga untuk mengatasi jaringan wifi lemot di HP adalah dengan merestart hp Anda. Jika anda melakukan restart hp Anda, seluruh sistem akan kembali baru. Jadi merestart HP bisa membuat system dan jaringan di hp Anda terefresh kembali. Sistem baru yang sudah terefresh akan membuat jaringan Wifi bisa kembali normal dan lancar. Pastikan untuk selalu restart pada hp Anda untuk mengatasi jaringan Wifi yang lemot di HP saat kamu gunakan ya.

Berikut cara untuk melakukan restart pada HP, kamu perlu menekan tombol power di hp Anda selama beberapa saat dan pilih restart. Setelah itu, tunggu hingga proses restart di hp selesai dan hp kembali menyala. Jika hp sudah menyala kembali, Anda bisa coba gunakan jaringan Wifi kembali dan mengecek apakah jaringan wifi lemot di HP sudah teratasi.

Nah, itu dia cara mengatasi jaringan Wifi lemot di HP dengan mudah dan ampuh. Anda bisa segera mencobanya agar koneksi jaringan WiFi lemot di HP bisa kembali normal dan stabil.

Leave a Comment