Cara Mengubah MP4 ke MP3

Photo of author

By Fathimah Narifah

KitaTekno.com – Cara Mengubah MP4 ke MP3. Memang seru bisa melihat video musik namun ada saatnya kita hanya ingin mendengarkan musiknya saja. Kita bisa memulai melakukan perubahan format data pada video musik (MP4) untuk mengubahnya menjadi format audio (MP3).

Ada kalanya juga storage di ponsel atau laptop sudah penuh dan kita tetap ingin menyimpan file-file tersebut dalam format data yang lebih kecil. Maka kita bisa mulai untuk mengubahnya, lalu bagaimana caranya?

Cara Mengubah MP4 ke MP3

Mengubah format dikenal dengan istilah convert yang secara bahasa artinya mengubah. Beberapa file digital memiliki berbagai jenis format yang beragam, disesuaikan dengan kebutuhan. Salah satunya adalah file dalam bentuk video biasanya memiliki format MP4.

MP4 ini maksudnya adalah format file video MPEG-4 merupakan salah satu format file video yang lebih umum digunakan untuk mengunduh dan streaming video dari internet. Ini adalah format video yang sangat fleksibel dan terkompresi yang juga dapat menyimpan audio, terjemahan, dan gambar foto.

Namun memiliki kekurangan dimana format MP4 biasanya memiliki kapasitas yang besar dan banyak menghabiskan ruang data pada ponsel ataupun laptop. Salah satu solusi untuk mengurangi data tersebut adalah dengan mengubah format data MP4 tersebut menjadi MP3.

Cara Mengubah MP4 ke MP3

Mengubah MP4 menjadi MP3 ini bisa menggunakan beberapa cara. Bisa menggunakan aplikasi maupun langsung melalui website. Saat ini KitaTekno akan menjabarkan cara melakukan converting data dari format data MP4 menjadi MP3 menggunakan beberapa cara.

Menggunakan Aplikasi

Cara mengubah MP4 dan MP3 menggunakan aplikasi ini terdiri dari aplikasi untuk laptop/PC dan Android. Masing-masing media memiliki masing-masing jenis aplikasinya sendiri. Aplikasi untuk laptop/PC bisa menggunakan Format Factory dan untuk android menggunakan MP3 Converter di Google Playstore.  

Menggunakan Aplikasi Format Factory untuk Laptop/PC

Pertama, untuk mengubah format file dari MP4 ke MP3 di laptop/PC yaitu dengan mengunduh aplikasi Format Factory. Aplikasi tersebut dapat diunduh di http://www.pcfreetime.com/formatfactory. Nantinya Anda akan diarahkan pada  halaman download aplikasi dan kita bisa langsung mendownload aplikasi dengan klik download versi 5.4.5.1. Setelah selesai melakukan download aplikasi pada website, aplikasi harus diinstall terlebih dahulu di laptop/ PC sebelum bisa digunakan. Setelah proses instalasi selesai, buka aplikasi Format Factory dan melakukan pengubahan data untuk file format MP4 menjadi MP3. Silakan untuk cek langkah-langkah selanjutnya sesuai dibawah ini:

  1. Pilih tab audio dan pilih menu MP3. 
  2. Lalu pilih file MP4 yang ingin diubah formatnya menjadi MP3 dengan klik add files dan tentukan letak output folder tersebut, lalu klik OK. 
  3. Selanjutnya, maka proses pengubahan format akan berjalan dan tunggu hingga proses selesai. 
  4. Waktu pengubahan format yang dibutuhkan tergantung pada berapa besar ukuran file yang diubah. 

Menggunakan Google Playstore untuk Android

Cara mengubah MP4 ke MP3 menggunakan aplikasi di android bisa menggunakan MP3 converter di Playstore. Pertama silahkan untuk mendownload aplikasi tersebut di ponsel Anda. Berikut langkah untuk mengubah yaitu mengubah format MP4 ke MP3 menggunakan aplikasi MP3 Converter: 

  1. Setelah selesai mengunduh, buka aplikasi MP3 Converter dan pilih menu video ke audio. 
  2. Selanjutnya, pilih video yang ingin diubah formatnya menjadi MP3. 
  3. Kemudian klik convert dan tunggu sampai proses selesai.  

Menggunakan Website

Cara mengubah MP4 ke MP3 menggunakan website bisa dilakukan menggunakan desktop site ataupun menggunakan browser pada ponsel anda. Silakan untuk ingat agar bisa digunakan saat dibutuhkan.

Menggunakan Website zamzar.com

Cara kedua untuk mengubah format MP4 ke MP3 di PC juga dapat dilakukan melalui https://www.zamzar.com/convert/mp4-to-mp3/. Setelah masuk ke laman, kita bisa lakukan langkah-langkah berikut untuk melakukan pengubahan format file dari MP4 ke MP3:

  1. Silakan untuk klik add files
  2. Masukkan file MP4 yang ingin diubah formatnya, 
  3. Lalu klik [convert now] dan tunggu hingga proses selesai. 
  4. Setelah proses pengubahan format selesai, maka klik download untuk mendapatkan file yang telah diubah. 

Menggunakan Website onlinevideoconverter.pro

Kamu bisa mengubah MP4 ke MP3 dengan mengakses situs website https://onlinevideoconverter.pro. Berikut langkah-langkah dalam mengubah MP4 ke MP3 melalui situs tersebut:

  1. Setelah masuk ke dalam situs, klik Select or Drop File dan pilih video yang ingin diubah. 
  2. Lalu pilih format file menjadi MP3 dan klik start. 
  3. Selanjutnya tunggu proses pengubahan format file hingga selesai
  4. Klik download untuk menyimpan file yang formatnya telah diubah.  

Menggunakan website Freeconvert.com. 

Silakan untuk mengakses situs website https://freeconvert.com untuk kemudian mengikuti langkah-langkah dibawah ini:

  1. Setelah masuk ke laman, pilih file yang akan diubah, bisa dari folder di PC, telepon genggam, atau dari DropBox maupun Google Drive. 
  2. Setelahnya, klik tombol Convert to MP3 dan tunggu hingga proses selesai. 
  3. Kecepatan pengubahan format ini bergantung pada kekuatan kecepatan internet. 
  4. Setelah proses pengubahan selesai, maka klik download MP3. 

Sekian cara mengubah MP4 ke MP3 yang mudah dan no ribet. Silakan pilih sesuai dengan kebutuhan kamu ya!

Leave a Comment