Ini 5 Aplikasi Belajar Bahasa Isyarat dan Manfaat Belajar Bahasa Isyarat

Photo of author

By Silmi Asyifa

KitaTekno.COM – Pada kali ini KitaTekno.COM akan membahas 5 Aplikasi Belajar Bahasa Isyarat dan Manfaat Belajar Bahasa Isyarat. Bahasa Isyarat adalah bahasa yang mengutamakan komunikasi manual, bahasa tubuh, dan gerak bibir, bukannya suara, untuk berkomunikasi. Orang tuli atau teman tuli merupakan kelompok utama yang menggunakan bahasa isyarat. Bahasa isyarat biasanya dengan mengkombinasikan bentuk tangan, orientasi dan gerak tangan, lengan, dan tubuh, serta ekspresi wajah untuk mengungkapkan pikiran mereka.

5 Aplikasi Belajar Bahasa Isyarat dan Manfaat Belajar Bahasa Isyarat

Bahasa isyarat merupakan bahasa yang sampai saat ini terus berkembang. Bahasa isyarat dapat menjadi ‘jembatan’ komunikasi antara seseoranf yang tuli maupun difabel Rungu dengan orang lain. Orang yang memiliki kemampuan untuk mengalihbahasakan bahasa lisan dan isyarat disebut juru bahasa isyarat.

Dilansir dari beberapa sumber, setiap negara memiliki bahasa isyarat yang berbeda bera. Pasalnya Bahasa isyarat tidak hanya berbeda dari satu negara ke negara lain namun bisa berbeda di setiap daerah juga.

Di Indonesia sendiri, setiap daerah memiliki bahasa isyarat yang berbedabeda. Namun ada dua bahasa isyarat yang disediakan oleh pemerintah yaitu SIBI dan BISINDO.

Berdasarkan beberapa sumber yang didapatkan, SIBI bahasa isyarat yangmenggunakan satu tangan untuk mengisyaratkan abjad, sedangkan BISINDO membutuhkan dua tangan.

Hingga saat ini, Penggunaan bahasa isyarat di kelompok Tuli sendiri masih terpecah. Ada yang menggunakan SIBI maupun BISINDO. SIBI digunakan sebagai pengantar resmi di SLB, sementara BISINDO digunakan dalam kehidupan sehari-hari

Bahasa isyarat sangat penting untuk di kuasai bukan hanya untuk tenaga kesehatan saja. Siapa pun dapat mempelajari bahasa isyarat dan akan menemukan manfaat di dalamnya. Seperti dapat membantu teman tuli semisal dalam satu waktu mengalami kesulitan mengartikan sesuatu

Manfaat Belajar Bahasa Isyarat :

  1. Menjadi penghubung teman tuli

Jika anda dapat menguasai bahasa isyarat, anda dapat mejadi penghubung komunikasi antara orang yang tidak dapat berbahasa isyarat dengan orang yang tidak bisa mendengar atau tuli. Hal ini tentunya akan mempermudah komunikasi dengan teman tuli.

  1. Membantu teman tuli untuk mendapatkan informasi

Manfaat berikutnya yang akan anda dapatkan jika anda menguasai bahasa isyarat adalah anda akan membantu teman tuli untuk mendapatkan informasi. Ada banyak sekali informasi yang tidak dapat diakses oleh teman tuli karena keterbatasan informasi dalam bentuk tulisan. Sehingga jika anda dapat menguasai bahasa isyarat, anda akan membantu teman tuli untuk mendapatkan informasi lebih cepat.

  1. Membuat otak semakin aktif berkembang

Selain bermanfaat bagi teman tuli, mempelajari bahasa isyarat juga sangat bermanfaat bagi anda. Mempelajari bahasa isyarat dapat membuat kinerja otak anda meningkat. Hal ini dikarenakan fungsi otak kanan dan kiri yang bekerja maksimal ketika anda mempelajari bahasa isyarat. Sangat menarik bukan?

  1. Meningkatkan kemampuan dalam berkomunikasi

Selain membuat otak berkembang, mempelajari bahasa isyarat juga meningkatkan kemampuan anda dalam berkomunikasi. Anda akan fasih berkomunikasi baik secara verbal maupun non verbal. Belajar bahasa isyarat akan melatih anda untuk mengomunikasikan atau menyampaikan informasi secara audio dan visual. Sehingga kemampuan komunikasi anda akan meningkat

  1. Menambah relasi

Manfaat selanjutnya yang akan anda dapatkan adalah relasi anda akan bertambah. Tidak semua orang dapat memahami dan berkomunikasi dalam bahasa isyarat. Dengan menguasai bahasa isyarat anda akan mudah terhubung dan terkoneksi lebih dalam dengan mereka yang memahami bahasa isyarat.

  1. Meningkatkan nilai jual di dunia kerja

Manfaat berikutnya yang anda dapatkan dari menguasai bahasa isyarat adalah meningkatnya nilai anda di dunia kerja.

