5 Langkah Mudah Mengatasi Kamera HP Tidak Berfungsi Baik

Photo of author

By Fathimah Narifah

KitaTekno.com – Kesulitan karena kamera HP tidak berfungsi? Sedang dibutuhkan tapi kamera hp tidak bisa digunakan? Yuk, simak alasan kenapa kamera HP tidak berfungsi dengan baik dan bagaimana cara mengatasinya. Kali ini KitaTekno akan menjelaskan dengan singkat cara mengatasi kamera HP yang tidak berfungsi dengan baik. 

Kamera pada HP merupakan salah satu fitur yang jadi pertimbangan banyak orang sebagai penilaian bagus atau tidaknya sebuah ponsel. Saat sudah banyak HP yang memiliki fitur kamera dengan resolusi tinggi. Satu kamera saja sudah tidak cukup. Banyak HP saat ini menggunakan kamera beresolusi tinggi yang tidak kalah hebat dengan kamera digital mahal diluar sana. Lalu bagaimana rasanya ketika kamera HP tidak berfungsi? Tentu akan membuat jengkel dan merusak mood. 

Kamera HP Tidak Berfungsi

 

Mari kita tengok terlebih dahulu apa sih penyebab kamera HP tidak berfungsi dengan baik?

Kamera HP Tidak Berfungsi

Perlu kita ketahui, ada masalah tentu ada penyebabnya. Berikut akan dijabarkan apa saja hal yang menjadi kemungkinan dari kamera HP tidak berfungsi, yaitu:

  • Error pada aplikasi kamera; biasanya terdapat banyak sampah sehingga kinerja kamera begitu lambat bahkan tidak bekerja sama sekali
  • Bug pada sistem Handphone; nah masalah ini biasanya sistem Hp sobat yang belum diperbarui alias masih jadul
  • Kerusakan pada komponen kamera; ini terjadi bisa diakibatkan dari beberapa penyebab seperti karena benturan keras HP sobat, HP yang masuk air sehingga terjadi korsleting,
  • dsb.

Dari permasalahan diatas, kita akan coba ambil beberapa cara untuk menanggulangi permasalahan kamera HP yang tidak berfungsi untuk Anda coba ya. 

  1. Force Close dan Hapus Data

Cara pertama untuk mengatasi kamera HP tidak berfungsi adalah dengan mencoba melakukan force close mandiri (sendiri). Silakan untuk akses pengaturan pada aplikasi untuk bisa melakukan force close pada aplikasi kamera HP. Setelah itu Anda bisa menghapus chace dan data pada aplikasi untuk mempermudah proses kerja kamera HP.

Silakan untuk ikuti poin-poin dibawah ini untuk penjelasan lebih lanjut bagaimana cara melakukan force close pada aplikasi kamera HP:

  • Buka menu “Setting” pada HP sobat, dengan cara menekan ikon gerigi.
  • Jika sudah, kemudian pilih “Setelan Tambahan > Manajemen Aplikasi“.
  • Lalu selanjutnya sobat cari aplikasi Kamera dengan kata “Camera”
  • Jika sudah menemukan sobat bisa menekan opsi “Paksa Berhenti“ atau “Force Close”, lalu klik opsi “Hapus Data“.
  1. Restart atau Reboot HP

Cara kedua untuk mengatasi kamera HP tidak berfungsi adalah dengan merestart HP. Merestart HP sama dengan merefresh kinerja sistem HP Anda. Saat ini silakan Anda merestart HP seperti langkah berikut: Tekan tombol Power di sebelah sisi HP dalam tempo waktu yang lama -> Klik Restart / Reboot -> tunggu Hingga 5-10 menit dalam keadaan mati -> nyalakan kembali HP -> Buka Kamera.

  1. Download Aplikasi Kamera 

Cara mengatasi kamera HP tidak berfungsi lainnya adalah dengan menginstall aplikasi pihak ketiga atau aplikasi kamera. Ini juga dapat membantu Anda jika ingin mengembalikan kamera belakang yang hilang, tapi ini tidak mengembalikan aplikasi bawaan, melainkan menggunakan aplikasi kamera pihak ketiga.

Saat ini sudah banyak aplikasi kamera yang tersedia di Play Store. Biasanya memiliki fitur yang lebih banyak dibandingkan dengan kamera bawaan HP walaupun terkadang malah sebaliknya. Anda bisa mengunduh dan menginstall aplikasi kamera melalui Google Play Store dengan memasukkan keyword “Camera apps” nah nanti akan banyak aplikasi kamera yang muncul dan silahkan pilih salah satu yang cocok untuk Anda. Walaupun begitu, kami rekomendasikan Anda memilih aplikasi “Open Camera” atau silakan klik disini

4. Update Sistem Android

Selain tiga cara diatas untuk mengatasi kamera HP tidak berfungsi baik, Anda juga bisa melakukan update (memperbarui) sistem android Anda. Nah biasanya banyak dari kita yang enggan memperbarui sistem karena dianggap tidak terlalu penting. Namun jangan salah, pembaruan aplikasi sangat berguna untuk menambah dan memperbaiki kinerja mesin di HP. Selain itu biasanya pembaharuan juga menyertakan update sistem keamanan. Berikut adalah caranya;

  • Buka Setelan atau Settings pada handphone sobat.
  • Gulir ke bawah dan temukan menu Tentang Ponsel lalu klik.
  • Nah jika pembaruan sistem tersedia silahkan Anda download dan perbarui;

5. Reset atau Setel Ulang Pabrik

Solusi lainnya bisa digunakan jika kamera HP tidak berfungsi tidak mempan menggunakan kiat-kiat yang lainnya, yaitu reset atau setel ulang pabrik. Melakukan reset dan setel ulang berarti mengembalikan HP pada mode sebelum kita menggunakannya, jadi pastikan untuk membackup data-data penting untuk menanggulangi kemungkinan adanya kehilangan data saat melakukan reset. Berikut adalah caranya;

  • Masuk ke Settings atau bisa klik ikon gerigi pada handphone sobat
  • Scroll ke bawah, kemudian tap Setelan Tambahan.
  • cara mengatasi galat kamera
  • Lalu tap Cadangkan & setel ulang.
  • cara memperbaiki kamera android
  • Lalu tap Kembalikan ke setelan pabrik.
  • Tap setel ulang telpon.
  • Selesai.

Dengan mengembalikan ke pengaturan pabrik tentu saja menjadi salah satu cara mengembalikan kamera belakang yang hilang.

Jika masih terkendala juga tidak ada salahnya meminta bantuan ahli, mungkin memang sudah waktunya untuk bertemu dengan Jasa Service. Pastikan kamu mendatangi jasa service terpercaya agar kerusakan HP bisa teratasi dengan baik tanpa ada permasalahan lagi kedepannya. Pastikan untuk berbagi pengalaman kamu setelah ini ya.

Leave a Comment