10 Penyebab Dan Cara Mengatasi Printer Error

Photo of author

By Silmi Asyifa

KitaTekno.com – 10 Penyebab Dan Cara Mengatasi Printer Error. Sering kali ketika kita akan mencetak sebuat dokumen, printer tiba tiba memunculkan notifikasi ERROR dan tidak bisa digunakan. Namun sebenarnya hal tersebut dapat dengan mudah ditangani dengan cepat. Ada beberapa penyebab yang membuat printer anda memunculkan notifikasi ERROR diantaranya adalah kegegalan printer memproses dokumen, kehabisan tinta dan sebagainya.

Cara Mengatasi Printer Error

Kitatekno akan membagikan beberapa informasi mengenai penyebab dan solusi untuk mengatasi Printer Error. Simak penjelasannya dibawah ini.

Penyebab Error Pada Printer 

  1. Sambungan listrik yang mati. Pertama cek terlebih dahulu apakah printer telah terasambung pada listrik dengan baik atau belum. Pastikan printer telah dinyalakan dan menampilkan warna LED hijau
  2. Kertas tidak terbaca. Jika printer tidak bisa mendeteksi kertas, coba keluarkan kertas dan masukkan kembali ke wadah kertas padaprinter
  3. Driver printer belum terinstall, pastikan driver printer terlah terinstall sebelum anda mencetak dokumen
  4. Driver printer corrupt, jika hal ini terjadi, anda perlu menginstall ylang driver printer anda
  5. Sambungan dalam printer ada yang rusak
  6. Kehabisan tinta
  7. Adanya benda asing didalam printer, sehingga anda perlu mengecek kedalam printer
  8. Error pada roller printer anda
  9. Terjadi ketidaksingkronan antara roller dan sensor sehingga printer menjadi error
  10. Ada masalah pada catridge, catridge kering atau ada masalah lainnya

 Cara Mengatasi Printer Error

  1. Pertama tama, cek instalasi driver printer, jika terjadi masalah coba install ulang driver printer anda
  2. Coba cek posisi port pada printer.
  3. Ubah setting printer menjadi default printer.
  4. Mengganti catridge printer
  5. Ubah setting spooler.
  6. Pergi ke service printer terdekat

Biasanya notifikasi error pada printer memberikan kita petunjuk mengenai penyebab atau masalah yang dialami. Sehingga kita perlu memahami apa arti dari notifikasi error yang muncul agar dapat menangani permasalahan printer yang eror tepat sesuai dengan penyebabnya.

Kode Notifikasi Error Printer Beserta Artinya

  1. Error E02 (Printer is Out of Paper)

menandakan printer gagal mendeteksi kertas. Bisa serarti kertas benar benar habis atau tidak terbaca. Coba keluarkan semua kertas dari wadahnya kemudian masukkan kembali.

  1. Error E03 (Paper Jam)

menandakan adanya kertas yang tersangkut atau terlipat sehinnga printer tidak berfungsi dengan normal. Silahkan keluarkan kertas secara hati-hati dan lihat apakah ada yang tersangkut. Jika tidak ada yang tersangkut atau terlipat, kemungkinan ada benda asing yang masuk ke sana. Silahkan pastikan bagian roller bebas dari benda-benda yang mengganggu.

  1. Error E04 dan Error E05 (Ink Cartridge Cannot be Recognized)

menandakan ada masalah pada catridge anda. pastikan tidak ada kotoran ataupun air yang mengganggu catridge anda. Coba bersihkan catridge dengan tisu kemudian pasang kembali seperti semula.

  1. Error E07 (Ink Cartridge is not Installed in the Correct Position)

menandakan catridge tidak terpasang dengan benar. Coba lepas catridge dan pasang pada posisi yang tepat

  1. Error E08 (Ink Absorber is Almost Full)

komponen printer yang berbentuk busa (fungsinya untuk menyerap tinta yang menetes atau tumpah) penuh dan tidak bisa lagi menyerap tinta yang tumpah. Maka ini harus dibersihkan terlebih dahulu.

  1. Error E13 dan Error Error E16 (Ink has Run Out)

menandakan tinta sudah atau akan habis. Jika tidak terjadi kehabisan tinta, maka coba stop mencetak, matikan printer dan nyalakan kembali

  1. Error P02 (Cartridge Error)

mirip seperti Error E03 kemungkinan adanya benda asing dalam printer atau roller printer, anda harus membersihkannya terlebih dahulu.

  1. Error 1000

seperi Error 02, ada masalah pada kertas. Kemungkinan kertas pada tray telah habis, maka anda perlu memeriksanya. Jika memang habis anda perlu mengisinya kembali kemudian tekan tombol reset yang ada pada printer.

  1. Error 1203

hal ini terjadi jika anda membuka tutup printer secara tiba tiba padahal printer anda sedang mencetak dokumen. Hal ini menyebabkan posisi catridge berpindah ke posisi recovery. Anda perlu menutup penutup printer, kemudian tekan tombol reset.

  1. Error 1300

mirip dengan Error E03 atau P03, kemungkinan ada benda asing yang mengganggu dalam printer sehingga tidak dapat berfungsi dengan normal.

Itulah beberapa penyebab dan solusi dari printer yang error dan tidak bisa mencetak. Semoga artikel ini membantu anda ya. Selamat mencoba.

Leave a Comment