Cara Membuat Sampul Makalah, Proposal, Laporan Keren dengan Canva

Photo of author

By Mufa Fauziah

KitaTekno.com – Cara Membuat Sampul Makalah. Anda ingin membuat sampul proposal yang keren dan terlihat profesional? Cobalah membuat desain proposal dengan Canva. Caranya mudah dan hasilnya terlihat keren seperti buatan para desainer profesional!

Cara Membuat Sampul Makalah

Canva adalah salah satu aplikasi desain grafis yang disebut-sebut desain milik semua orang. Hal ini dikarenakan menggunakan canva, para pemula pun bisa membuat desain yang bagus.

Di dalamnya terdapat ratusan bahkan ribuan template yang bisa digunakan untuk desain. Lengkap dengan elemen-elemen yang bisa ditambahkan juga animasi.

Tugas proposal dari sekolah atau dari kantor bisa anda buat lebih keren dan profesional dengan membuatnya di canva.

Hal ini tentu berlaku untuk sampul proposal yang tidak memiliki aturan khusus. Karena terkadang ada proposal yang harus dibuat mengikuti aturan baku.

Akan tetapi, dalam membuat proposal, proposal, dan laporan, kini banyak sekolah dan perusahaan yang menginginkan sampulnya tidak terlalu baku sehingga anda bisa mengkreasikannya agar lebih enak dipandang dan menarik.

Format Sampul Proposal/Makalah/Laporan

Proposal yang baik memiliki format yang benar. Terlepas sampul yang anda buat menggunakan desain atau tidak sehingga tampak klasik dan baku. Hal ini dikarenakan sampul proposal yang inovatif pun tetap memuat hal-hal penting dari format proposal yang ada.

Jadi, walaupun sampul proposal anda didesain sedemikian rupa tetap harus memuat informasi-informasi yang seharusnya ada. Berikut ini format sampul proposal:

1. Judul Proposal

Judul proposal adalah hal terpenting yang tentu saja tidak boleh hilang dalam sampul proposal. Jika anda membuat desain sampul proposal, buatlah bagian judul berukuran lebih besar daripada tulisan lainnya karena ini yang pertama harus dibaca oleh pembaca.

2. Tujuan proposal

Tujuan proposal tidak harus ada disetiap sampul proposal. Akan tetapi, jika anda bisa memasukkannya tentu hal ini akan baik. Tujuan proposal contohnya: Proposal ini ditujukan untuk memenuhi tugas mata pelajaran Bisnis.

3. Logo

Logo instansi perlu dicantumkan juga dalam proposal. Dalam aturan baku,logo proposal harus berada di bagian tengah sampul dengan ukuran logo umumnya sebesar 5×5 cm untuk kertas berukuran A4.

Akan tetapi, dalam aturan modern logo proposal bisa anda tempatkan dimana saja yang membuat desain terlihat indah dan proposional.

4. Penulis Proposal

Tentu saja ini adalah salah satu identitas yang perlu dicantumkan.

5. Bulan dan Tahun Pembuatan Proposal

Waktu pembuatan merupakan salah satu identitas. Biasanya ada yang mencantumkan bulan beserta tahun dan ada juga yang hanya mencantumkan tahun.

Pada aturan klasik,waktu pembuatan biasa disimpan di paling bawah halaman tetapi pada aturan modern bisa anda tempatkan dimana saja yang membuat desain terlihat indah dan proposional.

Cara Membuat Sampul Makalah di Canva

Untuk membuat sampul proposal keren dengan canva sangat mudah. Canva juga tersedia versi web, sehingga anda tidak harus mengunduh aplikasinya. Ikutilah langkah-langkah berikut ini untuk membuat sampul proposal, makalah, atau pun laporan:

  1. Buka aplikasi canva atau canva web

    Cara Membuat Sampul Makalah
    Halaman Awal Canva
  2. Pilih template Proposal atau Laporan sehingga muncul berbagai template yang bisa anda pilih
  3. Pilih salah satu template yang anda sukai dan buat

    Cara Membuat Sampul Makalah
    Template Proposal di Canva
  4. Anda akan masuk ke halaman edit utama

    Cara Membuat Sampul Makalah
    Halaman edit di canva
  5. Atur tulisan sesuai yang anda butuhkan. Anda juga bisa mengatur jenis, ukuran, atau pun letak font atau tulisan
  6. Anda bisa mengedit gambar sesuai kebutuhan
  7. Selain itu, tambahkan elemen berupa gambar, animasi, foto dari perangkat anda dan lain-lain sesuai selera. Termasuk logo anda.
  8. Jika anda telah merasa puas anda bisa menyimpan desain anda dan unduh
  9. Pada proposal, insert gambar dan sesuaikan
  10. Selesai

Nah, proposal keren anda telah berhasil dibuat. Jika anda termasuk pemula yang benar-benar baru membuat desain di canva anda bisa mengikuti saja template yang ada. Itu pun cukup membuat sampul proposal yang keren dan terlihat lebih keren.

Jika anda suka mengulik, anda bisa berkreasi sesuka hati anda dan dapatkan desain proposal yang benar-benar memuaskan anda.

Jika anda suka desain klasik dan tidak mau terlalu ribet, anda sebenarnya bisa membuat sampul proposal/makalah/laporan pada word. Ikuti saja langkah-langkah disini dengan baik.

Leave a Comment