5 Cara Menghapus Foto di Galeri yang Tidak Bisa Dihapus

Photo of author

By Fathimah Narifah

5 Cara Menghapus Foto di Galeri yang Tidak Bisa Dihapus

Cara menghapus foto di galeri yang tidak bisa dihapus bagaimana ya? Saat ini Anda sedang merapikan data foto-foto di galeri ponsel tapi terkendala karena ada beberapa foto yang tidak bisa dihapus? Berkali-kali dihapus namun tetap muncul lagi? Yuk kita bahas alasan hal tersebut bisa terjadi dan caranya untuk bisa menghapus data tersebut.

cara menghapus foto di galeri yang tidak bisa dihapus

Sumber: pexels.com/id-id/@karolina-grabowska

Galeri adalah ruang di dalam ponsel yang digunakan untuk melihat data-data dalam bentuk foto dan video. Semua foto dan video yang terdapat di dalam HP kita akan terlihat langsung di galeri. Dari foto hasil jepretan kamera, foto dan video dari whatsapp, foto dan video yang di download, dll. Setelah sekian lama, semua data ini akan menumpuk dan perlu untuk dirapikan. Ada beberapa foto dan video yang penting yang perlu disimpan di storage yang lebih besar seperti Google Drive atau Cloud. 

Dalam merapikan data foto dan video ini terkadang ada kendala-kendala teknis yang membuat kita kesulitan. Salah satunya adalah adanya file-file yang sulit untuk 

 

Penyebab Foto di Galeri Tidak Bisa Dihapus

Sebelum membahas cara menghapus foto di galeri yang tidak bisa dihapus Anda perlu tahu dulu penyebab file atau foto tidak bisa dihapus. Ini beberapa alasan kenapa foto atau file tidak mau dihapus.

  • Tidak ada izin untuk menghapus di Hp. Ini biasanya terjadi di kartu SD Card untuk beberapa file backup. Namun jarang terjadi pada file foto. Penyebabnya adalah file dilindungi karena kalau dihapus bisa mengganggu kinerja HP.
  • Data sedang digunakan. Kalau ada foto, video atau data yang sedang digunakan biasanya tidak bisa dihapus. Termasuk folder wadahnya juga tidak bisa dihapus.
  • File tidak jelas. Ada beberapa file yang kita tidak paham sebenarnya itu apa. Misalnya namanya terdiri dari gabungan puluhan huruf besar dan kecil. Nah file seperti ini biasanya menyebabkan folder wadahnya tidak bisa dihapus.

Nah itu beberapa alasan penyebab kenapa foto atau file tidak bisa dihapus. Nantinya cara menghapus foto di galeri yang tidak bisa dihapus akan disesuaikan dengan penyebabnya. 

 

Cara Menghapus Foto di Galeri yang Tidak Bisa Dihapus

Setelah tahu penyebabnya, maka kita bisa segera menentukan bagaimana cara menghapus foto di galeri yang tidak bisa dihapus. Anda bisa menyesuaikan cara menghapus data secara permanen dengan memilih beberapa cara yang diperkirakan Anda butuhkan. Namun, Anda juga bisa mencoba melakukan semua cara-cara yang tersedia di bawah.

  1. Hentikan Kegiatan Aplikasi Lain

Kemungkinan pertama foto atau file tidak bisa dihapus adalah karena ada file, foto, data atau video yang sedang digunakan oleh aplikasi di smartphone. Jika ini yang terjadi, maka Anda harus memastikan bahwa data tersebut tidak digunakan lagi. Coba hentikan aplikasi aplikasi yang mungkin sedang membukanya.

Sebagai contoh adalah ketika Anda menghapus file foto yang sedang dalam proses upload ke suatu website di browser. Maka cara menghapus foto yang tidak bisa dihapus di android ini adalah dengan menghentikan browser untuk sementara waktu.

 

  1. Hubungkan Ke Laptop

Pastikan setiap file atau foto memiliki izin untuk dihapus. Jika kendala dalam tidak dapat menghapus karena tidak ada izin untuk menghapus di android maka Anda bisa mengubah attribute data yang Anda miliki. Pada file normal atributnya adalah read and write, sedangkan jika tidak ada izin untuk menghapus biasanya karena attribute read-only atau bahkan hidden. Nah cara menghapus folder yang tidak bisa dihapus di android karena ini tentu harus mengubah atributnya. Untuk melakukan cara menghapus foto di galeri yang tidak bisa dihapus adalah dengan menghubungkan ke laptop lalu mengganti atributnya. 

Anda bisa menggunakan kabel data atau melepas kartu memori atau kartu SD card dan masukkan ke laptop. Jika sudah Anda coba klik kanan pada folder, foto atau data kemudian klik properties. Pada bagian bawah hilangkan attribute data. Setelah itu hapus langsung dari laptop.

 

  1. Gunakan Aplikasi Penghapus Data, Foto atau Folder

Langkah-langkah di atas tadi adalah dua cara menghapus foto di galeri yang tidak bisa dihapus secara langsung tanpa perlu bantuan aplikasi ketiga. Keduanya adalah cara yang dilakukan setelah kita berhasil mendeteksi permasalahan kita. Jika Anda tidak mengetahui penyebabnya foto atau file tidak bisa dihapus, Anda bisa menggunakan aplikasi penghapus folder. Aplikasi ini mampu menyelesaikan berbagai masalah tidak bisa menghapus data atau file. Termasuk jika tidak ada izin untuk menghapus di Hp.

Aplikasi penghapus data Android ada sangat banyak di Google Play Store, salah satunya adalah AVG Cleaner – Pembersih Memori yang bisa membersihkan kartu memori SD Card. Cara menghapus foto yang tidak bisa dihapus di android ini terbilang instan. 

 

  1. Cadangkan di Laptop Lalu Format Memori

Proses ini tidak mudah dilakukan, butuh kesabaran dan ketelatenan. Namun ini adalah cara yang bisa menjamin bahwa foto atau file yang sulit dihapus bisa dihapus. Selain mampu menghapus data yang tidak bisa dihapus, juga bisa untuk menghapus file sampah yang tidak berguna. File sampah yang tersimpan di memori internal maupun memori eksternal bisa menyebabkan memori penuh tanpa ketahuan sebabnya.

Cara menghapus foto di galeri yang tidak bisa dihapus adalah dengan menghubungkan Hp ke Laptop. Kemudian pindahkan semua foto dari HP ke laptop. Setelah itu, format kartu memori. Kembalikan foto, video atau data seperlunya saja.

 

  1. Cadangkan di Cloud Lalu Reset Melalui HP

Jika Anda tidak memiliki laptop untuk membackup data, video atau foto, Anda bisa melakukannya langsung dari smartphone Anda. Cara menghapus folder yang tidak bisa dihapus di android ini perlu melibatkan aplikasi atau web untuk menyimpan data secara online. 

Menggunakan cara reset memori ini bisa mengatasi tidak ada izin untuk menghapus di android atau alasan apapun. Cara menghapus data di android secara permanen ini dilakukan dengan masuk ke pengaturan kemudian pilih penyimpanan. Setelah itu, pilih kosongkan kartu memori pada bagian memori yang Anda inginkan, misalnya memori internal atau Kartu SD Card.

 

Sekian tadi lima cara menghapus foto di galeri yang tidak bisa dihapus. Anda bisa memilih cara mana yang paling cocok dengan kebutuhan Anda ya. Semoga bermanfaat dan silahkan share jika memang dibutuhkan. Cek juga artikel lain di KitaTekno.com tentang cara mencetak foto polaroid di word.

Leave a Comment