5 Aplikasi Kartu Pelajar Gratis

Photo of author

By Fathimah Narifah

KitaTekno.com – Aplikasi Kartu Pelajar Gratis. Informasi kali ini adalah mengenai aplikasi kartu pelajar gratis. Seperti yang kita ketahui bahwa kartu pelajar sangat penting sebagai bukti bahwa yang bersangkutan yang memiliki kartu adalah seorang pelajar. Maka tidak ada salahnya untuk mulai mempelajari cara membuat kartu pelajar dan bagaimana bisa membuatnya dengan mudah dan gratis!

Tanda pengenal ini biasanya terdiri dari informasi penting dan singkat mengenai pemiliknya. Bisa dijadikan sebagai akses keluar masuk atau sebagai akses untuk menggunakan fasilitas tertentu pada beberapa tempat yang terbatas ruangnya. Tak hanya itu saja, kartu identitas juga bisa dimanfaatkan sebagai alat promosi seseorang sesuai dengan keahlian yang sudah dimilikinya atau hanya sekedar untuk trend bertukar kartu identitas bersama kenalan baru.

Umumnya seseorang membutuhkan sebuah tanda pengenal untuk menjelaskan informasi penting mengenai diri mereka. Seseorang di Indonesia wajib memiliki KTP atau Kartu Tanda Penduduk sebagai tanda bahwa mereka adalah penduduk indonesia yang sudah tertulis di dalam data kependudukan. Selain KTP kita juga wajib memiliki beberapa tanda pengenal lainnya seperti SIM (surat izin mengemudi) untuk warga negara yang telah dapat berkendara, dan kartu pelajar (untuk warga negara yang masih aktif belajar di dalam sekolah atau perguruan tinggi).

aplikasi kartu pelajar gratis

Berikut adalah beberapa peran penting atau fungsi dari kartu pelajar untuk seorang siswa / pelajar / peserta didik, antara lain: 

  • Menjadi kartu identitas untuk seorang pelajar yang masih aktif belajar di dalam suatu sekolah atau perguruan tinggi.
  • Pada umumnya dipakai sebagai salah satu syarat guna mengikuti sebuah kegiatan, baik itu di dalam ruang lingkup sekolah / luar sekolah
  • Jika terjadi sesuatu peristiwa pada siswa di luar sekolah (seperti tawuran, kecelakaan, atau bermasalah) maka pada umumnya yang akan dicari terlebih dahulu ialah kartu pelajar, lalu baru menghubungi pihak sekolah yang bersangkutan
  • Biasanya, orang yang bertugas dalam membuat kartu pelajar adalah wakil kepala sekolah bagian kesiswaan yang juga dibantu bersama tim bagian administrasi sekolah.

Kartu pelajar adalah tanda pengenal yang wajib dimiliki oleh seluruh pelajar yang ada di Indonesia mulai dari pelajar Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas/Kejuruan (SMA/SMK), dan Perguruan Tinggi (PT). Agar setiap pelajar bisa mendapatkan tanda pengenal ini maka para penanggung jawab atau pendidik yang bersangkutan wajib untuk memberikan dan mengakomodasi mereka agar bisa memilikinya. Itulah mengapa dibutuhkan aplikasi kartu pelajar gratis yang akan memudahkan Anda untuk membuat kartu pelajar.

Pembuatan kartu pelajar pada jaman dahulu bukanlah hal yang mudah, namun seiring dengan bertambahnya informasi dan keilmuan kita bisa membuat sendiri kartu pelajar dengan cara yang mudah bahkan hampir gratis. Zaman yang modern seperti sekarang, membuat kartu pelajar sudah lebih canggih dengan cara menggunakan suatu aplikasi. Selain itu pembuatan kartu pelajar ini juga dipermudah dengan banyaknya aplikasi kartu pelajar gratis. 

Daftar Aplikasi Kartu Pelajar

Berikut ini adalah beberapa jenis aplikasi kartu pelajar yang dapat kalian gunakan sekaligus bisa kalian download dengan mudah dan juga gratis, selengkapnya simak ulasan di bawah ini:

  1. Aplikasi Kartu Pelajar Desain Keren 3 Warna

Pada aplikasi yang pertama ini sangat mudah untuk digunakan di dalam mencetak kartu pelajar. Selain itu, desain pada aplikasi ini juga sangatlah keren. Langkah untuk membuat kartu pelajar pun sangat mudah dan tidak memerlukan biaya lho!

  1. Aplikasi Kartu Pelajar Lengkap dengan Barcode dan Stempel

Aplikasi kartu pelajar yang satu ini memiliki tampilan yang sangat sederhana serta sangat mudah untuk dipakai. Pada aplikasi satu menjadi jenis salah satu aplikasi pembuat kartu pelajar yang berbasis Excel. Agar bisa mengakses aplikasi ini Anda download terlebih dahulu aplikasi kartu pelajarnya pada beberapa situs yang terdapat di internet. 

  1. Aplikasi Kartu Pelajar Excel

Aplikasi pelajar satu ini akan dibagikan dalam bentuk file excel, sehingga cara pemakaiannya pun akan sangat mudah. Kalian tidak perlu untuk melakukan install aplikasi, namun kalian hanya perlu laptop yang sudah terinstall dengan Ms. Excel. Beberapa kelebihan menggunakan aplikasi kartu pelajar excel ini adalah mudah untuk dipakai, tidak membutuhkan instalasi, praktis, ringan, dan paling penting gratis. Sayangnya ada beberapa kekurangan yang perlu digaris bawahi yaitu menu yang ada sangat terbatas, memasukkan foto harus satu persatu.

  1. Aplikasi Cetak Kartu Pelajar Visual Basic

Di dalam aplikasi jenis ini sebetulnya memiliki fitur yang sangat lengkap, namun untuk pemakaiannya tidak sesederhana dengan aplikasi yang ada di atas serta file dan ukuran aplikasinya sebesar 36 mb.

  1. Aplikasi Cetak Kartu Pelajar Mail Merge

Tak hanya dapat dibuat lewat aplikasi, untuk membuat kartu pelajar juga dapat kalian gunakan Program Mail Merge.

Nah, dari kelima daftar aplikasi kartu pelajar gratis ini silakan untuk dicoba dan disesuaikan dengan kebutuhan kamu ya!

Leave a Comment