Cara Mengembalikan Layar Laptop Yang Terbalik Seperti Semula

Photo of author

By Fathimah Narifah

KitaTekno.com – Cara mengembalikan layar laptop yang terbalik seperti semula. Layar laptop sebenarnya dapat dibolak-balik dengan mudah sesuka hati penggunanya, namun tidak banyak yang tau bagaimana cara melakukannya, dan bahkan anda tidak sengaja mengubah tampilan layar laptop menjadi terbalik.

Bila anda mendapati kasus tersebut, jangan khawatir sebab mengembalikan tampilan layar laptop terbalik adalah sebuah hal yang sangat mudah untuk dilakukan karena pada umumnya komputer sudah dilengkapi oleh pengaturan orientasi yang mendasar.

Anda dapat menggunakan pengaturan ini sebebas mungkin untuk dapat mengatur (memutar-mutar) tampilan layar sesuai dengan kebutuhan yang anda inginkan mulai dari kondisi normal ke atas menjadi terbalik ke bawah atau miring ke kanan maupun kiri.

Karena hal itu anda dapat sangat mudah mengembalikan tampilan layar terbalik tersebut tanpa bantuan dari orang lain atau orang-orang yang lebih ahli.

Ada dua cara yang bisa anda gunakan, dalam hal ini anda bisa menggunakan tombol pintasan,  mengatur pengaturan layar, dan menggunakan pengaturan komputer.

Cara Mengembalikan Layar Laptop Yang Terbalik

  1. Menggunakan tombol pintasan di keyboardCara Mengembalikan Layar Laptop Yang Terbalik

Cara pertama yang praktis dapat anda lakukan untuk membalik layar laptop seperti semula adalah menggunakan kombinasi yang ada di keyboard. Seperti terlihat pada gambar, untuk membalikan layar cukup menekan tombol Ctrl + Alt + Arrow (tanda arah panah). Untuk keterangan arahnya adalah sebagai berikut:

  • Ctrl+Alt+↓ – Membalik tampilan layar.
  • Ctrl+Alt+→ – Memutar tampilan layar ke kanan sebesar 90°.
  • Ctrl+Alt+← – Memutar tampilan layar ke kiri sebesar 90°.
  • Ctrl+Alt+↑ – Mengembalikan orientasi standar layar.
  1. Mengatur pengaturan layar

Cara pertama adalah cara yang paling mudah yaitu di bagian pengaturan layar bawaan sistem operasi Windows. Misalnya di Windows 10, pengaturan membalik layar ada di bagian display setting. Caranya adalah sebagai berikut;

  • Klik kanan di layar utama, kemudian pilih display setting.Cara Mengembalikan Layar Laptop Yang Terbalik
  • Pilih bagian Display orientationCara Mengembalikan Layar Laptop Yang Terbalik
  • Ada 4 pilihan yang tersedia.
  • Untuk membalik layar, pilih mode “landscape (flipped).” Layar akan terbalik 180 derajat seperti pada gambar berikut ini.

    Cara Mengembalikan Layar Laptop Yang Terbalik
    cara mengembalikan layar laptop yang terbalik
  • Tekan Keep changes jika muncul konfirmasi

Tampilan layar laptop akan kembali normal dengan mengikuti langkah-langkah di atas. Hanya saja, kita perlu sedikit berhati-hati dalam hal ini karena kemungkinan pengoperasian saat memakai mouse akan sedikit berbeda mengikuti perubahan orientasinya. Jika ingin cara yang lebih gampang, maka kita dapat memakai shortcut tombol keyboard. Namun perlu diingat, masing-masing laptop kemungkinan akan mempunyai konfigurasi sendiri termasuk apakah mereka mendukungnya atau tidak

Cara Mengembalikan Layar Laptop MacOs Yang Terbalik

Khusus untuk Anda pengguna MacOS memiliki cara memutar layar yang berbeda. Di MacOS, cara memutar layar hanya bisa dilakukan di MacOS X Yosemite ke bawah, yaitu dengan hanya Caranya dengan menahan tombol ⌘ Command Option, lalu klik Displays.

Di MacOS fitur membalikan layar sudah tidak bisa dilakukan. Untuk MacOS di atas Yosemite, ada cara untuk membalikan layar tapi sangat tidak disarankan. Mengapa? Karena memutar layar di MacOS akan membuat sistem error.

Satu-satunya cara yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan layar ekssternal yang terhubung dengan MacOS. Dengan layar eksternal, Anda bisa memutar layar di MacOS. Hanya saja layar eksternal yang digunakan juga harus mendukung untuk memutar layar. Jika tidak, tentu tampilan layarnya tidak akan bisa diputar.

Namun ada beberapa langkah yang bisa anda gunakan ketika layar MacOs anda terbalik

  • Klik Apple Menu (logo Apple)
  • Kemudian buka System Preferences
  • Klik dan tahan tombol Command dan Option
  • Selanjutnya klik bagian Displays di System Preferences
  • Masuk pada bagian Display
  • Pilihlah layar yang ingin anda kembalikan
  • Lalu ubah menu Rotation ke Standard

Itulah beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mengubah tampilan layar laptop yang terbalik kembali seperti semula. Cara-cara ini akan sangat membantu anda pada kondisi tertentu. Seperti misalnya anda dapat memakai cara ini untuk membaca artikel atau mengecek gambar yang membutuhkan mode portrait, lalu setelahnya anda dapat mengubah kembali tampilan layarnya menjadi mode landscape. Mudah bukan?

 

Leave a Comment