Dewasa ini ada banyak sekali pekerjaan atau profesi yang membutuhkan penguasaan bahasa isyarat. Profesi tersebut seperti costumer service, pramugari / pramugara, guru pendamping khusus, ataupun penerjemah bahasa isyarat.

Ada banyak media yang membutuhkan penerjemah bahasa isyarat untuk mengomunikasikan informasi kepada teman tuli.

Dengan demikian, nilai anda dalam dunia pekerjaan juga akan meningkat jika anda mampu menguasai bahasa isyarat.

Jika anda tertarik untuk mempelajari bahasa isyarat, ada banyak cara yang dapat anda lakkukan untuk meningkatkan kemampuan anda. Anda dapat mendatangi juru bahasa isyarat untuk mempelajari bahasa isyarat langsung, ataupun anda dapat menggunakan media pembelajaran online

Media pembelajaran online yang kami rekomendasikan untuk mempelajari bahasa isyarat adalah dengan melalui aplikasi. Meskipun ada banyak sekali video yang beredari di Youtube untuk mempelajari bahasa isyarat, aplikasi merupakan metode yang paling efektif untuk belajar bahasa isyarat.

Aplikasi menjadi efektif dikarenakan materi yang disajikan sangat sistematis dan sangat cocok jika anda ingin mempelajari bahasa isyarat dari awal.

Jika anda tertarik untuk mempelajari bahasa isyarat, kami telah merangkum 5 aplikasi terbaik untuk mempelajari bahasa isyarat dari berbagai sumber. Simak dibawah ini!

Aplikasi Belajar Bahasa Isyarat :

  1. Hear me

Aplikasi Belajar Bahasa Isyarat Hear MeHear me merupakan aplikasi Belajar Bahasa Isyarat Indonesia (BISINDO) dengan tampilan 3D animasi pertama di Indonesia. Aplikasi Hear Me hadir untuk menjembatani komunikasi antara lebih dari 16 juta Teman Tuli di Indonesia.

Keunggulan dari aplikasi ini adalah sebagai penerjemah bahasa isyarat yang praktis dan menarik yang dikemas dalam satu aplikasi.

Selain itu, aplikasi ini juga dapat digunakan sebagai media pembelajaran bahasa isyarat yang sangat mudah dimengerti dan juga memiliki tampilan yang atraktif dengan tampilan 3D animasi

Tentang Aplikasi

Maskot Dave as a Hear Me yang menggemaskan dan menarik akan membantu Anda belajar lebih banyak tentang bahasa isyarat Indonesia.

Apa yang akan Anda dapatkan dari Aplikasi Hear Me:
-Mengubah suara dan teks menjadi bahasa isyarat dengan cara yang efektif dan praktis.

-Fitur pembelajaran Bahasa Isyarat Indonesia yang Menarik (BISINDO) dalam animasi 3D. Belajar BISINDO jadi lebih mudah dan menyenangkan bersama Dave!

-Anda Dapat membaca berita tentang masalah disabilitas untuk membawa Anda lebih dekat ke kisah inspiratif, yang akan diperbarui setiap minggu.

Aplikasi ini dapat kita download DISINI.

  1. SPETRA

Aplikasi Belajar Bahasa Isyarat Spetra

Selanjutnya adalah aplikasi Spetra. Aplikasi Belajar Bahasa Isyarat ini memanfaatkan teknologi gesture recognition mampu dengan cepat mengenali semua gerakan dalam bahasa isyarat.

Hasil terjemahan dapat kita baca melalui teks atau didengarkan melalui suara. Menurut beberapa sumber, aplikasi ini akan terus dikembangkan karena sudah diakui dan akan didanai oleh Ristekdikti.

Tentang Aplikasi

• Terjemahkan setiap bahasa Indonesia dan Inggris saat Anda online.
• Terjemahkan dengan menggunakan jari untuk menerjemahkan gerakan tangan
• Ucapkan kata atau frasa dalam bahasa Indonesia dan Inggris untuk menerjemahkan ke dalam bahasa yang ada, atau biarkan aplikasi membacakan terjemahan untuk Anda.
• Pelajari kata-kata baru beserta artinya melalui contoh penggunaan di kamus aplikasi (tersedia untuk sebagian besar bahasa yang didukung saat ini).
• Ambil gambar menu, rambu jalan, halaman buku, atau pilih foto dengan teks dari Rol Kamera Anda untuk melihat terjemahannya langsung pada gambar tersebut (hanya tersedia saat Anda online). Pengenalan teks secara visual saat ini hanya tersedia untuk Indonesia dan Inggris

Bahasa yang didukung saat ini: Indonesia, Inggris, dan China

Aplikasi ini dapat didownload DISINI.

