Cara Memindahkan Aplikasi ke Kartu SD Xiaomi

Photo of author

By Mufa Fauziah

KitaTekno.Com – Cara Memindahkan Aplikasi ke Kartu SD Xiaomi – Hp Xiaomi memang tidak memiliki fitur untuk memindahkan aplikasi langsung ke kartu SD atau memori eksternal. Sehingga dibutuhkan cara khusus untuk memindahkannya.

Hp xiaomi anda mungkin akan semakin penuh seiring dengan waktu dan penggunaan yang bertambah. Terutama memori dari aplikasi karena aplikasi akan terus berkembang apabila anda sering menggunakannya.

Memindahkan Aplikasi ke Kartu SD

Memori pada hp dibagi menjadi 2 jenis yaitu memori internal dan eksternal. Nah, untuk aplikasi akan otomatis tersimpan di memori internal. Sedangkan foto, video, dan dokumen tersimpan di memori eksternal.

Anda mungkin dapat menghapus foto dan video yang berada di memori internal atau memindahkannya ke kartu SD. Caranya adalah dengan masuk ke memori internal baru kemudian menghapus atau memindahkan foto, video, atau pun file yang ada di dalamnya.

Walau sudah bersih-bersih memori internal, mungkin anda melihat memori internal anda tetap penuh walaupun anda sudah menghapus atau pun memindahkan foto, video, serta dokumen ke kartu SD. Untuk itu, cara efektif memang dengan memindahkan juga aplikasi ke kartu SD.

Cara ini adalah dengan memodifikasi sedikit hp anda. Ada 2 langkah yang perlu anda lakukan yaitu dengan mengunduh script aftiss kemudian menggunakan aplikasi Activity Launcher di hp anda untuk memindahkan aplikasi ke kartu SD Xiaomi.

Cara Memindahkan Aplikasi ke Kartu SD Xiaomi

Berikut ini untuk dapat memindahkan aplikasi ke kartu SD di hp Xiaomi anda:

1. Unduh Script Aftiss

Sebelum anda dapat memindahkan aplikasi ke kartu SD hp Xiaomi, anda perlu mengunduh script di laptop untuk memodifikasi sistem hp Xiaomi dan Acivity Launcher di hp Xiaomi untuk memindahkan aplikasi ke kartu SD.

  1. Unduh aplikasi format kartu SD Aftiss di laptop atau PC anda
  2. Setelah selesai mengunduh, ekstrak file tersebut sehingga muncul file script bernama AftissMemindahkan Aplikasi ke Kartu SD
  3. Pada Hp Xiaomi masuklah ke Settings>Developers Option
  4. Aktifkan USB Debugging untuk menyambungkan hp dengan laptopMemindahkan Aplikasi ke Kartu SD
  5. Hubungkan kabel USB dari hp Xiaomi anda ke laptop
  6. Jalankan file script Aftiss yang telah diekstrak sehingga akan muncul perintah untuk format
  7. Pilih salah satu pilihan, apakah nomor 1, 2, atau 3. Setiap nomor adalah pilihan untuk penggunaan kartu SD sebagai memori internal dengan persenan yang berbeda (1= 10%, 2=50%, 3=90%)Memindahkan Aplikasi ke Kartu SD
  8. Tunggu proses selesai dan lepaskan kabel USB
  9. Kartu SD siap digunakan sebagai memori internal

2. Cara Memindahkan Aplikasi ke Kartu SD Xiaomi

Setelah anda memodifikasi sedikit hp Xiaomi dengan script Aftiss, barulah anda dapat memindahkan aplikasi ke kartu SD Xiaomi.

Cara memindahkan aplikasi tidak bisa langsung seperti anda memindahkan file. Perlu ada aplikasi pihak ketiga yang membantu anda yaitu Activity Launcher.

Pindahkan aplikasi ke kartu SD Xiaomi dengan Activity Launcher dengan cara berikut ini:

  1. Unduh aplikasi Activity Launcher pada Play Store dan buka aplikasi

    Memindahkan Aplikasi ke Kartu SD
    Aplikasi Activity Launcher
  2. Pilih pengaturan All activity dan cari Settings
  3. Pilih menu Manage apps dan akan muncul daftar aplikasi yang ada di hp andaMemindahkan Aplikasi ke Kartu SD
  4. Pilih aplikasi yang ingin anda pindahkan ke kartu SD, klik aplikasi tersebut dan akan muncul app info
  5. Pilih storage atau penyimpananMemindahkan Aplikasi ke Kartu SD
  6. Klik change atau pindahkan dan pilih kartu SD sebagai tempat pindahnyaMemindahkan Aplikasi ke Kartu SDMemindahkan Aplikasi ke Kartu SD
  7. Tunggu prosesnya selesai dan storage akan berubah menjadi kartu SD
  8. Anda dapat melakukan hal yang sama pada aplikasi lain yang ingin dipindahkan

Nah, anda telah berhasil memindahkan aplikasi ke kartu SD Xiaomi. Kecepatan memindahkan aplikasi akan sangat tergantung dengan kartu SD yang anda gunakan. Disarankan anda menggunakan kartu SD Class 10 untuk mendapatkan hasil bagus dan cepat.

Tetapi jika tidak bisa, mungkin anda perlu lebih bersabar Ketika aplikasi sedang diproses untuk dipindahkan ke kartu SD.

Cara ini mungkin memerlukan 2 tahapan yang membutuhkan usaha. Akan tetapi, cara ini merupakan cara paling praktis jika dibandingkan anda harus melakukan root pada hp Xiaomi anda. Apalagi root hp dapat menghilangkan garansi hp anda. Selamat Mencoba!

Leave a Comment