Cara Menghitung Rata-Rata Di Excel (Cepat Dan praktis)

Photo of author

By Fathimah Narifah

KitaTekno.comCara Menghitung Rata-Rata Di Excel. Excel umumnya digunakan untuk membantu penggunananya dalam mengoperasikan berbagai hitungan matematika, tidak terkecuali juga dalam menghitung ”rata-rata”. Banyak pengguna melakukan perhitungan rata-rata untuk mengetahui angka paling tengah dari sejumlah perjumlahan.

Sehingga Anda tidak perlu kesulitan lagi untuk mencari nilai rata-rata, karena  Microsoft excel sudah menyediakan beberapa formula khusus untuk menghitung nilai rata-rata sekelompok data, yaitu dengan menggunakan rumus AVERAGE excel.

Rumus rata-rata sendiri merupakan sebuah rumus yang digunakan untuk menghitung jumlah nilai sekelompok data di bagi dengan banyaknya data. Pada umumnya nilai rata-rata digunakan untuk mendapatkan gambaran umum dari sebuah data.

Apa fungsi dari AVERAGE?

Salah satu Fungsi AVERAGE pada microsoft excel adalah untuk menghitung rata-rata dari sekelompok nilai yang berada pada beberapa sel atau range data. Dapat dikatakan Fungsi AVERAGE adalah fungsi dalam excel yang digunakan menghitung rata-rata dari sekelompok nilai.

Pada microsoft excel, Fungsi Average termasuk dalam kategori fungsi Statistik.

Rumus Average pada excel biasanya digunakan untuk menghitung nilai rata-rata matematika di excel seperti menghitung nilai rata rata raport untuk penilaian hasil belajar siswa.

Cara Menghitung Rata-Rata Di Excel

  1. Masukkan angka yang akan anda hitung rata-ratanya.

Untuk mencontohkan setiap rumus matematika bekerja, anda akan mencobanya menggunakan satu colum yang terdiri dari sepuluh angka kecil. (Anda seharusnya tidak akan menggunakan angka sekecil ini ketika menggunakan fungsi di luar contoh-contoh berikut.)

  • Pada umumnya, angka-angka dimasukkan ke dalam kolom, sehingga untuk contoh-contoh berikut isilah angka ke dalam sel A1 hingga A10 pada lembar kerja.
  • Angka yang dimasukkan adalah 2, 5, 5, 2, 6, 8, 8, 9, 20, 21, dan 22.
  • Meskipun tidak diperlukan, Anda dapat menghitung jumlah angka dengan memasukkan rumus “=SUM(A1:A10)” ke dalam sel A11. (Jangan memasukkan tanda kutip; tanda kutip digunakan untuk memuat rumus di dalam satu artikel ini.)
  1. Hitunglah rata-rata dari angka yang telah dimasukkan.

Anda dapat menghitung rata-rata menggunakan rumus AVERAGE. Dengan menggunakan tiga cara berikut di bawah ini:

  • Kliklah sel kosong, misalnya A12, lalu ketikkan “=AVERAGE(A1:10)” (dan lagi, tanpa tanda kutip) langsung ke dalam sel.Cara Menghitung Rata-Rata Di Excel
  • Kliklah sel kosong, lalu klik pada simbol “fx” pada batang fungsi yang terletak di atas lembar kerjas. Pilih “AVERAGE” dari daftar “Select a function:” di dalam dialog Insert Function, lalu klik OK.
  • Masukkan barisan data “A1:A10” pada kotak Number 1 di dalam kotak dialog Function Arguments, lalu klik OK.
  • Masukkan tanda sama dengan (=) ke dalam batang fungsi yang terdapat di sebelah kanan simbol fungsi.
  • Pilihlah fungsi AVERAGE dari kotak daftar turunan yang berisi nama fungsi di sebelah simbol fungsi. Masukkan barisan data “A1:A10” pada kotak Number 1 di dalam kotak dialog Function Arguments, lalu klik OK.
  1. Amati hasil di dalam sel yang telah diisi dengan rumus.

Rata-rata, atau mean aritmetika ditentukan dengan menghitung jumlah angka pada barisan sel (100), lalu membaginya dengan jumlah data di dalam barisan, atau 100/10 = 10.

  • Jika Anda menghitung jumlah seperti yang disarankan di atas, Anda dapat melakukan verifikasi dengan memasukkan rumus “=A11/10” di dalam sel kosong mana pun.
  • Nilai mean dianggap sebagai indikator yang baik untuk tendensi sentral ketika nilai individu di dalam barisan data dekat dengan satu sama lain. Mean tidak bagus digunakan pada contoh barisan data yang memiliki beberapa nilai yang berbeda sangat jauh daripada nilai lainnya.

Fungsi Average pada excel tidak bisa diaplikasikan pada nilai dengan syarat atau kriteria tertentu. Sehingga apabila anda ingin menghitung rata-rata nilai di excel dengan karakteristik tertentu, maka gunakanlah fungsi AVERAGEIF atau AVERAGEIFS..

Demikian pembahasan kali ini tentang cara menggunakan rumus rata-rata di Excel. anda tidak perlu repot-repot menghitung rata-rata secara manual. Cukup mudah dan praktis diikuti bukan? Selamat mencoba

Leave a Comment