  1. iSign

Aplikasi Belajar Bahasa Isyarat Isign

Aplikasi berikutnya adalah iSign. Aplikasi ini memberikan metode belajar bagi melalui video. Sampai sekarang, i Sign sudah diinstal lebih dari 10 ribu pengguna perangkat Android. Aplikasi ini sangat direkomendasikan bagi anda yang ingin mempelajari bahasa isyarat dengan lebih dalam

Tentang Aplikasi

iSign adalah sebuah aplikasi glosari bahasa isyarat Islam untuk komuniti Orang Kurang Upaya (OKU) Pendengaran memperolehi kefahaman mengenai pendidikan Islam. Aplikasi ini merangkumi tiga tunjang agama Islam iaitu akidah, syariah dan akhlak yang berbentuk video jurubahasa isyarat dalam menerangkan dan menghuraikan terminologi agama.

Pembangunan ini merupakan hasil kesepakatan pakar melalui beberapa bengkel pembangunan dan pengesahan bahasa isyarat yang diadakan dan dihadiri oleh barisan pakar yang terdiri daripada panel pakar bidang, panel penilai (Bahagian Pendidikan Khas), Mushi Dewan, Panel Pakar JAKIM, Panel OKU Pekak dan dengan kerjasama Universiti Sains Islam Malaysia (USIM). Pembangunan aplikasi ini diharapkan mampu digunakan secara meluas dalam memberi peluang kepada komuniti pekak Muslim merasai nikmat hidup beragama dengan pemahaman asas dari segi makna terminologi agama yang lebih sempurna.

Aplikasi ini dapat didownload DISINI.

  1. JakSL

Aplikasi Belajar Bahasa Isyarat JakSL

Aplikasi beriktnya adalah aplikasi JakSL. Fitur utama yang dimiliki JakSL adalah video tutorial BISINDO. Aplikasi ini menggunakan level untuk mempelajari bahasa isyarat. Level tersebut terdiri dari level 1 dan level 2 yang terangkai pada beberapa kategori seperti hari dan warna, hubungan keluarga, hubungan antar manusia, buah-buahan, alfabet, nama panggilan, hingga angka.

Tentang Aplikasi

JakSL dibuat untuk menyediakan media pengajaran Bahasa Isyarat Indonesia, BISINDO, melalui video. Alasan dibuatnya aplikasi handphone ini adalah karena tingginya permintaan dari masyarakat – baik tunarungu maupun tunarungu – yang ingin belajar BISINDO karena minat atau untuk dapat berkomunikasi lebih baik dengan tunarungu. Ini terlihat jelas di beberapa seminar yang dihadiri Jerick.

JakSL mengikuti kelas ajaran BISINDO, dan diurutkan tingkat kesulitannya agar mudah diikuti oleh pengguna. Saat pengguna membuka aplikasi, mereka diberikan pilihan 3 tingkat kesulitan, dengan 1 yang paling mudah. Setelah mereka memilih level mereka, itu akan membawa mereka ke halaman yang menunjukkan berbagai kategori, atau “kelas” yang berbeda, pada aplikasi. Kemudian, setelah memilih kategori, sekitar 30 kata untuk setiap level akan terungkap dan pengguna dapat mengklik setiap thumbnail untuk menampilkan klip pendek dari kata-kata yang ditandatangani oleh Jerick Hartono atau Surya.

Aplikasi ini bertujuan untuk membantu masyarakat mempelajari 3 tingkat kesulitan bahasa isyarat. Hal ini diharapkan dapat membangkitkan minat mereka untuk ingin belajar lebih banyak, atau memperluas kosa kata mereka yang dapat digunakan untuk berinteraksi dengan penyandang tunarungu. Dengan JakSL, komunitas tunarungu (atau tunarungu) yang menggunakan dan belajar darinya diharapkan akan belajar dasar-dasar untuk dapat memulai percakapan dengan tunarungu atau mencoba memahami tunarungu. Ini akan membantu menjembatani kedua komunitas bersama.

Aplikasi dapat didownload DISINI.

  1. Belajar : Isyarat Indonesia

Aplikasi terakhir adalah aplikasi Belajar : Isyarat Indonesia. Aplikasi ini memiliki tagline

“Belajar Isyarat itu mudah!”. Aplikasi ini didesain seperti belajar sambil bermain dalam bahasa isyarat. Anda akan mempelajari berbagai huruf dalam bahasa isyarat.

Fitur yang disediakan dalam aplikasi ini adalah :

– Belajar Huruf Bisindo
– Belajar Huruf SIBI
– Bermain dengan mengingat Huruf
– Bermain dengan tebak dalam bahasa isyarat
– Dapatkan poin saat anda benar menebak kata dan huruf

Aplikasi diatas dapan anda akses dan unduh secara gratis melalui Google Play Store maupun Apple Store.

Itulah beberapa manfaat yang dapat anda dapatkan dan beberapa aplikasi yang dapat anda gunakan untuk mempelajari bahasa isyarat. semoga artikel ini membantu anda untuk mempelajari bahasa isyarat. selamat mencoba!

Leave a Comment